Umum

Arti Warna pada Daun Gugur

 

 

Deskripsi

Saat musim kemarau akan banyak daun yang berguguran karena kekeringan. Warna yang terdapat pada daun gugur memiliki sebuah arti.

 

Artikel

Pada dasarnya ketika pohon tidak memiliki cadangan makanan yang cukup maka pohon itu akan mati dan daunnya berguguran. Akar yang tidak berhasil menemukan makanan perlahan akan kering kemudian mati. Maka tidak ada kegiatan fotosintesis disana. Siapa sangka jika ternyata daun yang gugur memiliki filosofi tertentu. Bahkan dengan warna – warna yang berbeda ini yang kemudian menjadi memiliki arti.

 

Arti Warna pada Daun Gugur

Setiap warna yang ada pada daun yang gugur memiliki banyak arti yang bisa anda pelajari. Sehingga anda lebih memahami makna sebenarnya dari daun yang gugur tersebut. Berikut warna daun gugur beserta artinya.

  1. Warna Hijau

Daun yang masih hijau memiliki arti bahwa masih memiliki cadangan yang cukup untuk bertahan. Sehingga, jarang sekali daun yang berwarna hijau ini jatuh berguguran. Sebetulnya didalam daun yang hijau telah terdapat pigmen warna kuning, merah, dan cokelat. Karena jumlah klorofil yang banyak maka warna – warna tersebuyt tersamarkan.

 

  1. Warna Kuning

Pada dasarnya daun menyerap sinar matahari untuk proses fotosintesis, namun jika daun kemudian berubah menjadi kuning, terjadi reaksi yang terjadi akibat pigmen karotenoid yang terdapat pada daun yang kuning.

 

  1. Warna Merah

Saat pigmen warna kuning mulai berkurang, maka pigmen lain akan mengubah daun menjadi berwana merah. Hal ini disebabkan oleh pigmen antosianin yang merupakan kondisi berkurangnya pigmen warna kuning.

 

  1. Warna Cokelat

Setelah degredasi warna sudah semuanya tercipta, tinggalah daun akan berubah menjadiw arna cokelat yang disebabkan oleh pigmen tanin yang tersisa pada daun tersebut.

 

Demikian penjelasan mengenai perubahan warna yang terdapat pada daun gugur yang memiliki beberapa warna berbeda. Hal tersebut terjadi karena perubahan pigmen karena berkurangnya klorofil yang terdapat pada daun. Perubahan yang terjadi tidak serta merta begitu saja. Biasanya perubahan iklim dan cuaca juga dapat mempengaruhi pergantian warna daun gugur menjadi kuning, merah, maupun cokelat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *