Wisata

Lokasi Wisata Jawa Timur Dan Cara Menikmatinya

Berwisata menjadi salah satu pilihan yang jitu saat ingin refresh pikiran dan diri. Lokasi wisata yang ditawarkan di seluruh Indonesia memiliki banyak sekali pilihannya. Tidak terkecuali di Jawa Timur. Di provinsi ini memiliki sejumlah kawasan objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Bersama dengan keluarga maupun untuk acara kantor.  Berkunjung ke lokasi wisata jawa timur yang tentu bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke provinsi ini memang menjadi pilihan terbaik. Apa yang terbersit di pikiran saat ingin mengunjungi Provinsi Jawa Timur. Kebanyakan pasti akan berfikir untuk sama sekali tidak melewatkan berkunjung ke bromo. Namun jangan salah, selain bromo, ada beberapa kawasan wisata yang layak untuk dikunjungi lainnya selain berkunjung ke gunung bromo yang sudah pasti menawan.

Objek Wisata Jawa Timur Yang Menarik

Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke Jawa Timur, ada pilihan beberapa objek wisata jawa timur yang layak untuk dicoba. Mau tahu apa saja? Berikut informasinya untuk Anda para traveller:

  • Kawasan pantai pasir putih yang ada di Kota Situbondo.

Jika anda menyempatkan diri ke Jawa Timur, sebaiknya jangan pernah anda melewatkan untuk mengunjungi kota Situbondo. Meskipun tidak sepopuler kota lainnya yang ada di Jawa Timur, akan tetapi ternyata kota ini juga menyimpan pesona yang sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Satu diantaranya adalah pantai. Pasir putihnya yang bersih disertai dengan airnya yang jernih, membuat kunjungan ke pantai ini sama sekali tidak membosankan meskipun anda sering berwisata ke pantai pasir putih di kawasan lainnya. Lokasinya yang lumayan jauh dari kota Surabaya namun  saat anda sampai di pantai ini, rasa lelah akan segera hilang dengan panoramanya yang menyejukkan. Pengunjung bisa segera bermain air yang jernih atau hanya sekedar mandi dan berenang di tepian. Bahkan jika hanya  ingin menikmati hamparan pasir putihpun bisa.

  • Wisata Telaga Sarangan.

Beralih dari kota Situbondo, boleh berkunjung pula ke kota Magetan. Magetan yang juga termasuk tidak begitu populer, ternyata punya juga objek wisata yang pantas dikunjungi. Namanya adalah Telaga Sarangan. Kawasan wisata alam yang layak dikunjungi ini termasuk cukup ternama. Bagi anda yang belum pernah berkunjung, ada beberapa kelebihan yang ada di kawasan wisata ini. Satu diantaranya adalah pemandangannya yang sangat asri. Hamparan pepohonan yang hijau membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di telaga sarangan. Pilihan aktivitas saat berada di kawasan wisata ini diantaranya adalah mengelilingi danau menggunakan fasilitas perahu yang bisa disewa. Danau yang kurang lebih seluas 30 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter bisa dinikmati dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh pihak pengelola. Bagi pecinta aktivitas memancing di objek wisata ini pula anda bisa memancing beberapa jenis ikan di danau yang cukup luas. Bagi yang takut aktivitas air, anak-anak juga dimanjakan dengan kawasan bermain yang cukup luas. Bagi orang tua disediakan juga beberapa kawasan kuliner yang mampu memanjakan lidah dengan aneka masakan yang rasanya super enak.

www.pexels.com

Objek Wisata Pegunungan Selain Bromo

Jumlah objek wisata jawa timur yang berupa pegunungan bukan hanya bromo saja. Memang pesona gunung bromo sudah mampu menyihir siapa saja yang berkunjung. Akan tetapi ada kawasan pegunungan lainnya yang pesonanya tidak kalah dari gunung bromo. Mau tahu? Ini dia informasinya:

  • Gunung Semeru

Kawasan pegunungan semeru tidak kalah menarik jik a dibandingkan dengan gunung bromo. Berlokasi di Jawa Timur, gunung ini memiliki pemandangan yang masih sangat asri. Pemandangan danau yang berada berdekatan dengan kawasan pegunungan membuat pemandangannya cukup unik. Aktivitas yang biasa dilakukan jika berkunjung ke kawasan wisata ini diantaranya adalah membuat tenda dan berkemah. Aktivitas camping bagi pecinta alam di kawasan ini sangat menarik. Bahkan bagi anda yang ingin menikmati keseruan berwisata tanpa harus mengeluarkan budget khusus untuk penginapan , maka camping di kawasan ini bisa menjadi alternatif hemat untuk anda. Dinginnya udara di kawasan pegunungan ini mewajibkan bagi siapapun yang mengunjunginya untuk menyediakan baju hangat yang cukup untuk menetralisir suhu yang sangat dingin.

  • Kawah Ijen

Bagi anda yang menyempatkan diri ke banyuwangi, mampirlah ke kawah ijen. Popularitas kawah ijen menjadikan kawasan wisata jawa timur yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Keunikan yang ditawarkan oleh kawah ijen yang paling dinantikan oleh para pengunjung adalah api biru. Percikan api yang berwarna biru khas kawah ini menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Api biru yang berasal dari belerang yang dihasilkan oleh kawah ini memang sebenarnya cukup berbahaya. Akan tetapi api alami yang berwarna biru inilah yang mengakibatkan kawah ijen diminati wisatawan.

www.pexels.com

Wisata Buatan Di Jawa Timur

Menikmati keindahan alam memang tidak ada habisnya. Akan tetapi yang tidak kalah menariknya saat berada di Jawa Timur adalah wisata buatan. Mengapa disebut wisata buatan? Sebab kawasan wisata tersebut sengaja dibangun khusus untuk para pengunjung yang sengaja ingin menghabiskan waktu di Provinsi ini. Meskipun buatan, akan tetapi ternyata jumlah peminat yang penasaran cukup tinggi. Tidak salah jika kawasan wisata tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut beberapa diantara objek wisata jawa timur yang sengaja dibuat khusus untuk memanjakan para wisatawan:

  • Pilihan pertama layak dijatuhkan pada jatim park.

Masih berlokasi di kota Malang yang memang sudah populer sebagai salah satu kota tujuan wisata. Jatim park menjanjikan atraksi sekaligus hiburan yang seru untuk sekeluarga. Jumlah arena permainan yang ada di kawasan wisata buatan ini membuat pengunjung dimanjakan dengan hiburan yang ada. Meskipun untuk masuk ke kawasan wisata jatim park tiket yang anda tebus terbilang cukup mahal, akan tetapi jangan khawatir, sebab sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan di dalamnya. Meskipun berjarak sekitar 20 Km dari kota Malang, namun tidak menyulitkan bagi pengunjung yang berniat untuk mengunjungi jatim park. Setidaknya para pengunjung akan disediakan sekaligus dimanjakan dengan 36 buah wahana permainan yang terbilang cukup menegangkan. Dijamin adrenalin anda akan terpacu dengan wahana permainan yang disediakan.

  • White house of sampoerna.

Namanya pada saat pertama kali mendengar pasti akan terbersit salah satu merk olahan tembakau. Lokasi wisata ini memang bisa dikatakan cukup memanjakan bagi pecinta olahan tembakau. Di dalamnya sebenarnya lebih menyerupai dengan museum. Museum yang akan memberikan edukasi khusus bagi pecinta tembakau. Layout dari kawasan wisata ini terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai koleksi yang terbilang unik. Diantaranya adalah koleksi alat pengolah tembakau, alat pemantik dan juga beberapa alat musik. Sedangkan pada lantai kedua, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan tata cara pengolahan tembakau menjadi rokok dari awal hingga akhir.

  • Wisata Bahari Lamongan

Objek wisata satu ini tidak bisa dikatakan sepenuhnya buatan. Akan tetapi dahulunya adalah sebuah danau yang disulap menjadi arena hiburan atau objek wisata. Nama aslinya adalah tanjung kodok. Dikatakan demikian karena di kawasan ini terdapat sebuah batu besar yang menyerupai kodok. Di wisata bahari lamongan sendiri terdapat beberapa arena permainan dan juga beberapa atraksi hiburan. Bagi anda yang mengajak serta anak, ada beberapa wahana permanan yang bisa dicoba. Selain itu, ada juga arena hiburan edukasi yang memberikan informasi lengkap seputar satwa. Dikemas secara menarik membuat informasi yang disuguhkan menjadi bisa diterima dengan baik oleh anak-anak.

www.pexels.com

Objek wisata yang cukup banyak dengan konsep yang menarik memang cukup menjanjikan. Akan tetapi jika tidak banyak yang mengenalnya tentu saja menjadi kurang. Satu diantaranya yang menjadi pilihan alternatif pengenalan sekaligus promosi wisata di provinsi Jawa Timur dengan mengadakan beberapa festival yang semakin meningkatkan daya tarik pengunjung ataupun para wisatawan. Ada beberapa jenis festival yang cukup dinantikan oleh para pengunjung. Beberapa diantaranya adalah:

  • Festival kota tua di Malang. Seperti namanya festival ini menyuguhkan panorama kota tua Malang yang cukup lama terabaikan. Keberadaan kota tua sama sekali tidak bisa dihilangkan dari sejarah kota Malang. Meskipun banyak yang kurang tertarik dengan sejarah kota tua, namun dengan adanya festival ini membuat pengunjung bisa menikmati kota tua dengan cara yang berbeda. Keunikan kota tua dengan bangunan khas peninggalan Jaman Belanda disajikan dengan cara berbeda. Meskipun kota tua berada di ketinggian, sama sekali tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk sekedar menikmati festival ini guna mengingat sekaligus menghargai bangunan tua khas peninggalan sejarah Belanda. Dinginnya kawasan kota tua mengharuskan pengunjung untuk menyiapkan baju hangat. Biasanya ketika di gelar festival ini, hampir seluruh penginapan yang ada di kawasan ini akan habis terjual. Sebab event ini termasuk event yang cukup dinantikan.
  • Festival Kopi. Bagi pecinta kopi, inilah saatnya anda dimanjakan dengan keberadaan festival ini. Festival yang digelar secara tahunan ini memanjakan para penikmat kopi. Acara dalam festival ini sangat banyak. Ada hiburan yang sayang dilewatkan, juga ada pula bazar serta kegiatan lomba. Bukan itu saja, acara musik dalam festival ini melengkapi keseruan para pecinta kopi untuk menikmati kopi sambil bersantai dalam festival. Acara utama dalam festival ini adalah adanya pengenalan berbagai jenis kopi, olahan kopi serta mesin pembuat kopi yang dikemas secara menarik sehingga membuat para penikmat kopi bisa lebih memahami seluk beluk kopi.
  • Festival kuliner. Penikmat sekaligus pecinta kuliner sangat dinantikan oleh para penikmatnya. Di dalam festival ini, pengunjung bisa mengenal sekaligus menikmati berbagai rangkaian kuliner tradisional hingga modern khas Jawa Timur. Di dalam festival ini, pengunjung akan diperkenalkan dengan aneka jenis kuliner asli yang disajikan secara apik dan menarik. Ada berbagai tenant atau stand khusus kuliner yang bisa dinikmati sampai puas. Tenant tersebbut sengaja dihadirkan untuk para penikmat kuliner yang ingin mencoba berbagai kuliner yang memiliki rasa yang sangat enak. Masakan yang sama sekali belum pernah dikenal juga akan disajikan dengan menarik dalam festival ini.
  • Bromo exotica. Festival ini tentu saja berlokasi di pegunungan bromo. Tujuan dari diadakannya festival ini adalah untuk memperkenalkan keberadaan kebudayaan asli penduduk di sekitar bromo. Khususnya adalah kebudayaan penduduk suku tengger. Di dalam festival ini, akan disajikan dengan apik. Tujuan dari diadakan festival bromo exotic adalah semakin meningkatkan jumlah kunjungan ke gunung bromo.
  • Jember Fashion Carnival. Acara ini digelar sebagai acara tahunan. Acara jember fashion carnival ini diadakan untuk memperkenalkan kebudayaan Jember melalui fashion. Biasanya acara ini diikuti oleh banyak designer yang sengaja membuat pakaian khusus dan juga unik untuk persiapan carnival. Panitia mengemas acara ini dengan sangat apik. Bahkan tidak jarang festival ini dinobatkan sebagai salah satu festival terbaik di jawa timur. Tidak jarang festival di jember ini mampu menarik minat pengunjung baik itu wisatawan domestik maupun dari mancanegara. Dikemas secara khusus membuat kota Jember berhasil menjadi salah satu purwarupa dunia.
  • Malang Flower Carnival. Carnival ini didaulat sebagai salah satu festival yang ramah lingkungan. Sebab di dalam festival ini, para peserta diharuskan untuk mengenakan pakaian yang berbahan dasar barang daur ulang. Tujuan dari karnaval ini salah satunya selain mempromosikan pariwisata di kota Malang, festival ini juga dipakai untuk mengajak warga lebih sadar akan lingkungan. Kategori yang disajikan adalah kategori anak dan juga kategori dewasa. Para peserta akan mengenakan baju dengan ukuran sangat besar.
  • International Tour De Banyuwangi. Acara ini bisa dikatakan sebagai salah satu event yang cukup besar. Sebab acara ini melibatkan peserta yang berasal dari luar negeri. Para peserta akan diajak untuk berkeliling kota banyuwangi dengan mengendarai sepeda. Meskipun acara ini bisa dikatakan belum lama dijadikan acara tahunan, akan tetapi acara tour ini sudah dilirik oleh para wisatawan sekaligus peserta tour untuk dijadikan acara rutin. Tujuan akhirnya dari tour adalah mendaki kawah ijen untuk menikmati fenomena api biru. Pada saat sudah mencapai kawah ijen, peserta bisa langsung menikmati fenomena alam yang sangat langka dan aneh untuk dinikmati.
www.pexels.com

Berbagai rangkaian acara yang ada di Jawa Timur menjadi salah satu cara unik sekaligus efektif untuk mempromosikan wisata yang ada di Jawa Timur. Promosi wisata yang sengaja dibuat untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata memang sengaja dikemas lebih istimewa dan dijadikan acara rutin untuk menarik minat wisatawan. Sebenarnya selain karena potensi wisata yang sudah ada di Jawa Timur, potensi kuliner dan juga rangkaian acara yang sengaja dikemas dan diadakan secara khusus membuat Jawa Timur layak dipilih sebagai salah satu tujuan untuk berwisata. Pawai budaya yang rutin diadakan secara tahunan juga menjadi daya tarik yang didaulat sebagai salah satu sarana promosi pariwisata yang terbilang cukup efektif.

Selain karena memang potensi yang menjanjikan, fasilitas lainnya sengaja disediakan secara khusus untuk para pengunjung yang menyediakan waktu ke Jawa Timur. Diantaranya adalah fasilitas penginapan yang sengaja dipersiapkan secara khusus untuk menyambut para tamu yang datang. Termasuk jika bersedia paket wisata bromo yang disediakan oleh beberapa perusahaan travel, para pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas penginapan yang eksclusive untuk anda menginap. Termasuk jika ingin menikmati secara khusus pemandangan gunung bromo yang tidak terbantahkan lagi. Fasilitas lainnya akan disediakan untuk anda yang mengunjungi bromo guna menikmati lliburan sekaligus refresh pikiran yang jenuh karena pekerjaan yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *