Wisata

Kenapa Memilih Wisata Kuliner?

Wisata Kuliner _Zaman dahulu opsi dalam berwisata hanya berfokus pada wisata pada panorama alam baik itu di perbukitan (pegunungan) berupa pemandangan maupun pesona pantai nan memukau. Beberapa tahun belakangan ini juga populer wisata kuliner? What? Wisata kuliner? Maksudnya gimana ya? Wisata kuliner secara sederhana dimaksudkan adalah mencicipi masakan yang menjadi andalan di tempat tempat yang kita kunjungi. Misalnya kita berwisata ke daerah jawa timur, maka kita pun mencicipi masakan-masakan lokal di Jawa Timur, nah, sederhananya seperti itulah berwisata kuliner tersebut.

Namun, semakin kesini, banyak orang yang menjadikan wisata kuliner ini menjadi hobi atau pilihan dalam berdestinasi wisata. Mungkin ini sebagai dampak dari perkembangan dunia wisata kuliner yang semakin bagus dan sangat terlihat jelas perkembangannya. Maksudnya adalah perkembangan dunia wisata kuliner ini semakin hari dikemas menjadi semakin menarik, apalagi yang sebagian orang yang memiliki kecendrungan untuk merasakan sensasi masakan yang berbeda dari yang biasa ia konsumsi sehari-hari. Bahkan belakangan ini muncul para pencinta kuliner sejati yang menghabiskan harinya dengan berburu kuliner di berbagai penjuru negeri. Sehingga beberapa diantara telah membuat komunitas lho? Komunitas pencinta kuliner yang mana para anggotanya adalah menyukai hobi wisata kuliner dan menjadikan wisata kuliner sebagai gaya hidup.

www.pexels.com

Perkembangan gaya hidup semacam ini semakin hari semakin populer dan berkembang cukup pesat. Bahkan ini telah dimanfaat sedemikian rupa sehingga menjadi peluang usaha para penggiat pelaku usaha bidang wisata. Bisa jadi alasan ini dikarenakan wisata kuliner semakin hari semakin viral ya. Sebenarnya ini diawali dari kebiasaan beberapa orang yang mengabadikan moment mencicipi makan atau kuliner di akun sosial medianya. Sehingga banyak yang kemudian mengshare dan viral deh. Ditambah lagi dengan ada vlog yang mana bahkan dilirik oleh stasiun TV tertentu bahkan dijadikan sebagai program acara TV tertentu. Kalo tidak percaya bisa deh di lihat sendiri yah,…hehehehe

Jadi, Apa sih sebenarnya yang membuat orang-orang itu (pecinta kuliner, red) memutuskan gaya ini untuk pilihan hidup mereka? Ada banyak alasan tentunya, untuk lebih gamblangnya, berikut kami paparkan alasan para pecinta kuliner ini memutuskan untuk menjadikan wisata kuliner sebagai hobi dan pilihan hidupnya.

Wisata Kuliner Adalah Generasi Zaman Now

Satu keunikan orang Indonesia yang sangat terasa belakangan ini adalah kegemaran kita untuk mengikuti tren yang lagi booming. Tidak terkecuali mengikuti tren zaman now. Apa itu? Ya itu dia wisata kuliner. Karena banyak yang mengupload fhoto di saat mencicipi makanan dan kemudian menjadi viral. Sebagian dari kita ikut-ikutan juga deh… (termasuk aku sih, hehehe)

www.pexels.com

Hal ini kemudian menjadi semacam budaya generasi zaman now, sehingga belakangan ini banyak yang menjadikan wisata kuliner ini menjadi semacam kebutuhan bahkan biar dikatakan sebagai generasi zaman now. Betul nggak sih? Sepertinya iya deh…namun, ini juga bisa menjadi peluang bagi mereka yang bergerka dibidang kuliner lho…semakin sering di upload di sosial media. Para produsen kuliner ini menjadi populer dan berpengaruh kepada omset penjualan mereka. Sehingga ada semacam simbiosis mutualisme gitu…hehehe

Peran Media Massa

Selain karena ingin disebut kekinian atau bagian dari generasi zaman now, alasan lain orang memutuskan untuk memilih gaya hidup sebagai pecinta kuliner adalah peran dari Media Masa, baik itu di stasiun TV tertentu maupun sosial media berupa instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya.

Bukti tak terbantahkan bahwa suatu peristiwa (upload mancicipi kuliner, red) akan menjadi viral dan membuat terkenal jika di lihat oleh banyak orang dan juga di share oleh banyak orang. Padahal beberapa diantaranya hanya iseng iseng lho, eh tau tau sudah viral az…hehehe…

Untuk menjadi viral ini telah menjadi impian sebagian orang, kenapa? Karena kalau viral sudah memiliki peluang untuk terkenal lho, apalagi ada iming-iming penghasilan dibelakangnya. Misalnya bikin vlog, yang mana di dalamnya berisi kegiatan kuliner di video blog di aplikasi youtube. Bagi orang yang menonton kegiatan kuliner Anda merasa itu sesuatu yang menarik, maka besar kemungkinan vlog Anda akan di like bahkan di subcrbie, bahkan bisa juga di share di akun sosialnya. Sehingga lama ke lamaan banyak orang yang juga mulai tertarik untuk rajin mengunjungi channel Anda. Nah, sebagian orang mungkin juga merasa terpanggil melakukan serupa dengan Anda dan juga bikin channel juga, dan disinilah peran media sangat berpengaruh sekali dalam menarik orang untuk memilih gaya hidup sebagai pecinta kuliner? Betul kan? Kalau bukan karena peran media masa, baik stasiun TV maupun media sosial, sepertinya perkembangan kuliner ini tidak seheboh ini deh…hehehe…apalagi kalo sudah masuk di stasiun TV tertentu, bayangkan kalau Anda dilirik oleh stasiun TV tertentu karena kegiatan anda di Chaneel youtube Anda, luar biasa bukan pengaruhya?

www.pexels.com

Kuliner sebagai Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sebenarnya poin yang ini sangat banyak menarik minat orang. Kenapa? Karena karena telah banyak yang menjadikan wisata kuliner sebagai gaya hidup, banyak yang viral dikarenakan oleh peran media masa (media sosial), maka ujung-ujungnya ini menjadikan peluang bisnis yang amat menjanjikan. Contoh yang sangat jelas Paket Wisata Malang. Bahkan diprediksi bisnis kuliner ini tiada matinya. Ibarat kata setiap orang setiap hari pasti pengen makan kan?hehehehe

Sebagian orang yang berkuliner, semakin hari akan terlatih untuk mencicipi berbagai makanan lokal di segala tempat. Semakin banyak dia mencicipi makanan di suatu daerah yang berbeda, dia menjadi semakin lebih dari yang lain. Mungkin ini semacam pengakuan kesejatian pecinta kuliner ya. Akhirnya, banyak juga sebagian orang seperti ini juga semakin tergila-gila untuk mencicipi lebih banyak lagi. Bahkan meski makanan tersebut tidak sesuai denga lidahnya. Semakin banyak dia mencicipi makanan tradisional dia akan merasa levelnya menjadi semakin naik. So, semakin banyak orang seperti ini akan berbanding lurus dengna melejitnya peluang bisnis di wisata kuliner. Yakin dan percayalah…hehehe

Generasi Digital

Ini sangat kontras ya, koq wisata kuliner dikaikan dengan generasi digital? Penjelasannya begini. Jadi, entah bagaimana mulanya, setiap orang yang hendak mencicipi makanan apapun, yang baru pertama kali ia cicipi, maka dia wajib mengabadikannya secara digital. Kalau itu makanan yang sudah biasa dia makan sehari-hari, jangan harap deh diabadikan secara digital. Betul atau tidak?hehehehe….

www.pexels.com

Jadi, generasi digital ini adalah alasan lain kenapa banyak orang yang memilih hidup sebagai pecinta kuliner. Bahkan yang lebih ekstrem ada juga yang berkata begini: “kalau Anda tidak ingin dikatakan kuno atau semacamn ya, maka Anda harus melakukan wisata kuliner minimal sekali seumur  hidup.”

Waw, segitunya ya, memang begitulah kenyataannya. Sehingga entah betul atau tidak, banyak juga yang ingin tidak dikatakan sebagai generasi kuno, akhirnya memutuskan untuk beriwisata kuliner juga…hehehehe

Nah, itulah sekilas seputar wisata kuliner. Beberapa alasan orang memutuskan untuk menjadikan pecinta kuliner sebagai pilihan hidupnya. Tapi, yang terpenting adalah bagaimana Anda menikmati hidup Anda. Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk memilih jalan lain atau memutuskan sebagai pecinta kuliner sejati, kami rekomendasikan dengan memulai dengan Paket Wisata Malang.  Karena Paket ini mengerti betul dengan wisata kuliner yang asyik….!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *