Umum

Wisata dan Belajar di Kebun Buah Mangunan

 

Kebun buah mangunan terletak di Kecamatan Dlingo, Bantul Yogyakarta. Kebun buah yang satu ini menjadi tempat wisata yang menawarkan banyak hal menarik. Pengunjung bisa berlibur dan belajar mengenai tumbuh-tumbuhan secara langsung.

Hal Menarik dari Kebun Buah Mangunan

  1. Memiliki udara sejuk

Kebun buah ini berada sekitar 15 km dari ibukota kabupaten dan dibangun di atas lahan seluas 23,341 hektar. Mulai dibangun pemerintah Bantul sekitar tahun 2003 dan berada di ketinggian sekitar 200 meter diatas permukaan laut. Lokasinya tersebut membuat kebun ini memiliki udara yang segar dan sejuk.

  1. Pemandangan yang cantik

Pengunjung yang datang bisa melihat kota Bantul dan Pantai Parangtritis dari satu titik. Pantai Parangtritis dapat dilihat di sisi selatan dan kota Bantul di sisi barat. Sekitar tempat wisata ini juga bagus karena ada pemandangan cantik dari pegunungan seribu.

  1. Belajar tanaman buah

Pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga bisa belajar langsung mengenai tanaman buah-buahan. Mulai dari pohon rambutan, mangga, durian, jeruk, sawo, jambu air, matoa, cempedak, kelengkeng, belimbing, dan lain-lain.

  1. Melihat peternakan sapi

Kebun buah ini juga memiliki peternakan sapi yang bisa dikunjungi wisatawan. Adanya peternakan sapi bertujuan untuk siklus yang berkesinambungan dari kotoran sapi yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang untuk tanaman buah yang ada.

  1. Fasilitas yang lengkap

Pengunjung bisa bersantai dan menikmati matahari tenggelam. Ada pula beberapa fasilitas yang disediakan seperti flying fox, kolam renang anak, outbond, jembatan goyang, penginapan, bumi perkemahan, hingga ruang pertemuan.

  1. Koleksi kebun

Tempat wisata ini memiliki 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 300 pohon jambu air, 220 pohon jeruk, dan 200 pohon buah lainnya. Untuk sapi yang ada di peternakan ini sekitar 40 ekor. Jam buka kebun buah mulai jam 8 pagi hingga jam 6 petang.

Dinas pertanian dan kehutanan Kabupaten Bantul menjadi pengelola dari Kebun buah mangunan ini. Jika ada keperluan untuk ke kebun buah bisa menghubungi nomor kantor dinas kehutanan Bantul tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *