Umum

Seperti Apa Rumah Minimalis Modern Itu?

Setiap tahunnya dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah semakin mahal, bahkan hampir tidak terjangkau. Padahal rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap orang. Oleh karenanya bagi pasangan baru, memiliki rumah baru sebatas angan-angan belaka. Untuk mempermudah agar masyarakat Indonesia bisa membeli rumah, sebenarnya sudah cukup banyak bank yang memberikan bunga murah bagi siapapun yang ingin membeli rumah secara KPR. Jika anda termasuk orang yang memiliki prinsip untuk tidak menggunakan KPR dalam membeli rumah karena biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya cukup mahal, anda bisa mencoba untuk membangun rumah dimulai dari membeli tanahnya terlebih dahulu. Opsi lainnya untuk bisa memiliki rumah dengan harga yang lebih murah adalah dengan membangun rumah minimalis modern. Dengan lahan terbatas, anda bisa merancang layout rumah seefisien mungkin sehingga bisa memanfaatkan lahan yang ada dan membuat rumah terlihat lebih luas atau lapang.

Konsep Minimalis

Konsep rumah yang minimalis dan juga modern bukanlah hal yang baru dalam dunia arsitektur maupun interior. Hanya saja konsep ini baru booming beberapa tahun belakangan ini dan menjadi salah satu konsep rumah yang paling diinginkan. Konsep rumah yang seperti ini memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan konsep rumah lainnya, terutama untuk rumah dengan luas tanah yang terbatas. Tujuan dari konsep ini memang untuk mendapatkan desain rumah yang lebih efisien dan juga efektif dengan kesederhanaan dalam warna, ruang, material dan lain sebagainya. Akan tetapi sebelum anda memilih untuk menggunakan konsep rumah minimalis modern pada rumah yang akan anda bangun, anda harus memahami benar apa yang dimaksud dengan konsep tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait konsep minimalis:

pxhere.com
  • Bentuk dan fungsi

Fokus utama dalam rumah minimalis dan modern adalah layout ruangannya yang sederhana namun efisien. Dengan begitu dapat terbentuk ruangan yang bersih dan juga lapang. Bentuk rumah minimalis cukup sederhana, memiliki konsep rumah terbuka, tempat penyimpanan yang cukup luas, interior dinding rumah minimal, juga memiliki jarak pandang luas serta pencahayaan yang banyak.

  • Struktur bangunan

Terlihat dari struktur bangunan, bagian eksterior maupun interiornya. Bagian eksterior nya terlihat lebih luas tanpa terlalu banyak desain-desain yang tidak memiliki fungsi. Yang paling terlihat adalah rumah minimalis memiliki bukaan jendela dan juga pintu yang mudah dengan keseluruhan rumah terlihat bersih.

  • Terang (banyak pencahayaan alami)

Karena rumah minimalis memiliki ruangan yang terlihat bersih, leluasa dan juga terang, tentunya bagian dalam rumah harus mendapatkan cahaya yang cukup. Ruangannya pun memiliki desain yang bersih dan hanya memiliki beberapa perabotan saja sehingga ruangan akan terasa hangat dan juga nyaman.

pxhere.com

Inspirasi Rumah Minimalis

Dari penjelasan diatas terkait konsep minimalis, apakah sudah sesuai dengan apa yang anda pahami sebelumnya? Jika ya, tandanya anda memang sudah paham dengan konsep rumah minimalis karena sudah melakukan banyak riset. Nah, dikutip dari Casanesia ada banyak sekali inspirasi rumah minimalis modern yang bisa anda jadikan gambaran kira-kira seperti apa desain rumah yang anda inginkan.

  1. Rumah dengan 4 ruangan (2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu)

Dengan luas tanah yang tidak terlalu luas, anda bisa merancang desain ruangan sesederhana mungkin. Hanya membuat ruangan yang dibutuhkan saja seperti kamar tidur, kamar mandi dan juga ruang tamu. Sedangkan ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan area laundry bisa menjadi satu ruangan besar tanpa sekat sehingga akan rumah akan terlihat lebih lapang.

  1. Rumah minimalis dengan taman

Memiliki taman pada rumah minimalis dengan luas tanah yang terbatas bukan hal yang impossible. Anda bisa menyisipkan area taman hanya berukuran beberapa meter saja, misalnya 1 x 2 meter untuk menanam bunga-bunga. Tentunya memiliki area hijau di rumah akan membuat suasananya menjadi lebih segar dan bisa menjadi tempat untuk melepas lelah.

pxhere.com
  1. Dapur, ruang makan dan pantry

Ingin memiliki rumah minimalis yang terlihat mewah? Dengan ruangan yang terbatas anda bisa merasakan rumah mewah dengan menggabungkan tiga area menjadi satu, yaitu dapur, ruang makan dan juga pantry. Dengan layout yang tepat anda bisa mendapatkan area mewah dalam rumah. Tidak hanya sekedar membuat rumah terlihat mewah, gabungan tiga area menjadi satu akan mempermudah ketika harus mengambil bahan-bahan makanan di pantry untuk dimasak kemudian dinikmati bersama keluarga tercinta di meja makan.

  1. Kamar anak

Yang namanya rumah pasti akan ada saat dimana ada anak-anak di dalamnya. Untuk mengantisipasi kedatangan anak kecil, maka jangan lupa untuk merancang kamar anak. Ukuran kamar anak tidak perlu terlalu besar, yang penting anak bisa istirahat dan bermain dengan nyaman di dalam kamar. Kalau perlu anda bisa membangun rumah dengan 2 lantai yang mana lantai 2 nya bisa anda gunakan untuk menambah kamar anak dan ruangan lainnya. Untuk merasakan ruangan dengan konsep minimalis yang kental, anda bisa menyusun perabotan dan juga mendesain interior kamar anak sedemikian rupa agar terasa luas, bersih, dan juga nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *