Umum

Apakah Khasiat Daun Katarak atau Kitolod Benar Manjur ?

 

Hampir setiap orang pernah mendengar daun katarak, di Indonesia sendiri daun ini memang dikenal mempunyai manfaat yang luar biasa. Namun apakah benar bahwa daun katarak ini mempunyai khasiat yang manjur? Simak ulasan kali ini. Di Indonesia daun kitolod lebih dikenal dengan sebutan daun katarak. Sesuai dengan namanya, banyak penduduk yang menyatakan bahwa daun katarak tersebut merupakan salah satu tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit mata. Banyaknya anggapan tersebut membuat semakin banyak penduduk yang menggunakan kitolod sebagai obat mata. Sebelum memberi jawaban apakah benar atau tidak khasiat tersebut, simak informasi di bawah ini.

Kitolod Sebagai Obat Penyakit Mata

Kandungan yang ada di dalam kitolod yakni seperti ada alkolaid, samponi, dan ada flavanoid. Dengan memiliki kandungan tersebut memang bisa dipastikan bahwa tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan luka pada mata. Biasanya yang bisa disembuhkan menggunakan daun ini adalah seperti ganggua mata minus, plus, silinder, dan katarak. Memang secara kandungan, tumbuhan tersebut mengandung beberapa bahan yang mampu menyembuhkan masalah gangguan pada mata. Namun apakah benar manjur?

Ternyata sampai sekarang belum ada penelitian dalam bidang kesehatan yang menyatakan bahwa daun kitolod ini dapat digunakan sebagai obat mengatasi gangguan pada mata. Seperti yang diketahui masyarakat pada umumnya bahwa penyakit katarak hingga saat ini hanya bisa disembuhkan melalui sebuah operasi. Ya, anggapan bahwa daun katarak bisa dijadikan sebagai obat katarak adalah sebuah mitos belaka.

Mata merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia, maka dari itu sebagaiknya anda jangan mencoba untuk menggunakan daun ini untuk menyembuhkan gangguan mata yang anda miliki. Walaupun memang benar ada kandungan yang mendukung sembuhnya luka, namun harus anda ketahui bahwa anda tidak tahu takaran dosis yang dibutuhkan untuk menyembuhkan gangguan mata tersebut. Jangan sampai anda menggunakannya secara berlebihan sehingga membuat keadaan mata anda menjadi lebih parah, sehingga dapat disimpulkan bahwa khasiat yang dimiliki daun ini tidak manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *