Islam

Dakwah Singkat Bersyukur Dan Berhijrah

Berdakwah merupakan jalan terbaik dalam menyiarkan ajaran agama islam dan cara terbaik untuk mengajak sesama umat muslim dalam kebaikan atau insaf dari keburukannya. Upaya meningkatkan keimanan seseorang emmang harus dengan diingatkan jadi kita sebagai manusia tidak melulu memikirkan dunia sampai lupa akhirat. Allah selalu mengingnkan umatnya untuk selalu berada di jalanNya. Dengan adanya dakwah ini membuat orang yang berilmu atau pandai dalam agama mampu mengajak kepada kebaikan. Tetapi tidak jarang juga orang akan bosan jika mendengarkan ceramah tentang agama, maka dari itu dengan adanya dakwah singkat dapat membantu anda lebih tertarik. Maka dari itu, dakwah disampaikan secara singkat dan mengenakan kaos dakwah dapat membantu umat muslim lebih tertarik tentang apa yang disampaikan.

Contoh Dakwah

Anda juga bisa membawakan dakwah singkat ini ke teman atau umat muslim lainnya untuk disampaikan. Nah, agar lebih jelas lagi pada artikel ini akan kami ulas tuntas mengenai dakwah singkat.

pxhere.com
  1. Contoh Dakwah Bersyukur

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat iman sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhamamd SAW. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, serta para pengikutnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya. Aamiin. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Tentang Syukur. Syukur dalam aplikasinya mempunyai banyak dimensi dan warna berbeda.

Syukur dalam agama kita memiliki peranan penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati. Kalau kita bisa melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan meliat bahwa salah satu akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan membuat perilaku yang baik dan tepat. Hal itu dijelaskan dalam firman Allah SWT yaitu surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172 tentang keharusan bersyukur

Dalam ayat satunya Allah berfirman “Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya” Dua ayat diatas memerintahkan untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri. Seorang khalifah Umar bin Khattab pernah berkata tentang syukur, seperti juga yang pernah Rasulullah SAW katakan bahwa urusan seorang muslim itu selalu baik. Apakah ia tertimpa musibah atau sedang dalam keadaan senang. Kemudian, apa yang membuat urusan nya selalu baik? Jawabannya yaitu, apabila dia ditimpa musibah dia bersabar, dan apabila ia ditimpa kesenangan atau kenikmatan ia bersyukur.

Jadi menjadi muslim tidaklah merugi, karena dalam setiap keadaan dia mempunyai pilihan sikap yang sudah Allah ridhoi, yaitu dengan bersyukur mengenai. Dalam sabda Rasulullah SAW bersabda dalam HR. Muslim, bahwa urusan seorang mukmin adalah perbuatan yang baik. Hal baik ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Seorang yang baik apabila mendapatkan suatu kesenangan, dia akan bersyukur. Sebaliknya apabila tertimpa musibah atau kesusahan, mukmin akan bersabar, maka yang perbuatan itu merupakan kebaikan pula baginya

pxhere.com

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Contoh Dakwah Berhijrah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat iman sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhamamd SAW. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, serta para pengikutnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya. Aamiin. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Tentang hijrah.

 

Jika anda adalah orang muslim, maka anda harus berusaha dengan sungguh-sungguh menjadi muslim yang sempurna, karena dengan muslim yang baik, maka hablun minallah wahablun minannasi benar-benar bisa terjalin dengan sebenarnya, yakni sesuai dengan syariat Islam. Dengan upaya yang baik, maka kita bisa menjadi orang yang sempurna Islamnya. Seseorang disebut Islamnya sempurna, apabila dalam hidup menyelamatkan orang Islam Lainnya, baik dari gangguan lidah atau menjaga lisan, maupun tangannya. Untuk itu dalam pergaulan sehari-hari kita harus mampu menjaga lisan jangan sampai berkata-kata yang menyakitkan hati orang lain. Dan juga jangan sampai tangan kita menyakiti orang lain.

pxhere.com

Disebut juga orang yang sempurna Islamnya, bila dalam kehidupan senantiasa meninggalkan pekerjaan jahat, dan beralih kepada kebajikan, dan inilah dinamakan hijrah yang sebenarnya. Dalam hal ini Nabi saw bersabda, yang artinya:

Orang yang sempurna Islamnya, ialah orang yang menyelamatkan orang Islam lainnya dari gangguan lidahnya dan tangannya, dan orang yang berhijrah sebenarnya itu ialah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah swt.”

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ulasan diatas mengenai contoh dakwah singkat semoga bisa menjadi refrensi untuk anda.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *