Umum

Drawstring Bag yang Unik

Beberapa jenis fashion yang digunakan saat ini sebenarnya telah digunakan selama ratusan tahun. Drawstring Bag adalah salah satu jenis fashion seperti ini. tas ini telah digunakan selama lebih dari tujuh abad dan masih digunakan sampai saat ini untuk berbagai keperluan. Bahkan penggunaan awal tas ini masih dipraktekkan di berbagai daerah. Awalnya tas ini diperlakukan sebagai dompet yang dimasukkan ke dalam pakaian dalam. Di daerah Eropa pakaian dalam wanita adalah sebuah korset ketat yang sangat menempel di tubuh. Tas ini akan ditempatkan di bagian dalam pakaian dalam tersebut atau di daerah pinggang kemudian ditutupi dengan pakaian.

 

Penggunaan Unik Drawstring Bag

Tas ini tidak hanya berfungsi sebagai dompet. Tas juga memiliki makan tersendiri bagi penggunanya pada masa itu di abad ke 14. Panjang dari tali pengikut ujung tas menunjukkan status sosial seseorang. Jenis tali juga memiliki pernyataan tersendiri mengenai status sosial ini. tas ini juga digunakan sebagai alat pertunangan. Para wanita pada masa itu akan diajarkan untuk menjahit bordiran pada tas untuk menandai mereka telah bertunangan. Jahitan biasanya berisi kisah cinta antara pemilik tas dan kekasihnya.

pxhere.com

Pada abad ke 16 posisi dompet ini berpindah ke balik rok wanita. Ukurannya masih relatif kecil dan tidak hanya digunakan untuk menyimpan barang berharga tapi juga digunakan untuk menyimpan tumbuhan wangi, bumbu, bunga kering, parfum dan  benda religius.

 

Di abad ke 18 tas ini keluar dari balik rok wanita dan mulai dipakai dipanggang lengkap dengan tali pengikut yang panjang atau ikat pinggang dengan hiasan yang menarik. Mereka tidak lagi menyimpan tumbuhan atau bunga kering didalamnya tapi mulai menyimpan botol parfum atau kunci selain dari barang berharga lainnya. Sampai masa ini Drawstring Bag masih digunakan sebagai alat pertunangan dan hiasan yang dijahitkan pada tas ini semakin bagus dan menarik. Tas juga mulai menggunakan berbagai ukuran dan warna yang biasanya disesuaikan dengan warna pakaian yang dikenakan pada saat itu. Pada titik ini tas drawstring telah digunakan sebagai sebuah pernyataan fashion.

pxhere.com

Unsur Fashion dari Drawstring Bag

Sejak abad ke 18 tas ini terus berkembang sebagai bagian dari fashion wanita. Ketika memasuki tahun 1920an tas ini masih ditempelkan di pinggang tapi dengan mekanisme yang lebih aman. Di tahun 1950 tas ini mulai berpisah dari tubuh dan digunakan sebagai tas tangan yang memiliki unsur feminim dengan warna dan hiasan yang jauh lebih menarik. Tas drawstring mulai dibuat dengan menggunakan berbagai bahan sehingga dapat bersaing dengan berbagai tas tangan yang mulai populer pada saat itu. Pada pertengahan tahun 1980an trend tas ini mulai memiliki fungsi yang beragam. Pada saat itu tas drawstring sering dilibatkan sebagai aksesoris untuk berbagai kegiatan olah raga dan ukurannya menjadi lebih besar. Ada salah satu merek terkemuka yang mengeluarkan desain khusus untuk tas ini pada masa itu.

 

Pada saat ini tas drawstring telah digunakan untuk berbagai tujuan. Semua orang dalam berbagai profesi dan kegiatan akan menggunakan tas ini sebagai pilihan untuk membawa barang bawaan. Tidak semua barang berharga disimpan di dalam tas ini karena dompet dan saku telah diciptakan. Walaupun fungsinya berubah tas ini tetap dijadikan salah satu jenis barang yang memiliki fungsi atau kegunaan menarik karena sifatnya yang praktis. Beberapa akademisi bahkan menggunakannya sebagai Tas Seminar karena tas ini dapat digunakan sebagai sebuah tempat penyimpanan yang membuat seseorang mudah mencari barang, mengamankannya dan membuatnya mudah dibawa. Ada banyak tas yang memiliki desain menarik dan tahan air sehingga bisa bertahan dari cuaca buruk sementara tas jenis lain akan rusak.

pxhere.com

Memilih tas ini bisa menguntungkan. Ada beberapa jenis keuntungan yang bisa dinikmati secara langsung seperti:

  • Tas ini mudah untuk dibawa
  • Mudah untuk disimpan setelah digunakan
  • Bisa dibuat dengan bahan yang kuat atau disesuaikan dengan tujuan penggunaan.
  • Perubahan bahan membuat tas ini memiliki daya tarik yang berbeda.
  • Dapat digunakan untuk berbagai situasi dan acara.
  • Tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan khusus.
  • Bisa ditemukan dengan berbagai ukuran.
  • Mudah ditemukan dan harganya juga murah

Pada masa kini pada saat semua orang mulai menghindari tas plastik, tas ini bisa dijadikan alternatif untuk membawa barang belanjaan. Tas bisa dibuat dari bahan sintetis yang tahan air dan dapat menampung banyak barang belanjaan kemudian mengamankannya dengan menarik tali tas sehingga belanjaan dijamin tidak akan terkontaminasi udara buruk atau air.

 

Tas ini sebenarnya adalah benda yang sangat ajaib. Sebuah tas bisa digunakan untuk menyimpan beberapa tas dengan ukuran yang sama sehingga sangat baik untuk dibawa pada saat bepergian. Membawa barang keperluan dengan tas ini sangat praktis dan dapat memberikan perlindungan yang cukup baik. Keuntungan ini bahkan bisa ditingkatkan dengan memodifikasi tas. Kemudahan untuk membuat penyempurnaan atau modifikasi adalah keunggulan tersendiri dalam penggunaan tas jenis drawstring. Keunggulan ini tidak akan dapat disaingi oleh jenis tas lain dalam jenis apapun. Drawstring Bag bahkan bisa dibuat sendiri karena bentuknya yang sederhana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *