Umum

Wilayah Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Indonesia

Seperti yang kita semua telah ketahui bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Indonesia menduduki nomor keempat setelah negara China, India dan, Amerika Serikat dari penduduk terbesar di dunia meski. Di 34 provinsi yang berada di Indonesia jumlah penduduk tidak merata. Penduduk terbanyak di indonesia berada di pulau Jawa yang terbagi menjadi tiga provinsi yaitu Jawa Timur, jawa Tengah, dan Jawa Barat.  Provinsi Jawa Barat menduduki provinsi dengan penduduk paling padat di Indonesia penduduknya mencapai 48.000.000 jiwa. Berdasarkan data  Badan Pusat Statistik atau BPS pada tahun 2010 banyak penduduk di indonesia sudah mencapai 237.641.326. Dan berdasarkan data dari Factbook pada tahun 2015 bulan Juli jumlah penduduk di Indonesia mencapai 255,993,674 jiwa. Sehingga setiap tahunnya bisa dikatakan bahwa kepadatan penduduk di indonesia semakin meningkat terlebih di pulau Jawa. Dengan persentasi yang mencapai 57,5% dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Sehingga bisa dikatakan bahwa kepadatan penduduk yang terjadi di pulau Jawa mencapai setengah dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

Provinsi Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa persebaran penduduk di Indonesia memang tidak merata. Beberapa provinsi mengalami kepadatan penduduk sedangkan provinsi yang lainnya memiliki jumlah penduduk yang masih sedikit. Dan inilah provinsi-provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk tertinggi di Indonesia berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan pada tahun 2010 yang lalu.

pixabay.com
  1. Jawa Barat

Provinsi yang pertama yaitu Jawa Barat. Jumlah penduduknya pada tahun 2010 berdasarkan sensus yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik yaitu mencapai 43.053.732. Dengan Kabupaten Bogor menyumbang persentase sebesar 11,08 %.

  1. Jawa Timur

Disusul oleh provinsi Jawa Timur pada tahun 2010 jumlah penduduknya sudah mencapai 37.476.757 jiwa. Surabaya dengan persentase 7,38% menjadi Kota paling padat di Jatim.

  1. Jawa Tengah

Provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia berada di pulau Jawa yaitu Jawa Tengah. Penduduknya mencapai 32.382.657 jiwa pada tahun 2010 berdasarkan. Kabupaten Beres penimbang terbesar Jateng dengan persentase 5,35%.

  1. Sumatera Utara

Dengan jumlah 12.982.204 jiwa, Provinsi Sumatera Utara menduduki peringkat nomor 4 sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia. Kota medan menjadi distribusi terbesar yang mencapai 16,16%.

  1. Banten

Kemudian nomor 5 dengan jumlah penduduk yang mencapai 10.632.166 jiwa Provinsi Banten menjadi salah satu provinsi yang memiliki jumlah penduduk tertinggi di Indonesia. Distribusi terbesarnya adalah Kabupaten Tangerang (26,66%).

  1. DKI Jakarta

Peringkat nomor 6 diduduki oleh DKI Jakarta yang merupakan ibukota dari negara Indonesia  Jumlah penduduk yang ada di Ibukota Jakarta ini mencapai 9.607.787 jiwa. Kodya Jakarta Timir menjadi distribusi terbesar yang mencapai 28,04%.  hal ini tentunya tidak terlepas sebagai jakarta yang menjadi ibukota negara sehingga pusat negara berada di Jakarta ini

  1. Sulawesi Selatan

Provinsi ketujuh yang memilik penduduk terbanyak di indonesia yaitu dari Sulawesi Selatan.  Di tahun 2010 jumlah penduduknya sudah mencapai 8.034.776 jiwa.  Dengan Kota Makassar menjadi distribusi paling besar yaitu 16,66%.

pixabay.com

Program Pemerintah Untuk Mengurangi Kepadatan Penduduk

Dapat disimpulkan dari data diatas bahwa pulau Jawa memiliki kepadatan penduduk terbesar di Indonesia. Dengan adanya urbanisasi juga berpengaruh tetap terhadap persebaran penduduk di Indonesia terutama berpengaruh terhadap Jakarta yang merupakan ibukota negara. Adanya urbanisasi dari penduduk desa menuju kota menjadi masalah baru jika tujuannya banyak ke Ibukota negara saat ini yaitu Jakarta. Sehingga kepadatan penduduk juga terjadi di JakartaDengan semakin padatnya penduduk yang menetap di Pulau Jawa terutama provinsi Jawa Barat pemerintah berharap bahwa mereka tidak akan meninggalkan kampung halaman untuk melakukan urbanisasi. Dengan begitu kepadatan penduduk yang terjadi di pulau Jawa juga tidak semakin meningkat dan berkurang. Salah satu program pemerintah untuk mengatasi kepadatan penduduk di salah satu tempat yaitu melakukan program transmigrasi. Program ini merupakan salah satu program dengan tujuan untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduknya yaitu kota ke tempat yang masih belum banyak penduduknya seperti desa di dalam wilayah Indonesia tentunya.Selain itu saat ini pemerintah juga menggalakkan program KB atau keluarga berencana. Bahwa setiap keluarga cukup memiliki dua anak saja. Sehingga kepadatan penduduk yang ada di Indonesia sedikit berkurang. Program ini juga memiliki banyak keuntungan bagi pelaksanaannya. Karena akan lebih terencana dan mengurangi adanya anak yang terlantarkan. Dengan mengurangi jumlah penduduk yang ada di Indonesia dapat meningkatkan taraf perekonomian yang ada di negara. Hal ini dikarenakan nantinya jumlah penduduk produktif atau kurang dari 30 tahun akan meningkat. Sehingga perekonomian Indonesia yang berada di tangan mereka akan lebih meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak berada di usia produktif.

Itulah beberapa program pemerintah untuk mengatasi adanya kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia. Karena diperkirakan bahwa beberapa tahun ke depan jumlah penduduk di Indonesia akan semakin bertambah setiap tahunnya. Jika diperkirakan pada tahun 2050 jumlah penduduk di indonesia akan mencapai 30 ratus juta jiwa. Anda bisa mengunjungi snapstatistics.com untuk informasi menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *