teknologi

Macam-macam Printer Canon dan Kelebihannya  

Jenis jenis printer memanglah beragam. Dikarenakan adanya keragaman tersebut, membuat Anda lebih selektif dalam memilihnya. Harga sebuah printer itu dapat dikatakan mahal. Apabila salah memilih dan ternyata printernya ternyata tak sesuai kebutuhan, maka akan menjadi sia-sia. Untuk itu Anda perlu melihat kembali spesifikasinya secara lengkap dan mendetail.

 

Untuk melihat spesifikasi, Anda harus menanyakan kepada pihak penjualnya. Selain bertanya pada pihak penjual, tidak ada salahnya mencari informasi terkait printer yang akan dibeli melalui artikel kami ini. Kami menyediakan beberapa tipe printer Canon beserta kelebihannya. Jika penasaran, dapat membaca ulasannya di sini.

 

Printer adalah alat pencetak yang sering terlihat dalam sebuah kantor. Alat tersebut nantinya akan  terhubung dalam sebuah komputer. Fungsi dari printer ini untuk mencetak hasil pekerjaan yang ada dalam komputer, kemudian hasil pekerjaan tersebut nantinya akan dicetak dalam sebuah kertas ataupun sejenisnya. Proses itulah yang disebut dengan print.

www.pexels.com

Jenis Printer yang Sering Digunakan

 

Banyaknya jenis jenis printer yang beredar, membuat Anda merasa kewalahan dalam memilihnya, bukan? namun meski kewalahan, bukan berarti pada akhirnya Anda asal-asalan memilih. Sebelum memulai pemilihan, ada baiknya ketahui dahulu apa saja jenis printer yang sering digunakan :

 

  1. Printer dot matrix

 

Printer jenis ini memiliki element yang berupa jaarum untuk menekan pita, sehingga dapat melakukan proses cetak di permukaan kertas. Untuk printer ini akan menggunakan pita untuk dijadikan tintanya. Kemudian untuk pin berfungsi sebagai pemukul ketika sedang mencetak. Hasil cetakya berupa titik kecil yang terangkai menjadi satu dan membentuk karakter.

 

Kecepatan cetak dari mesin printer ini memiliki kecepatan yang bervariasi, yaitu 50-500 karakter untuk 1 detiknya. Kemudian untuk jumlah pinnya pun akan bervariasi, itu semua akan menentukan kualitas cetaknya. Meski teknologi sudah bertambah canggih, akan tetapi printer jenis ini tetap masih diproduksi dan digunakan sebagai pencetak dokumen tembusan. Contohnya untuk kwitansi, dan sebagainya.

 

  1. Printer Inkjet

 

Printer inkjet merupakan jenis yang sering sekali ditemukan. Printer Inkjet ini nantinya akan menyemprotkan tinta di atas kertas, kemudian membentuk sebuah gambar. Ini terjadi karena terdapat plat magnet dan itu berfungsi untuk mengalirkan tintanya ke kertas, sesuai pola yang diinginkan. Kualitas hasil cetak dari printer ini sama dengan printer laserjet.

 

Kemudian warna yang ada dalam printer inkjet ini dapat diatur sedemikian rupa, sehingga sangat menarik. Printer ini menggunakan sistem semprot, sehingga hasil yang didapat nantinya menjadi sangat baik, apabila dibandingkan dot matrik tentu jauh berbeda. Tinta yang telah disemprotkan nantinya akan sangat cepat mengering, bahkan hitungan detik.

 

  1. Printer laser

 

Printer laser ini merupakan jenis yang memanfaatkan laser dalam proses mencetaknya. Jadi untuk proses kerjanya,laser disinarkan dahulu, kemudian membentuk sebuah pola gambar yang nantinya akan dicetak. Setelah itu drumnya akan berputar dan bagian drum yang memiliki listrik akan mengambil toner. Setelah itu terdapat kombinasi antara panas dan juga tekanan.

 

Printer ini akan mengerjakan pencetkaan dengan sangat cepat dan hasilnya bertahan lama. Untuk sistemnya mirip seperti fotocopy photographic. Akan tetapi ada pula perbedaannya, yaitu terdapat di mesin fotocopy-nya yang difokuskan pada silinder. Untuk kualitas cetakannya sangatlah tajam dan juga menghemat pemborosan tinta.

 

  1. Printer LED atau LCD

 

Printer LED/LCD ini masuk ke jenis jenis printer canggih. Pasalnya proses kerjanya sama seperti printer laser. Pengerjaannya menggunakan laser dan drum. Akan tetapi ada satu yang berbeda, karena printer LED/LCD ini akan memiliki proses cetak yang menggunakan light-emitting. Jadi kualitas cetaknya sangatlah tinggi, entah itu dalam bentuk grafis maupun dalam bentuk tulisan.

 

www.pexels.com

4 Rekomendasi Printer Canon Terbaik

 

Merk Canon memang telah mengeluarkan banyak jenis printer. Jika Anda telah memiliki printer Canon dan harus menjalankan proses install, maka software Canon Printer Drivers pasti diperlukan. Proses install printer tidak dapat terjadi apabila tidak menggunakan software. Kemudian untuk softwarenya pun harus disesuaikan type printernya. Berikut kami merekomendasikan 4 printer terbaik yang dikeluarkan oleh Canon :

 

  1.  Canon Pixma MX537

 

Canon dengan type ini merupakan multifungsi. Pasalnya printer dengan desain elegan ini memiliki teknologi yang berupa Cloud Link. Dengan adanya teknologi tersebut akan memungkinkan user melakukan proses cetak melalui internet. Kemudian ada pula fitur AirPint, fitur ini memungkinkan Anda untuk mencetak tanpa menggunakan kabel USB.

 

Printer ini sudah menggunakan inkjet, sehingga kualitas cetakannya sangat baik. Gambar yang dihasilkan tidak akan pecah dan sangat tajam. Untuk proses mencetaknya juga cukup cepat, sehingga dapat digunakan untuk mencetak sejumlah dokumen dalam waktu singkat.

 

  1. Canon Pixma E610

 

Sama halnya dengan Pixma MX537, Pixma E610 pun merupakan printer multifungsi yang banyak dijual. Meskipun sama-sama multifungsi, namun jika dilihat spesifikasinya pasti terdapat beberapa perbedaan, terutama dari segi resolusinya. Kemudian untuk kecepatan dalam mencetak terbagi menjadi 3, sehingga Anda dapat menyesuaikan kecepatannya.

 

Untuk bentuknya minimalis, sehingga mudah untuk digotong. Kemudian printer ini telah dilengkapi dengan teknologi yang bernama ADF. Teknologi ini berpran di dalam mengisi kertas dengan otomatis. Untuk harganya bervariasi, ada sejumlah toko yang menjualnya di kisaran harga 1,7 juta, namun ada pula yang menjualnya di kisaran 1,8 juta.

 

  1. Canon Pixma E560

 

Printer ini juga multifungi, sehingga dapat Anda gunakan untuk mencetak sebuah dokumen dan juga foto. Kemudian untuk proses pencetakannya dapat berupa scanning serta fotocopy. Kecepatan cetaknya mencapai 5,7 ipm. Cukup cepat, bukan? Kemudian  untuk hasil printnya tidak kalah bagus dibanging printer multifungsi lainnya. Begitu pula dengan desain printernya, tampak elegan dan kompak.

www.pexels.com

 

  1. Canon Pixma MX397

 

Canon Pixma MX 397 ini masuk dalam jenis jenis printer terbaik dan banyak digunakan masyarakat. Printer ini multifungsi dan dibanderol dengan harga cukup rendah. Pasalnya dengan mengantongi uang 1,3 juta saja Anda sudah dapat memperolehnya. Untuk kecepatannya mencapai 9,9 ipm. Hasil cetak dokumen dan foto juga akan sangat tajam, sehingga tak heran printer ini lebih menjadi pilihan masyarakat.

 

  1. Canon Pixma MG3570

 

Harga dari printer ini tidak terlalu mahal, bahkan Anda dapat membawanya pulang dengan uang sekitar 1,3 juta. Printer ini masuk ke dalam kategori multifungsi dan telah dibekali beragam fitur konektivitas. Fitur konektivitasnya cukup lengkap, yaitu berupa wireless, USB dan juga FINE. Dengan adanya fitur konektivitas tersebut, akan menjadikan Anda lebih mudah dalam menjalankan proses cetak.

 

Kecepatannya 9,9 ipm dan resolusi hasil cetaknya 4800×1200 dpi. Hasil cetaknya akan tajam dan jelas, terlebih jika mencetak sebuah foto. Sebelum menggunakan printer ini, software Canon Printer Drivers tentu diperlukan. Namun untuk softwarenya sendiri, sekarang dapat Anda peroleh dari CD bawaan dari printernya. Sehingga Anda dapat langsung menginstallnya saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *