Umum

Rahasia Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas

Dunia kepenulisan atau dunia penulisan adalah dunia yang penuh onak duri. Tidak mudah sekaligus tidak sulit-sulit amat. Hal ini berkaca dari banyaknya hadir penulis-penulis yang menghasilkan karya dalam dunia penulisan. Meskipun demikian patut juga dipahami dulu sebelum kita berbicara banyakhal tentang dunia kepenulisan. Apa yang mesti dipahami terlebih dahulu? Yaitu memahami dengan baik bagaimana sebenarnya dengan dunia penulisan yang ada di Indonesia. Berikut paparan kami tentang dunia menulis entah itu fiksi berupa novel, cerpen atau puisi maupun non fiksi berupa menulis karya tulis ilmiah, opini, menulis artikel dan karya non fiksi lainnya.

Memahami Dunia Penulisan

Saya awali dengan kenapa kita harus menulis? Banyak sebenarnya alasan kenapa kita harus menulis. Salah satu alasannya adalah bentuk eksistensi diri bahwa kita adalah makhluk yang memiliki kemampuan dan nalar. Lebih dari itu, kita tidaklah kekal dan umur kita tidaklah panjang. Apabila ajal telah bersahabat dan mengajak kita pergi untuk pindah ke alam berikutnya, artinya meninggal dunia. Maka bisa jadi kita telah hilang dalam ingatan semua penduduk bumi, bahkan telah tidak berbekas. Tapi, berbeda kiranya kalau kita memiliki karya tulis entah itu novel, cerpen pun tulisan dalam bentuk artikel, maka ada sesuatu yang masih bisa diingat sehingga ingatan tentang kita masih abadi mesti kita telah tiada. Ini menarik, kadang demi eksistensi banyak orang yang rela melakukan banyak hal yang kadang tidak masuk akal. Maka, dengan menulis artikel atau entah itu karya sastra maka kita telah melampui eksistensi hingga kebatas ujung dunia.

www.pexels.com

Hanya saja dalam dunia ini, khususnya negara kita Indonesia tercinta ini menulis tidak hanya sekedar eksistensi diri tapi juga dijadikan sebagai mata pencaharian, maka muncullkah orang yang terjun dalam dunia tulis-menulis yang kita sebu dengan penulis, pengarang dan writer. Apaun namanya, profesi ni di Indonesia masih memiliki tempat tersendiri. Meski pun faktanya tidaklah semua penulis ini berhasil menjadikan profesinya tersebut bisa mengasapi dapurnya yang malah lebih banyak kering tidak berasap.

Namun, disini sebenarnya tantangan sekaligu motivasi orang kenapa memutuskan untuk menjadi penulis. Hal ini membuat orang yang memilih berprofesi sebagai penulis hanyalah orang-orang yang punya tekad, kegigiahan dan terpilih.

Tapi, terlepas dari itu semua, yang harus kita jadikan patokan ketika kita memilih menjadi seorangĀ  penulis adalah karya yang kita hasilkan. Apakah itu benar-benar berkualitas atau hanya ecek-ecek yang tidak menarik untuk dibaca. Maka, kesempatan ini penting kiranya untuk menjelaskan bagaimana menulis artikel yang baik yang menghasilkan tulisan yang berkualitas. Bahkan bisa membuka Jasa Penulis Artikel.

Menulis artikel yang baik dan berkualitas

Berbicara tentang isi artikel yang baik dan berkualitas berarti kita berbicara tentang apa manfaat yang didapat dengan apa yang tela kita tulis. Apakah tulisan kita benar-benar manfaat atau hanya sekedar tulisan yang tidak meberikan informsi apa-apa bagi pembaca. Namun, kita harus menentukan piilhan terlebih dulu pada tulisan apa kita akan memfokuskan diri. Karena banyak sekali jenis-jenis tulisan dalam dunia kepenulisan. Namun, pada kesempatan ini kami akan fokus pada menulis artikel. Jadi, kita akan berbicara tentang menulis artikel yang baik dan berkualitas.

Menulis artikel yang baik dan berkualitas sebenarnya menjadi salah satu indikasi keseriusan kita menggeluti profesi menulis. Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan sehingga kita bisa menduduki tempat ini. Tempat bersemayamnya hasil tulisan berupa artikel yang baik dan berkualitas. Untk hal ini akan kami ulas bagaimanakah rahasia menulis artikel yang baik dan berkualitas. Berikut papran kami.

www.pexels.com

Rahasia menulis artikel

Sebagaimana yang telah kami singgung diatas bahwa banyak sekali jenis-jenis tulisan dalam dunia kepenulisan. Namun, Anda harus fokus dulu kepada salah satu bidang saja sehingga Anda mampu mencapai kualitas tulisan yang terbaik. Setelah Anda memutuskan untuk menjadi penulis artikel, maka disini kami akan bagikan rahasi tentang rahasia menulis artike yang baik dan berkualitas.

  1. Memahami Masalah

Bagian pertama untuk menghasilkan tulisan berupa artikel yang baik dan berkualitas adalah memahami dengan baik masalah apa yang akan ditulis dalam artikel yang akan ditulis. Ini menjadi pondasi penting dalam menulis artikel. Dengan memahami masalah apa yang akat diangkat artikel yang ditulis akan terarah dan tidak mengarah kemana-mana. Dalam menulis artikel bisa juga berangkat dari kegelisahan kita melihat fenomena atau peristiwa yang ada. Entah itu yang dekat keseharian kita ataupun yang ada dalam lintas wilayah yang bisa kita lihat dan saksikan dalam dunia online. Setelah memahami dengan baik masalah apa yang akan kita angkat akan menjadikan tulisan kita berkualitas dan dapat dijadikan acuan dalam melihat permasalah yang tengah terjadi. Misalnya, ketika kita ingin melihat tukang parkir, maka masalah ini bisa sebagai pemecahan permasalahan parkir atau bisa juga sebagai kritikan terhadap sistem perparkiran. Intinya, semakin dalam pembahasan dalam dan fokus pembahasan kita maka akan semakin baik kualitas tulisan kita. Nah, disinilah penting memahami permasalahan dengan baik.

  1. Pendekatan Keilmuan

Langkah bagian dua dalam menghasilkan artikel dengan kualitas terbaik adalah memberi analisa dengan bidang ilmu terapan tertentu. Misalnya, kalo kita melihat permasalahan parkir sebagai dalam tulisan kita, maka kita harus melihatnya dengan pendekatan keilmuan yang jelas. Contohnya, menulis dan melihat tukang parkir dari bidang keilmuan ilmu ekonomi, ilmu sosial, ilmu politik, atau ilmu antropologi. Semakin jelas pijakan keilmuan kita dalam artikel tersebut maka akan berkualitaslah artikel kita.

  1. Gaya menulis

Ketiga adalah gaya menulis. Gaya menulis disini adalah bagiaman kita menyajikan tulisan yang mengalir dan enak dibaca. Waluapun masalah yang kita angkat fokus dan keilmuan yang kita gunakan sebagai analisis permasalah baik, akan menjadi tidak menarik apabila penyajian atau gaya tulisan kita kacau dan membosankan. Maka, diperlukan disini cara merangkai kata dan pilihan diksi yang tepat. Sehingga tulisan kita enak dibaca dan layak dimasukkan dalam kategori tulisan yang berkualitas.

www.pexels.com
  1. Sinkron dan koheren

Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah sinkronisasi dan koheren. Maksudnya, dalam tulisan harus ada kesesuaian antara satu kalimat dengan kalimat berikutny. Banyak tulisan menjadi tidak berkualitas karena tumpang tindihnya antara suatu kalimat dengan kalimat berikutnya. Sehingga pembaca menjadi bingung dan tidak tertarik melanjutkan memaca sampai selesai. Selain itu, perlu juga adanya koheren antara satu paragraf dengan paragraf berikutnya. Jangan sampai satu paragraf membahas apa dan paragaraf berikutnya membahas yang tidak ada hubungannya sama sekali.

  1. Kesimpulan

Berikutnya adalah kesimpulan, kadang beberapa pembaca tidak bisa memahami dengan baik sebenarnya apa yang hendak Anda sampaikan dalam tulisan Anda. Maka diperlukan kesimpulan dari Anda sehingga pembaca dapat menarik benang merah dari permasalahan Anda dan apa yang ingin sampaikan dalam tulisan anda.

  1. Manfaat dari tulisan Anda

Terakhir, agar menulis artikel ini termasuk kategori tulisan baik dan berkualitas harus memiliki manfaat dan kegunaan bagi pembaca atau masyakarat luas. Ini erat kaitannya dengan temuan atau kesimpulan Anda. Sehingga, ada yang dijadikan sebagai pegangan atau ilmu baru yang bisa diambil oleh pembaca Anda.

Nah, demikian lah sekilas tentang menulis artikel dan resep-resep menulis artikel yang baik dan berkualitas. Setelah ini resep-resep atau rahasia diatas dapat Anda coba dan latih terus kemampuan menulis artikel Anda. Atau Anda juga bisa melihat perbandingan artikel Anda di Jasa Penulis Artikel. Selamat mencoba!

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *