Wisata

Aneka Wisata Kuliner Di Jogja yang Bikin Ketagihan

Berbicara tentang wisata kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Terlebih jika yang dibicarakan adalah di kawasan Yogyakarta. Saat ini banyak sekali aneka wisata yang disediakan di kota ini. Bahkan, daya tarik terbaik di Yogyakarta saat ini adalah paket wisata kulinernya. Tak heran bila saat ini banyak sekali paket tour yang menawarkan paket liburan di Yogyakarta, khusus untuk wisata kuliner. Karena, selain Yogyakarta memiliki penawaran menu makanan yang lezat, disini juga tersedia berbagai macam tempat kuliner yang murah.

Pexels.com

Daftar Wisata Kuliner di Indonesia yang Terletak di Jogja

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata kuliner di Jogja, kini saatnya Anda mencoba datang untuk mencicipi makanan ke beberapa tempat di bawah ini:

  1. Gudeg Mbah Lindu ini adalah salah satu tempat wisata kuliner yang recommended. Maka dari itulah, rasanya belum lengkap jika belum datang menyantap gudeg yang disediakan oleh tempat makan Gudeg Mbah Lindu, sebagai salah satu tempat wisata kuliner di Indonesia Karena makanan ini termasuk salah satu kuliner yang khas, gudeg ini bisa ditemukan dengan mudah di semua sudut kota yang ada di kota Yogyakarta. Maka dari itulah, bila Anda saat ini berada di area Sosrowijaya, sebaiknya jangan lupa untuk datangke Gudeg Mbah Lindu, yang memang sudah berjualan dari era penjajahan Jepang. Namanya ini sebenarnya diambil dari sang pemilik, yaitu mbah Lindu yang saat ini sudah berusia hampir 100 th. Sejak zaman dahulu kala, mbah Lindu telah meracik bumbunya sendiri dan mengolah makanan menjadi gudeg. Menariknya lagi adalah, rasa masakannya juga tidak pernah berubah agar cita rasa aslinya tetap dipertahankan. Selanjutnya, untuk sajian jenis lauk yang ditawarkan juga masih tetap sama. Yaitu, krecek, gudeg, tahu, telur ayam, dan tempe. Untuk harga setiap 1 porsinya adalah sebesar 15 ribu rupiah sampai dengan 20 ribu rupiah. bila Anda ingin mencoba rasa gudeg ini, langsung saja datang di salah satu tempat wisata kuliner di Indonesia yang satu ini di jam 5 pagi sampai dengan jam 10 pagi setiap hari. Sebaiknya datang saja lebih pagi supaya Anda tidak sampai kehabisan cita rasa gudeg yang juara ini.
  2. Mie Ayam Bu Tumini, merupakan salah satu tempat wisata kuliner ini sudah ada dari tahun 1990. Kuliner yang legendaris yang ada di Yogyakarta ini sangat istimewa, karena mereka telah membuat mienya sendiri. Bahkan, dalam 1 hari, pembuat mi ini berhasil menghabiskan tepung terigu sebanyak 70 kg untuk membuat adonan mie-nya. Disamping memiliki rasa yang lebih kenyal, kuahnya juga nikmat, gurih, dan lezat karena dicampur dengan bumbu ayam. Ada banyak menu mie ayam yang dapat Anda pesan disini. Yaitu, mie ayam jumbo, mie ayam ceker, dan juga mie ekstra ayam. Tempat makan ini berlokasi di Jl Imogiri Timur dengan nomor187, Umbul Harjo. Utuk setiap porsi makannya dijual senilai 8 ribu rupiah.
  3. Sate Klatak Pak Bari ini juga sangat legendaris. Karena tempat makan ini sudah berdiri dari tahun 1945 yang lalu. Satenya berasal dari sate kambing muda yang berusia 8 bulan sampai dengan 9 bulan. sehingga, cita rasanya juga menjadi lebih lembut karena ditambahkan dengan garam sebagai bumbunya. Selain memiliki cit rasa yang lezat, kuliner ini semakin terkenal dikarenakan pernah muncul dalam film Ada Apa dengan Cinta 2 di tahun 2016 yang lalu. Untuk yang masih penasaran dengan harga 1 porsinya, maka siapkan saja 20 ribu rupiah untuk setiap 1 porsi makan. Sehingga, Anda bisa mendapatkan 1 porsi makan, berisi 2 tusuk sate kambing muda, 1 piring nasi, gulai, dan juga minum.

    Pexels.com
  4. Mangut Lele Mbah Marto, ini salah satu kuliner yang khas dari kota Jogja. Salah satu penjualnya adalah Mbah Marto, yang terletak di Jl Parangtritis KM 6,5, di Dusun Sewon, Panggungharjo, di Bantul. Tempat makan ini sangat terkenal dan legendaris karena sudah buka dari tahun 1945 yang lalu. Ini adalah menu lele asap, yang kemudian dimasak memakai kuah dari santan kuning. Yang membuatnya semakin unik adalah karena Anda harus masuk ke dalam tempat proses pengolahannya secara langsung. selanjutnya, Anda dapat menikmati santapan hidangannya secara langsung. Di dapur inilah Anda dapat mengambil nasi beserta lauk pauknya sendiri. 1 porsi makannya dijual senilai 20 ribu rupiah, dengan jam buka 9 pagi sampai dengan jam 4 sore.
  5. Bakmi Mbah Mo adalah salah satu tempat wisata kuliner di Indonesia kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi tepatnya ada di Jl Parangtritis KM 11. Disini tersedia wisata kuliner yang legendaris, yaitu Bakmi Mbah Mo. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, namun ternyata ketenarannya ini tidak membuat semua orang luput dibuatnya. Anda bisa menikmati hidangan yang lezat di jam 5 sore sampai dengan jam 11 malam. Untuk setiap pesanan yang datang akan dimasak secara satuan di atas tungku yang isinya arang yang membara. Tak heran bila aromanya menjadi khas sekali. untuk masakannya sendiri, terdapat campuran dari telur bebek yang membuat cita rasanya semakin gurih. Disini, tersedia 3 varian rasa bakmi yang dapat dibeli. Yaitu, bakmi nyemek, bakmi rebus, dan juga bakmi goreng.
  6. Angkringan Lik Man ini sudah ada dari tahun 1960 yang lalu, dan menjadi pelopor angkringan yang ada di kota Jogja. Menu andalannya kopi Joss, sebagai kopi hitam yang ditambahkan dengan bara arang. Untuk pelengkapnya, bisa juga ditambahkan dengan sate telur puyuh, sate usus, dan juga gorengan. Anda bisa menemukannya di Jl Wongsodirjan, Sosromenduran.

    Pexels.com
  7. House of Raminten, ini adalah tempat kuliner yang memberikan cita rasa yang khas Jawa di 1 tempat sekaligus. Restoran ini sudah ada dari bulan Desember 2008, dan kini telah tersedia 2 cabang di kota Jogja. Beberapa sajian menu makanannya, adalah sate lilit, nasi kucing, tahu bola, dan wedang serai. Tidak hanya sekedar makanannya saja yang khas Jawa, arsitekturnya juga terlihat begitu kental dengan khas Jawa. Ketika menyantap sajian makanannya, Anda akan mendengar lantunan musik Jawa. Menariknya lagi adalah, disini para pelayannya juga menggunakan seragam Jawa, seperti blangkon dan kemben. Tempat makan ini buka selama 24 jam setiap hari.
  8. Sambel Welut Pak Sabar, ini adalah cocok sekali untuk Anda yang menyukai makanan pedas. Lokasinya sendiri terletak di Jl Imogiri Barat KM 6, di Tamanan, Bantul. Tempat makan ini sudah berdiri dari tahun 1991, di jam 10 pagi sampai dengan di jam 10 malam setiap hari. Itu karena tempat ini merupakan wisata kuliner yang legendaris di kota Yogyakarta. Sama seperti namanya, sambal yang disediakan disini juga berasal dari belut goreng sesudah durinya dihilangkan. Sesudah itu, belut goreng ini diulek dengan cabai, garam, dan juga bawang putih. Ada juga kencur agar cita rasa dan aroma sambalnya keluar sedapnya. Selain ikan belut, disini juga tersedia menu ikan gabus dan ikan lele. Anda dapat menikmati makanan disini dengan harga sebesar 20 ribu rupiah per porsi.
  9. Warung Moro Seneng, warung ini sudah ada dari tahun 1960 yang lalu. Anda bisa menikmati sajian di warung ini di jam 8 pagi sampai dengan di jam 4 sore. Ketika Anda mampir ke tempat ini, Anda dapat langsung memesan menu makanan, berupa tongseng ayam yang menjadi makanan favorit para pengunjung. Setiap 1 porsinya terdiri atas potongan daging ayam yang lembut dengan kuah yang telah dimasak dengan bawang putih, bawang merah, daun salam, dan serai. Untuk bumbunya ditambahkan dengan santan yang encer. Sehingga, hal ini membuat cita rasanya semakin lebih gurih dan juga nikmat.
  10. Sego Godog Pak Pethel ini adalah menunasi rebus. Sama seperti namanya, karena nasinya akan disajikan ke dalam sebuah mangkuk. Setelah itu, disiram dengan kuah gurih. Sebagai tambahan, menu makanan ini juga ditambahkan pula dengan telur, daging ayam suwir, wortel, kubis, dan juga taburan dari seledri. Disinilah Anda dapat memesan berbagai macam menu yang lainnya, seperti bakmi godog, nasi goreng, dan juga bakmi goreng. Disini Anda bisa menikmati kuliner legendaris ini dari jam 7 malam sampai dengan di jam 12 malam. Bakmi ini sudah ada dari tahun 1986, sehingga hal ini membuatnya menjadi kuliner yang legendaris.
  11. Bakso Bethesda 74, ini adalah salah satu tempat wisata kuliner yang memiliki sajian makanan yang populer. Cita rasanya selalu mampu menggugah selera, karena memiliki ciri khas yang tidak sama di setiap daerah. Disini, Anda dapat menemukan bakso yang enak, tepatnya di Bakso Bethesda no. 74. Sudah tersedia 3 cabang Bakso ini di kota Jogja yang patut dicoba. Yaitu, di Jl Gondosuli no 5, Jl Jagalan no 41, dan juga di food court yang ada di Ambarrukmo Plaza. Bakso yang legendaris ini sangat populer karena sudah ada dari tahun 1974 yang lalu. Setiap baksonya berasal dari bahan alami agar kualitas rasanya selalu terjaga. Disamping itu, bakso disini juga memiliki label MUI yang membuat kehalalannya menjadi lebih terjamin. Anda bisa berkunjung di jam 10 pagi sampai dengan di jam 2 siang untuk menikmati sajiannya.
  12. Brongkos Bu Rini, ini adalah sajian menu brongkos yang berasal dari sayur yang tersusun atas lauk kacang dengan kuah santan. Ada juga cabai rawit yang utuh ketika proses memasak. Dengan begitu, cita rasanya ada rasa pedas didalamnya. Dari sekian banyak orang yang menjual brongkos di kota Jogja, yang paling populer sebagai tempat wisata kuliner di Jogjaadalah brongkos milik Bu Rini yang sudah ada dari tahun 1973, di Kampung Taman, Kraton, Patehan.
Pexels.com

Beberapa tempat kuliner di atas sudah ada dari puluhan tahu yang lalu. Sehingga, hal ini menjadikannya sebagai destinasi wisata kuliner paling legendaris saat ini. Maka dari itulah, karena ketenarannya itu membuat beberapa jasa tour sering kali menawarkan layanan paket tour Jogja di bidang wisata kuliner di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *