Umum

Hidup Sehat Dengan Daun Sirih

 

Dalam hidup masyarakat Indonesia zaman dulu tidak akan asing jika disandingkan dengan daun sirih. Daun sirih adalah tumbuhan asli Indonesia yang telah sangat terkenal khasiatnya. Daun sirih ini terdapat dua jenis. Yang pertama daun sirih hijau dan kedua daun sirih merah. Akan tetapi masyrakat Indonesia lebih familiar dengan daun sirih hijau ini. Daun sirih hijau telah banyak dimanfaatkan oleh para wanita Indonesia dari berbagai kalangan. Penggunaan daun sirih ini biasanya diwariskan secara turun temurun. Pewarisan menggunakan daun sirih ini dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dan dapat membuat seorang wanita lebih percaya diri.

Tradisi masyarakat indonesia terutama kaum wanita adalah menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area kewanitaan mereka. Selain membersihkan area kewanitaan air rebusan daun sirih juga dipercaya dapat membuat area kewanitaan menjadi lebih wangi dan rapet. Hal tersebut telah menjadi tradisi turun – temurun dari masyarakat Indonesia. Tradisi tersebut bertujuan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dari para wanita Indonesia. Menggunakan air rebusan daun sirih secara teratur juga dapat membunih kuman – kuman yang beersarang dalam kewanitaan seseorang. Kuman penyebab bau dan keputihan. Masyarakat zaman dulu sangat rajin jika mengenai urusan ini. Selain untuk kewanitaan daun sirih juga memiliki segudang manfaat lain.

Air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai obat mengatasi gangguan pencernaan. Dapat menyembuhkan luka, mengatasi sakit tenggorokan bahkan mampu menurunkan berat bedan. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara teratur dapat membuat lemak – lemak dalam tubuh terbakar hingga menurunkan berat badan. Selain banyak manfaat tersebut daun sirih biasanya di gunakan oleh orang – orang tua zaman dulu sebagai salah satu bahan untuk membuat kinang. Kinang adalah tradisi orang – oran tua zaman dulu yang mana daun sirih digunakan untuk membungkus gambir,tembakau, kapur sirih dan bahan lain lalu dikunyah. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kekuatan gigi dan menambah umur dari para penguyah kinang ini. Hasil kunyahan kinang ini biasanya akan membuat ludah dan mulut berwarna merah seperti darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *