Umum

Mengenal Ikan Dugong Si Mamalia Laut

 

Deskripsi:

Ikan dugong merupakan salah satu hewan mamalia laut yang mempesona. Ingin tahu seperti apa pesona ikan ini? Simak selengkapnya informasi ikan dugong di bawah ini.

 

Artikel:

Ikan dugong atau dugong dugon merupakan jenis mamalia laut pemakan rumput laut. Ikan ini tergolong dalam anggota ordo sirenia yang diyakini berevolusi dari mamalia darat yang berkaki. Walaupun hidup didalam air, mamalia laut ini bernafas dengan menggunakan paru-paru dan menyusui anaknya. Ikan dugong biasanya hidup diperairan hangat.

 

Ikan dugong banyak ditemukan di perairan China, Jepang, Jordania, Australia bagian utara, Bahrain, Brunei Darussalam, Kamboja, Kenya, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon, Komoro, Madagaskar, Malaysia, Mesir, Djibouti, India, Indonesia, Mayotte, Mozambiq, Palau, Papua Nugini, Filipina, Qatar, Saudi Arabia, Singapura, Somalia, Sudan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Timur Leste, Vietnam dan Yaman.

 

Meskipun tersebar hampir di seluruh perairan tropis di dunia, ikan dugong masuk dalam daftar hewan yang hampir punah. Rusaknya ekosistem lamun menjadi salah satu penyebab ikan dugong semakin langka ditemukan. Bagi anda yang belum sempat melihat langsung ikan dugong, mari mengenal ikan ini dengan membaca informasi dibawah ini.

 

Fakta Menarik Ikan Dugong Si Mamalia Laut

Ikan dugong memiliki keunikan yang membuatnya masuk ikan yang mempesona. Apa saja pesona dan fakta menarik ikan dugong ? Mari simak informasi berikut:

 

  1. Ukuran Tubuh Ikan Dugong

Ikan dugong dewasa memiliki fisik tubuh besar dengan berat 225 hingga 450 kilogram (kg). Panjang tubuh ikan ini sekitar 2,5 hingga 3 meter (m). Kulit ikan dugong tebal, licin dan keras serta memiliki warna abu-abu kebiruan.

 

  1. Bentuk Kepala Ikan Dugong

Ikan ini memiliki kepala bulat dan mata yang kecil sehingga penglihatannya terbatas, namun pendengarannya sangat tajam. Lubang hidung ikan ini terletak di bagian atas moncong, dan terdapat bulu di bibir atas.

 

  1. Perkembangbiakkan Ikan Dugong

Ikan dugong mampu hidup mencapai usia 70 tahun. Perkembangbiakkan ikan ini terbilang lambat dengan interval beranak 3 hingga 7 tahun sekali. Seekor ikan dugong hanya bisa melahirkan satu kali selama periode kehamilan. Itulah mengapa manusia seharusnya membantu menjaga kelestarian ikan dugong dengan menjaga habitat hidupnya.

 

Demikian informasi singkat mengenai ikan dugong. Semoga menambah wawasan pengetahuan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *