Umum

Perbedaan Mencolok Antara Burung Samyong Jantan dan Betina

 

Deskripsi :

Salah satu burung kicau yang termasuk dalam daftar hewan endemik adalah burung samyong. Ada perbedaan yang mencolok antara burung dengan jantan. Simak apa perbedaannya.

Artikel :

Burung samyong merupakan salah satu dewan endemic yang berada di Nusa Tenggara. Luas Nusa Tenggara sendiri cukup sempit, yakni seluas 20.000 km2. Oleh karena itu, area kekuasaan burung terbilang sempit. Burung ini lebih dikenal dengan nama populer bare-throted whistler. Burung samyong menyukai hutan kering di dataran rendah. Hutan kering memudahkan burung untuk mencari serangga kecil di pepohonan.

Salah satu hal yang menarik dari burung samyong adalah suaranya yang lantang dan sangat merdu. Selain itu, dikenal pula sebagai burung yang cerdas. Burung samyong jantan dengan burung samyong betina memiliki perbedaan tersendiri. Apa saja perbedaan tersebut? Simak dibawah ini ya.

Perbedaan Antara Burung Samyong Jantan dan Burung Samyong Betina

Burung samyong ini memang memiliki kicauan yang merdu. Bahkan mampu menirukan berbagai macam suara yang gacor. Tak heran jika kerap dikenal sebagai burung 1001 suara. Tubuh burung samyong tidak terlalu besar, dengan panjang tubuh berkisar 18 – 19 cm. Lantas, dimana letak perbedaan burung jangan dengan burung betina? Berikut penjelasannya dari burung endemik satu ini.

  1. Warna Bulu

Warna bulu burung jantan adalah hijau zaitun dengan ekor berwarna gelap berukuran 7-10 cm. Kepala jantan berwarna hitam dan tenggokan tidak berbulu. Akan terlihat jelas tenggorokan berwarna merah maron saat sedang menjalani masa kawin. Saat masih kecil, ciri burung jantan sama seperti burung betina.

Bulu burung betina adalah hijau kekuningan sampai dengan ekornya. Kepala burung betina berwarna abu-abu tua. Tenggorokannya pun dipenuhi oleh bulu meski sudah mencapai usia dewasa.

  1. Bentuk Kepala

Bentuk kepala burung betina membulat. Selain itu, paruhnya berukuran lebih pendek. Kepada dari burung samyong jantan tidak terlalu bulat dan mudah dibedakan. Paruhnya tampak lebih panjang dibandingkan milik burung betina.

  1. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh burung samyong jantang secara keseluruhan adalah 18 hingga 20 cm. Ukuran tersebut mencakup paruh hingga ekor. Sedangkan burung samyong betina berukuran lebih kecil. Ukuran maksimal dari burung betina adalah 18 cm.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *