Umum

Ciri-ciri Pohon Pisang

 

Banyak sekali aneka olahan dari buah pisang yang ada di Indonesia, dari mulai keripik pisang, kolak pisang, pisang goreng, dan masih banyak lagi aneka olahan pisang yang marak di Nusantara. Semua orang pasti sudah tahu dan pernah mengonsumsi buah pisang karena keberadaan pohon pisang telah banyak dan meluas di daerah Indonesia dengan berbagai macam jenis pisang.

 

 

Ciri-ciri Umum

Namun pohon pisang sendiri memiliki ciri-ciri umum yang hampir di semua pohon pisang  memiliki ciri tersebut, diantaranya:

  1. Memiliki daun yang lebar dan besar serta tulang daun yang besar. Daun pohon pisang mudah rusak atau sobek karena tepi daun tidak memiliki ikatan kompak, biasanya daun pohon pisan digunakan sebagai pembungkus makanan.
  2. Bunga pada pohon pisang hanya muncul satu kali selama masa hidupnya yaitu pada bagian ujung batang. Bunga pohon pisang juga biasa disebut jantung pisang karena bentuknya yang hampir menyerupai jantung. Jantung pisang sendiri dapat dikonsumsi dengan melewati masa pengolahan terlebih dahulu.
  3. Buah pada pohon pisang tumbuh pada bagian batang, biasanya orang mengenal buah pisang dalam jumlah sisir, dalam satu sisir pisang biasanya terdapat 5 – 15 buah pisang, tergantung dari jenis pisang tersebut. Kemudian dalam satu batang biasanya terdiri dari 4 – 10 sisir pisang, tergantung dari jenis pisang tersebut. Saat masih mentah buah pisang biasanya berwarna hijau muda kemudian menjadi hijau tua, saat sudah matang warna dari buah pisang berubah menjadi kuning kehijauan.
  4. Akar pada pohon pisang merupakan akar serabut lunak dengan jumlah yang banyak.

 

Tentang Pohon Pisang

Pohon pisang banyak ditanam oleh para petani Indonesia karena kebutuhan pisang di Indonesia bisa dibilang tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya olahan dari buah pisang yang beredar di pasaran Indonesia, itu karena tidak hanya bagian buah pisang yang dapat diolah menjadi makanan, melainkan bonggol pisang pun dapat diolah menjadi makanan. Kemudian daun pohon pisang yang sering digunakan tidak hanya untuk bahan pembungkus makanan, melainkan juga bisa digunakan sebagai alas sesajen dan masih banyak lagi kegunaan dari daun pisang tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *