Bisnis

Ukuran Spanduk

Promosi merupakan hal yang paling penting dilakukan saat menjalankan bisnis karena dengan promosi akan membantu dalam meningkatkan penjualan produk. Dalam promosi, ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk yang ditawarkan, baik dalam bentuk cetak maupun digital. Sebut saja salah satunya adalah spanduk.

Spanduk memang kurang begitu diminati jika dibandingkan dengan media promosi lainnya,. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan spanduk sebagai media promosi. Nah berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu spanduk dan ukuran spanduk yang standar digunakan.

Fungsi Spanduk

Spanduk sendiri adalah salah satu jenis media luar ruang yang berbentuk kain rentang yang berisi tentang slogan, propaganda atau berita apapun yang perlu diinformasikan kepada masyarakat. Sebagai salah satu media publikasi dan promosi, spanduk tentu memiliki fungsi tertentu. Pemasangan spanduk dengan desain dan lokasi pemasangan yang tepat tentu akan membantu dalam mengangkat citra perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.

Tak hanya itu, dengan adanya spanduk ini akan membantu dalam membangun kepercayaan masyarakat. Jika kepercayaan masyarakat sudah terbangun, maka nantinya juga akan mempengaruhi masyarakat agar menggunakan produk tersebut. Karena itulah spanduk umumnya dipasang di tempat-tempat umum yang mudah dilihat.

Selain digunakan untuk kebutuhan promosi, spanduk juga dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum. Spanduk-spanduk ini umumnya ditemukan di tempat-tempat umum seperti dipasang di tiang-tiang lampu pinggir jalan. Ada juga yang dipasang di depan instansi pemerintahan sebagai media informasi. Nah, setelah mengetahui fungsi dari spanduk, ada beberapa ukuran spanduk standar yang umumnya digunakan.

pixabay.com

Variasi Ukuran Spanduk Standar

Sama seperti media publikasi lain yang dibuat dalam bentuk cetak pasti memiliki ukuran standar. Begitu pula dengan spanduk. Ada beberapa ukuran spanduk standar yang banyak digunakan ketika membuat media promosi dan publikasi dari bahan kain ini. Ukuran-ukuran tersebut akan disajikan dalam tabel berikut.

 

Ukuran Spanduk
2 x 1.5 meter
3 x 0.8 meter
3 x 1 meter
4 x 0.8 meter
4.5 x 2 meter
5 x 1 meter
pixabay.com

Berdasarkan tabel di atas, ada beragam ukuran yang digunakan dalam pembuatan spanduk. Tidak ada ukuran paling kecil atau paling besar dalam pembuatan spanduk. Hal ini karena masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam pembuatan spanduk. Meskipun pada dasarnya, ukuran yang digunakan tidaklah terbatas. Artinya, Anda bisa memesan spanduk dengan ukuran berapapun sesuai kebutuhan.

Ukuran standar yang disebutkan di atas biasanya hanya digunakan sebagai acuan ketika hendak membuat spanduk. Hal ini karena ukuran pasti dari spanduk yang akan dibuat tergantung pada kebutuhan pembuatnya. Selain itu, dengan adanya ukuran spanduk standar ini, Anda juga bisa memperkirakan harga atau biaya yang harus dikeluarkan saat membuat spanduk. Tentu saja semakin besar atau semakin panjang ukuran yang akan dibuat maka harga yang harus dibayar juga semakin mahal.

Selain ukuran, hal lain yang mempengaruhi harga pembuatan spanduk adalah bahan dasar pembuatannya. Spanduk pada dasarnya memang terbuat dari bahan kain. Namun, jenis kain yang digunakan untuk membuat spanduk juga sangat beragam. Semakin bagus kualitas kainnya, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membuatnya.

pixabay.com

Tips-Tips Sebelum Membuat Spanduk

  1. Perhatikan Desain Spanduk

Agar bisa dilirik banyak orang maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat desainnya menjadi sebagus serta semenarik mungkin. Mulailah mendesain spanduk dengan menarik seperti menambahkan gambar, tulisan, motto hidup, serta informasi lain yang dirasa perlu. Anda juga harus memperhatikan tentang jenis dan ukuran font serta pemilihan warna agar lebih enak di pandang.

  1. Resolusi Gambar Besar

Ketika sedang mendesain atau meminta jasa percetakan murah untuk membuatkan spanduk murah maka mintalah gambar dengan resolusi besar. Hal ini dikarenakan ukuran cetak spanduk sangatlah besar. Agar gambar tidak pecah ketika dicetak anda membutuhkan gambar-gambar dengan resolusi besar.

  1. Kalimat Singkat, Padat, Jelas, dan Menarik

Jangan anggap remeh soal kalimat atau pesan yang akan dicantumkan pada spanduk nantinya. Alasannya karena hal tersebut akan mempengaruhi seberapa banyak masyarakat yang tertarik ingin membaca spanduk tersebut. Gunakanlah bahasa yang sederhana, unik sera menarik agar mereka merasa penasaran. Jangan terlalu memakai kalimat panjang karena bisa membuat para pembaca menjadi cepat bosan.

  1. Pakai Mode CMYK

Meskipun kelihatannya sepele tapi Anda jangan pernah melupakan hal yang satu ini ketika sedang mendesain sebuah spanduk. Anda harus mengubah mode warna gambar dari RGB menjadi CMYK agar ketika dicetak warna sesuai dengan printer.

 

Demikian informasi lengkap tentang spanduk mulai dari pengertian, fungsi, ukuran spanduk hingga harga yang harus dibayar untuk membuatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *