Umum

Rambutan: Buah Lezat Dengan Keunggulan Kesejahteraan

Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah asli dari Asia Tenggara.

Tumbuh di pohon yang dapat mencapai ketinggian hingga 27 meter dan tumbuh subur di iklim tropis, mirip dengan di Malaysia dan Indonesia.

Rambutan membeli gelarnya dari frasa Melayu untuk rambut karena buah yang berukuran seperti bola golf memiliki cangkang merah muda berbulu dan tidak berpengalaman. Penampilannya yang tidak salah biasanya dibandingkan dengan landak laut.

Buah dikatakan leci dan lengkeng buah dan memiliki tampilan analog ketika dikupas. Daging putihnya yang tembus cahaya memiliki gaya permen namun lembut dan terdiri atas biji di tengahnya.

Rambutan mungkin sangat bergizi dan harus memberikan manfaat kesehatan mulai dari penurunan berat badan dan pencernaan yang lebih tinggi hingga peningkatan resistensi terhadap infeksi.

Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kesehatan yang paling penting dari rambutan dan bagaimana orang bisa memakannya.

Kaya Vitamin dan Antioksidan

Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Dagingnya menawarkan bulat 1,3-2 gram serat utuh per 3,5 ons (100 gram) – sama seperti apa yang akan Anda temukan dalam jumlah apel, jeruk, atau pir yang identik.

Ini juga kaya vitamin C, nutrisi yang membantu tubuh Anda mengonsumsi zat besi secara ekstra sederhana. Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh Anda dari cedera. Mengkonsumsi 5-6 buah rambutan akan memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. (3, 4).

Rambutan juga mengandung jumlah tembaga yang sangat baik, yang melakukan pekerjaan dalam kemajuan dan pemeliharaan sel-sel yang beragam, bersama dengan tulang, pikiran, dan jantung koroner Anda.

Ini memberikan jumlah mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan seng yang lebih sedikit. Mengkonsumsi 3,5 ons (100 gram) – atau sekitar 4 buah – akan memenuhi 20% dari kebutuhan tembaga Anda setiap hari dan sepasang – 6% dari setiap hari disarankan jumlah vitamin yang berlawanan.

Kulit dan biji rambutan dianggap sebagai sumber vitamin, antioksidan, dan senyawa bermanfaat yang kaya. Meskipun beberapa orang memakannya, saat ini tidak ada yang dapat dimakan.

Pada kenyataannya, mereka tampaknya termasuk senyawa pasti yang mungkin beracun bagi manusia.

Memanggang biji dapat mengurangi hasil ini, dan orang-orang dari beberapa budaya tampaknya memakannya dengan cara ini. Meskipun demikian, data yang dapat diandalkan pada proses pemanggangan yang tepat saat ini tidak tersedia.

Sampai ekstra dipahami, bisa jadi paling aman untuk menghindari mengkonsumsi biji sama sekali.

RINGKASAN

Rambutan kaya akan serat, vitamin C dan tembaga dan terdiri dari sejumlah kecil vitamin yang berbeda. Kulitnya dan bijinya juga diisi dengan vitamin namun biasanya dianggap tidak termakan.

Mempromosikan Pencernaan yang Sehat

Rambutan dapat berkontribusi pada pencernaan yang sehat sebagai hasil dari kandungan seratnya.

Sekitar setengah dari serat dalam dagingnya tidak larut, yang menandakan bahwa serat tersebut melewati usus Anda yang belum tercerna.

Serat tidak larut memberikan jumlah besar ke feses Anda dan membantu mempercepat transit usus, sehingga menurunkan kemungkinan Anda mengalami sembelit.

Setengah bagian berlawanan dari serat larut. Serat larut menawarkan makanan dalam mikroorganisme usus yang berguna. Sebaliknya, organisme mikro yang menyenangkan ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, mirip dengan asetat, propionat, dan butirat, yang memberi makan sel-sel usus Anda.

Asam lemak rantai pendek ini dapat mengurangi iritasi dan meningkatkan tanda-tanda masalah usus, bersama-sama dengan sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

RINGKASAN

Rambutan adalah pasokan efektif serat larut dan tidak larut, yang dapat mencegah sembelit dan meningkatkan tanda-tanda masalah usus yang pasti.

Mungkin Membantu Penurunan Berat Badan
Mirip dengan sebagian besar buah-buahan, rambutan dapat mencegah berat badan mencapai dan mempromosikan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Pada putaran 75 energi dan 1,3-2 gram serat per 3,5 ons (100 gram), itu relatif rendah energi untuk jumlah serat yang disuplai.

Ini akan membantu Anda lebih kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi peluang makan berlebih dan mendorong penurunan berat badan seiring waktu.

Terlebih lagi, serat larut dalam rambutan dapat larut dalam air dan mengetik zat seperti gel di usus Anda yang membantu melambatkan pencernaan dan penyerapan vitamin. Ini mungkin juga menghasilkan penurunan dorongan untuk makanan dan emosi yang lebih besar dari kepenuhan.

Selain itu, rambutan memiliki jumlah air yang sangat baik dan akan membantu menjaga Anda terhidrasi, yang dapat mencegah makan berlebihan dan mendukung penurunan berat badan.

RINGKASAN

Rambutan rendah energi, tetapi kaya air dan serat. Campuran ini dapat mencegah makan berlebih dan membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama – yang masing-masing dapat mengurangi berat badan seiring waktu.

Mungkin Dapat Membantu Memerangi Infeksi

Buah rambutan mungkin berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat dalam sejumlah metode.

Sebagai permulaan, ini kaya akan vitamin C, yang dapat mendorong pembuatan sel darah putih yang tubuh Anda harus memerangi infeksi (25Trusted Supply).

Terlalu sedikit vitamin C dalam rencana penurunan berat badan Anda dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi (Suplai Terpercaya).

Terlebih lagi, kulit rambutan telah digunakan selama ratusan tahun untuk memerangi infeksi. Lihatlah penelitian tabung yang menggabungkan senyawa yang akan melindungi tubuh Anda dari virus dan infeksi bakteri (27, 28Trusted Supply, 29).

Meskipun demikian, meskipun beberapa orang memakan kulitnya, biasanya dianggap tidak termakan.

RINGKASAN

Sejumlah senyawa yang ditemukan di dalam daging dan kulit rambutan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu memerangi infeksi.

Keuntungan Potensial yang Berbeda

Rambutan mungkin menyediakan manfaat kesehatan lebih lanjut – perwujudan yang paling banyak diteliti:

Kurangi skala sebagian besar kanker: Sejumlah penelitian sel dan hewan menemukan bahwa senyawa dalam rambutan dapat membantu mencegah ekspansi dan membuka sebagian besar sel kanker.

Mungkin melindungi dari penyakit jantung koroner: Satu penelitian pada hewan mengkonfirmasi bahwa ekstrak yang dihasilkan dari kulit rambutan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida pada tikus diabetes.

Mungkin melindungi dari diabetes: Penelitian sel dan hewan melaporkan bahwa ekstrak kulit rambutan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah puasa dan resistensi insulin.

Meskipun menjanjikan, ketiga keunggulan lebih lanjut ini biasanya dikaitkan dengan senyawa yang ditemukan di dalam kulit atau biji rambutan – yang masing-masing jarang dikonsumsi oleh manusia.

Terlebih lagi, sebagian besar keunggulan itu hanya diperhatikan dalam analisis sel dan hewan. Dibutuhkan penelitian ekstra pada orang.

RINGKASAN

Senyawa yang terkandung dalam kulit rambutan dan biji-bijian mungkin menyediakan keamanan dibandingkan dengan sebagian besar kanker, diabetes, dan penyakit jantung koroner. Meskipun demikian, penelitian ekstra manusia dibutuhkan.

Buah Rambutan vs Lychee dan Longan

Begitu dikupas, buah rambutan mirip dengan leci dan lengkeng.

Ketiganya milik keluarga Sapindaceae – atau soapberry – identik, berkembang pada semak-semak asli Asia Selatan dan memiliki daging putih transparan dengan biji di dalam pusat. Profil diet mereka sangat terkait dengan baik.

Meskipun demikian, tampilan luarnya berbeda. Rambutan adalah yang terbesar dari ketiganya dan memiliki kulit tebal berwarna hijau kemerahan.

Leci hampir tidak lebih kecil dan memiliki kulit crimson yang bermasalah, bertekstur, sedangkan lengkeng memiliki coklat, pori-pori luar yang mudah dan kulit dilapisi dengan rambut-rambut kecil.

Rasa mereka juga berkisar nyaris. Rambutan umumnya digambarkan sebagai permen dan krim, sedangkan buah leci menghasilkan rasa permen yang lebih tajam. Lengkeng adalah permen paling sedikit dari ketiganya dan khas tart.

RINGKASAN

Buah rambutan dikatakan buah leci dan lengkeng. Terlepas dari rasa dan penampilan luar mereka yang sangat berbeda, daging mereka sebanding dalam warna dan profil makanan.

Cara yang Tepat untuk Makan Mereka

Rambutan dapat dibeli baik kontemporer, kalengan, sebagai jus atau selai.

Untuk memastikan buahnya matang, lihat warna paku-nya. Semakin merah mereka, riper buah kemungkinan akan.

Anda harus mengambil pori-pori dan kulit lebih awal daripada mengkonsumsinya. Untuk mengambil tindakan, iris bagian tengah pori-pori luar dan kulit dengan pisau, lalu peras dari sisi lain dari bawah. Buah putih harusnya bebas.

Permen, daging yang tembus cahaya menampung benih besar di bagian tengahnya, yang biasanya dianggap tidak bisa dimakan. Benih dapat dihilangkan dengan pisau atau dimuntahkan setelah memakan daging.

Daging dapat menambahkan rasa permen ke berbagai resep, mulai dari salad dan kari hingga puding dan lotion es.

RINGKASAN

Rambutan dapat dikonsumsi mentah dari buah segar atau kalengan. Dagingnya dapat dimanfaatkan untuk membuat jus atau selai dan dapat menambahkan sedikit rasa manis pada banyak resep.

Bahaya Potensial

Daging buah rambutan diperhitungkan aman untuk dikonsumsi manusia.

Kemudian lagi, kulitnya dan bijinya biasanya dianggap tidak termakan.

Sementara penelitian manusia saat ini hilang, penelitian hewan melaporkan bahwa kulitnya juga bisa beracun jika dimakan sering dan dalam jumlah yang sangat besar.

Khususnya ketika dikonsumsi mentah, biji tampaknya memiliki hasil narkotika dan analgesik, yang dapat memicu tanda-tanda seperti kantuk, koma dan bahkan sekarat.

Saat ini, pemanggangan adalah pendekatan yang diakui untuk melawan sifat narkotika murni dari biji yang belum dimasak.

Namun demikian, petunjuk yang jelas tentang belajar cara memanggangnya yang terbaik untuk memastikan keamanan bagi konsumsi manusia tidak tersedia.

Mungkin lebih baik untuk menjauhkan diri dari mengkonsumsi benih sampai analisis mengatakan dalam kasus lain.

RINGKASAN

Daging buah rambutan layak dikonsumsi manusia. Namun demikian, kulit dan bijinya juga bisa beracun jika dimakan mentah atau dalam jumlah yang sangat besar.

Garis Belakang

Terkait dengan buah leci dan lengkeng, rambutan adalah buah Asia Tenggara dengan cangkang berbulu dan permen, rasa krim, daging yang dapat dimakan.

Ini bergizi tetapi rendah energi dan akan membantu pencernaan Anda, sistem kekebalan tubuh dan pengurangan berat badan.

Meskipun beberapa orang memakan kulit dan bijinya, mereka biasanya dianggap tidak termakan.

Tapi, dagingnya bisa menambahkan rasa permen pada salad, kari, dan makanan penutup atau bisa dicintai dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *