Wisata

Pengalaman Wisata Sungai Oyo Jogja

Sungai oyo jogja menjadi  satu diantara sekian banyak pariwisata di jogjakarta yang bisa dinikmati. Kenikmatan  berwisata di sungai satu ini memberikan pengalaman yang tiada bandingannya. Terlebih untuk anda yang suka dengan petualangan. Sebab sungai ini menawarkan pengalaman-pengalaman yang tidak terlupakan. Termasuk bagi anda yang sangat suka dengan wisata yang memacu adrenalin. Wisata ke sungai ini menjadi salah satu yang wajib dicoba ketika berada di jogjakarta. Sebab popularitas dari sungai ini sebagai wisata yang menawarkan adrenalin sangat tinggi. Setidaknya untuk anda yang sudah berkeliling mecari tempat-tempat wisata baru yang menawarkan sensasi-sensasi unik saat berwisata di jogjakarta.

Potensi Sungai Oyo Jogja

Berkunjung ke Sungai oyo jogja sebagai salah satu tempat tujuan ketika sedang berlibur tentu menjadi salah satu pilihan yang tepat. Adapun ada beberapa alasan yang menjadikan memperkuat mengapa berwisata ke sungai ini menjadi pilihan utama. Berikut alasannya:

unsplash.com
  • Tempatnya yang menantang. Bagi yang suka dengan tantangan adrenalin, maka anda sama sekali tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi sungai ini. Sungai yang satu ini memiliki lokasi yang sebenarnya sangat berdekatan dengan pariwisata lain di jogjakarta. Yakni goa pindul. Setelah berbasah-basahan di goa pondul akan lebih baik jika anda sebagai pengunjung merasakan sensasi juga berbasahan di sungai.
  • Peralatan keamanan yang sama ketika menyusuri goa pindul. Menyusuri goa pindul tidak hanya menyenangkan sekaligus menantang. Akan tetapi jika diteruskan pengunnjung bisa menikmati river turbing di sungai oyo. Menggunakan pelampung serta perahu dayung dari ban bekas membuat river turbing menjadi lebih menantang. Menggunakan peralatan keselamatan harus digunakan semuanya. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan diri anda sendiri ketika tidak sengaja terkena bahaya supaya tidak tenggelam. Jika tidak menggunakan perlengkapan keselamatan maka dikhawatirkan jika terjadi sesuatu dengan arusnya yang tidak terduga, keselamatan jiwa tidak bisa dijamin. Penggunaan pelampung ini menjadi sistem keamanan diri yang paling minimal yang harus disematkan jika ingin melakukan river turbing di sungai yang satu ini.
  • Jaraknya yang berdekatan dengan goa pindul. Berjarak kurang lebih 1 km dari goa pindul menjadikan sungai oyo termasuk sungai yang menjadi wisata di kota jogjakarta yang wajib dikunjungi setelah menyusuri goa pindul. Meskipun berjarak hanya sekitar 1 km dari goa pindul, akan tetapi sungai ini menawarkan sesuatu yang berbeda dengan goa pindul. Sungai oyo menawarkan pemandangan yang jauh berbeda dari goa pindul. Apabila di goa pindul, anda akan menyaksikan pemandangan berupa goa yang penuh dengan bebatuan, maka di sungai ini, anda akan menemukan pemandangan pepohonan yang menyegarkan pandangan mata ketika menyusuri sungai. Pemandangan yang menyegarkan ini sangat cocok untuk anda yang sangat tidak nyaman dengan kegelapan.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sungai oyo adalah ketika sedang memauki musim hujan. Alasannya adalah ketika musim hujan tiba, debit air yang ada di sungai menjadi meningkat. Debit air yang meningkat inilah yang dimanfaatkan untuk kegiatan river turbing. Kegiatan river tubing pada saat sedag musim hujan, bisa dilakukan dnegan menggunakan perahu karet. Namun jika tidak dalam musim penghujan, river tubing hanya bisa dilakukan dengan menggunakan ban bekas biasa seperti yang digunakan di goa pindul. Meskipun berbeda peralatan, namun sensasi menyusuri sungai sama saja menyenangkan sekaligus dapat membuat adrenalin anda terpacu.
unsplash.com

Sensasi Menyusuri Sungai

Apabila pada masa kecil sudah biasa bermain di sungai, tentu anda sama sekali tidak keberatan jika diajak menyusuri sungai dengan menggunakan perlengkapan khusus. Mengunjungi Sungai oyo jogja menjadi salah satu alternatif wisata menegangkan sekaligus menyenangkan yang bisa anda coba. Sebab dengan mengunjungi sungai ini anda akan diajak untuk merasakan sensasi keseruan menyusuri sungai dengan arus yang tidak dapat diprediksikan. Semakin deras arus yang ada di sungai ini maka sensasi petualangannya akan semakin terasa. Sebagai contoh ketika memasuki musim penghujan, debit dan arus air di sungai oyo sangat deras. Sehingga ketka memutuskan untuk melakukan river tubing sangat tepat. Jarak tempuh untuk river tubing menjadi lebih jauh. Selain itu, ada beberapa lokasi yang memiliki ombak yang lumayan menantang ketika sedang musim hujan.

Keamanannya terjamin jika ingin mencoba sensasi menyusuri sungai. Selain menggunakan peralatan keamanan yang standart, namun ada selalu pemandu yang siap membantu sekaligus memandu perjalanan anda ketika menyusuri sungai. Pemandu ini bertugas untuk memberikan penjelasan ringkass seputar river tubing dan juga sungai oyo secara keseluruhan. Seorang pemandu bertugas untuk memantu para wisatawan untuk tetap selalu menjaga keselamatannya sendiri. Bukan hanya karena ada pemandu yang siap membantu saja, akan tetapi ada juga pengecekan debit air setiap saat yang akan membantu pengunjung untuk mengetahui seperti apakah kondisi sungai. Selain mengetahui kondisi sungai, pengecekan debit air digunakan sebagai dasar untuk menentukan peralatan yang digunakan. Penegcekan debit air sungai membuat pengunjung merasa lebih aman jika tidak diberikan kesempatan untuk mengetahui apakah para pengunjung  paket wisata jogja bisa menikmatinya atau tidak selama melakukan penyusuran sungai dengan menggunakan alat khusus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *