pendidikan

Pentingnya Belajar Mata Pelajaran PKn

Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang tentunya sudah diajarkan sejak Anda semua masih berada di Sekolah Dasar, sampai dengan perguruan tinggi. Pendidikan Kewarganegaraan ini juga dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat penting karena mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan.

Pentingnya Belajar Mata Pelajaran PKn

Dengan mempelajari mata pelajaran PKn ini, kita semua bisa mengetahui bagaimana cara menjadi warga Negara yang baik. Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan ini juga akan mengajarkan kita semua terhadap sejumlah nilai-nilai Pancasila yang harus diterapkan pada kehidupan setiap hari. Selain itu, kita semua pun bisa mengenal serta memahami banyak hal tentang Negara kita seperti bentuk Negara, bentuk pemerintahan dan lain sebagainya.

Pendidikan Kewarganegaraan ini juga mampu mengajarkan kita semua untuk menjadi warga Negara yang baik. Hanya saja, masih sering terjadi bahwa Pendidikan Kewarganegaraan ini masih diaggap remeh bahkan tidak penting. Banyak orang yang justru lebih focus pada mata pelajaran lain baik matematika, biologi Bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Alasan Belajar Mata Pelajaran PKn

Padahal, Pendidikan Kewarganegaraan ini adalah salah satu mata pelajaran yang begitu penting karena PKn ini sendiri juga tidak berhenti pada siswa yang mampu menguasai sejumlah materi. Hanya saja yang paling penting adalah bagaimana cara untuk menerapkan serta menginternalisasi sejumlah nilai moral dalam diri seseorang untuk menjadi yang terbaik.

Hal inilah yang membuat pentingnya untuk belajar PKn. Karena akan sangat disayangkan apabila generasi Indonesia ini cerdas secara akademik hanya saja tidak dibarengi dengan akhlak yang baik pula.

stocksnap.io

Mirisnya Tanpa Belajar Mata Pelajaran PKn

Pada saat ini, penanaman sejumlah nilai moral yang ada pada diri siswa memang sangat diperlukan. Karena ada banyaknya moral anak bangsa yang saat ini kian memburuk. Anda mungkin bisa melihat sendiri dari sejumlah berita penyimpangan serta kenakalan remaja yang sering kita dengar dalam sejumlah media yang ada di seluruh Indonesia.

Beberapa contoh penyimpangan tersebut seperti kekerasan yang terjadi di sekolah dan dilakukan oleh antar siswa yang melakukan tawuran, kemudian pergaulan bebas, bahkan penyalahgunaan narkoba. Hal ini tentu menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat pada Pendidikan Kewarganegaraan ini belum sepenuhnya terinternalisasi dalam diri siswanya masing-masing.

Lalu, bagaimana cara agar nilai-nilai moral yang diajarkan melalui PKN ini bisa tertanam pada diri siswanya sendiri? Belajar PKn juga mampu mengajarkan kita semua tentang politik serta bagaimana menjadi warga Negara yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan politik. Dengan kata lain, melalui PKn, diharapkan kita semua bisa menjadi warga Negara yang mengerti politik.

Dengan demikian, apabila ada banyak warga Negara yang sudah memahami akan politik, maka sudah bisa dipastikan bahwa tingkat partisipasi antar warga Negara juga akan meningkat. Bukan hanya itu saja, selama masa sekolah dari Sekolah Dasar PKn juga adalah mata pelajaran yang memperkenalkan kita semua tentang hukum.

Ada cukup banyak hal baik yang wajib untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan. Seperti menanamkan nilai-nilai moral sehingga kita semua bisa menjadi warga Negara yang memiliki akhlak yang baik.

stocksnap.io

Apa yang Dipelajari dalam Pendidikan Kewarganegaraan?

Pendidikan Kewarganegaraan ini merupakan salah satu bentuk pendidikan untuk generasi penerus yang memiliki tujuan agar mereka juga bisa menjadi warga Negara yang mampu berpikir tajam serta sadar tentang hak dan juga kewajiban dalam hidup bermasyarakat dan juga bernegara.

Bukan hanya itu saja, pendidikan ini juga memiliki tujuan untuk membangun kesiapan seluruh warga Negara agar menjadi warga dunia yang cerdasr. Adapun beberapa materi yang biasanya diajarkan dalam Pendidikan Kewarganegaraan ini. Beberapa bahasan pentingnya yang diajarkan yang bisa Anda pelajari dengan belajar gratis PKn yang mudah yaitu:

  • Hak Asasi Manusia

Dalam bahasan ini, para generasi penerus bangsa akan diajarkan tentang hak-hak manusia yang hidup di dunia ini. Selain itu, mereka juga akan diberikan sebuah pemahaman tentang betapa pentingnya menghargai serta menghormati hak-hak manusia tersebut.

  • Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Sebagai warga Negara Indonesia, generai penerus bangsa ini akan diberikan sebuah pemahaman tentang proses berbangsa serta bernegara, hak dan kewajiban seorang warga Negara Indonesia terhadap negerinya.

  • Bela Negara

Dalam bahasan ini, mereka akan diberikan sebuah pemahaman tentang makna dari bela Negara. Kemudian mereka juga aka diberikan contoh bela Negara yang bisa dilakukan. Bukan hanya itu saja, ada juga pemahaman tentang demokrasi Pancasila.

stocksnap.io
  • Wawasan Nusantara

Dalam Wawasan Nusantara, mereka juga akan belajar tentang sejarah Bangsa Indonesia.

  • Ketahanan Nasional

Dalam bahasan ini, mereka juga akan diberikan sebuah pemahaman tentang konsep ketahanan nasional yang bisa menjamin kelangsungan hodup dalam Berbangsa dan Bernegara.

  • Politik Strategi Nasional

Dalam pembahasan politik strategi nasional, para generasi penerus akan belajar tentang politik serta strategi nasional yang memiliki tujuan untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga perdagangan bebas.

Jadi, itulah sejumlah pemahaman tentang salah satu mata pelajaran penting yang bisa Anda pelajari yaitu PKn. Untuk memahami pelajaran ini, Anda semua bisa belajar melalui situs yang lengkap yaitu edutore.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *