Umum

Proses Pemasangan Papan Coruntuk Tiang Beton

Membuat sebuah bangunan bukanlah hal yang mudah dan sederhana, terlebih bangunan yang menggunakan beton. Ada sebuah proses panjang yang perlu dilakukan hingga bangunan kokoh dan siap untuk digunakan.Proses ini membutuhkan banyak material, alat hingga tenaga kerja. Pemasangan papan cor adalah salah satu tindakan yang perlu dilakukan ketika akan membuat beton.

Pemasangan papan adalah langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pengecoran pada tiang beton. Papan ini digunakan sebagai cetakan dan sebagai penahan tiang supaya arah tiang tetap tegak lurus ke atas dan tidak miring. Hal ini termasuk krusial karena tiang yang miring dapat berakibat pada kekokohan bangunan nanti setelah selesai dan jadi.

Papan untuk pengecoran ini bisa dibuat dari berbagai jenis kayu. Beberapa kayu yang bisa dipakai diantaranya kayu kelapa ataupun randu. Bisa juga dipakai berbagai kayu jenis lain yang termasuk dalam kayu-kayu kelas dua yang tidak terlalu bagus. Kayu yang digunakan pun tidak harus baru, kayu bekas pun bisa dipergunakan karena nantinya kayu ini juga akan dilepas lagi setelah beton keras dan kokoh.

Meskipun tidak harus dibuat dari kayu terbaik dan dalam kondisi baru, papan untuk cor ini sebaiknya diambil dari kayu yang kuat karena fungsinya sebagai penahan beban. Kayu ini akan digunakan untuk menahan hasil cor hingga benar-benar mengering. Papan-papan kayu tadi bisa direkatkan menggunakan bantuan alat lain seperti kawat ataupun kayu.

pxhere.com

Tips Memasang Papan Kayu

Ketika akan melakukan pemasangan papan kayu untuk pengecoran ada beberapa langkah yang perlu untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Persiapkan kayu dengan ukuran yang tepat

Ketika akan mempersiapkan kayu-kayu untuk papan pengecoran tentu Anda harus menyesuaikan lebih dulu dengan ukuran cor yang akan dibuat. Jika akan membuat tiang beton contonya, Anda perlu mengukur berapa tinggi tiang serta ukuran lebarnya agar papan yang disiapkan bisa tepat ukuran.

Pengukuran  ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan memiliki ilmu di bidang arsitektur. Tidak hanya memilih ukuran kayu yang tepat, ketebalan kayu pun perlu jadi pertimbangan untuk memastikan bahwa kayu tersebut memang mampu menahan beban dari proses pengecoran yang dilakukan.

Kesalahan dalam memilih kayu papan ini bisa berakibat pada hasil cor yang kurang sempurna atau bahkan bangunan yang ambruk karena kayu tak kuat menahan beban.

pxhere.com
  • Memasang papan pengecoran

Papan-papan pengecoran harus disusun dengan rapat untuk menghindari terjadinya penggelembungan pada papan kayu. Penggelembungan ini tidak jarang terjadi dan dapat membuat hasil pengecoran menjadi kurang bagus. Kayu yang menggelembung ini terjadi akibat munculnya tekanan yagn besar dari material semen atau cor yang diberikan pada papan tersebut.

Kayu yang tak rapat dan tidak kuat bisa jebol ketika dimasuki material cor yang padat. Jika hal ini terjadi tentunya proses pengecoran tidak dapat diteruskan dan harus diulangi lagi dari tahap awal. Ini tentu menjadi mimpi buruk pada setiap proyek karena berarti harus mengulangi pekerjaan dengan biaya ekstra.

  • Memastikan bahwa semua material cor masuk ke dalam papan

Langkah terakhir adalah memasukkan material ke dalam papan pengecoran yang sudah dipasang rapat. Pastikan semua material masuk sempurna dan tidak ada yang terbuang agar hasil pengecoran benar-benar padat dan kuat. Lakukan proses ini dengan hati-hati supaya tidak ada material cor yang terbuang percuma.

Material cor yang sudah dicetak selanjutnya dibiarkan beberapa waktu hingga benar-benar mengering. Setelah cor beton ini kering papan cor baru bisa dilepas karena pelepasan papan sebelum cor  benar-benar kering bisa menyebabkan timbulnya retakan yang membuat beton menjadi kurang kuat.

pxhere.com

Faktor yang Membuat Cor Beton Retak

Ada beberapa masalah yang bisa timbul akibat pemasangan papan pengecoran yang salah. Adapun faktor-faktor pemicunya antara lain:

  • Papan didirikan di atas permukaan tanah yang tidak rata

Permukaan tanah yang miring atau bergelombang dapat menjadi sumber masalah karena papan menjadi miring dan tidak stabil. Kondisi ini akan sangat rentan ambruk ketika materiak cor dimasukkan ke dalamnya.

  • Kayu terlalu rapuh

Penggunaan kayu yang murah dan tidak kokoh juga bisa jadi sumber gagalnya proses pengecoran. Di sinilah pentingnya dilakukan perhitungan yang sangat cermat.

  • Adanya keadaan lain yang tidak dapat diantisipasi

Rusaknya papan pengecoran juga dapat terjadi karena alasan-alasan lain yang berada di luar kehendak manusia seperti bencana alam. Gempa bumi misalnya meskipun dalam intensitas yang ringan juga dapat sedikit banyak menggeser posisi papan sehingga berubah dari kondisi semula.

Pemasangan papan pengecoran hanya sebagian kecil dari proses cor beton dalam proyek pembuatan bangunan. Rangkaian proses ini bagi sebagian orang dirasa cukup merepotkan sehingga ada yang mengambil jalan pintas dengan memangkas proses tertentu yang dapat dilakukan dengan lebih praktis.

Contohnya adalah dengan menggunakan beton Jayamix. Penggunaan beton ini dapat sedikit memangkas waktu dan menghemat tenaga kerja. Harga Jayamix ini juga sebenarnya tidaklah mahal jika dibandingkan dengan membuat beton sendiri. Bahkan jika dihitung Harga Jayamix ini bisa lebih hemat mengingat jumlah tenaga kerja yang bisa dipangkas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *