Wisata

8 Tempat Wisata Misteri di Jogja, Berani Uji Nyali?

Jogja atau Yogyakarta selain menjadi kota yang memiliki destinasi wisata menarik, ternyata Jogja juga merupakan kota yang menyimpan segudang misteri. Hal ini tentunya sangat cocok nih bagi kalian yang suka dengan hal-hal yang berbau misteri. Penasaran? Yuk cek beberapa tempat wisata misteri di Jogja di bawah ini

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg  berdiri pada tahun 1760 dan menjadi tempat tahanan Belanda pada masanya. Seperti layaknya bangunan tua lainnya, benteng ini juga memiliki banyak kisah misteri. Menurut beberapa sumber, kisah misteri yang terjadi di benteng ini mulai dari penampakan hantu pasukan tentara Belanda tanpa kepala, suara teriakan, hingga hantu Noni Belanda berkaki kuda.

Kandang Menjangan / Panggung Krapyak

Bangunan tua ini dalam sejarahnya didirikan untuk memperingati kerabat keraton yang meninggal karena diseruduk oleh menjangan atau kijang. Panggung Krapyak berbentuk persegi yang terbuat dari beton ini berlokasi di Jln. KH. Ali Maksum, Sewon. Bangunan ini dulunya merupakan tempat beristirahat kerabat keratin saat berburu.

Seiring berjalannya waktu, bangunan ini menjadi tidak berpenghuni, semakin tertutup dan tampak gelap. Hal ini menyebabkan bangunan ini menjadi terlihat sangat mencekam. Apalagi di malam hari, menurut cerita dari para warga, ada sosok perempuan berbaju putih dan berambut panjang yang menghuni bangunan ini.

Untuk Kamu yang ingin mengunjungu tempat ini, wajib harusnya meminta izin dari juru kunci. Dari beberapa sumber mengatakan, jika nekat memasuki tempat ini tanpa izin dari juru kunci menimbulkan berbagai hal ganjil yang mungkin bisa terjadi.

pexels.com

Ambarrukmo Plaza

Kalian pasti terheran-heran bukan tempat ramai seperti Plaza ternyata juga menyimpan berbagai kisah misteri, yups cuma ada di Jogja nih, namanya Ambarrukmo Plaza.  Mall Amplaz  ini dulu merupakan tempat peristirahatan Sultan Hamengkubuwono VII yang dilengkapi dengan kolam, kebun buah, hingga kandang kuda.

Banyak kisah misteri yang terjadi di Mall Amplaz ini, seperti tukang bangunan yang kesurupan, eskalator yang tiba-tiba mati dan hidup kembali setelah diberi kembang tujuh rupa, hingga ada rumput yang tidak bisa dipangkas.  Menurut cerita, juga ada hantu yang kerap menjelma jadi pengunjung dan masuk ke toilet lantai 1. Serem bukan?

 Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa Jogja

Bangunan ini terletak tidak terlalu jauh dari objek wisata Gunung Merapi. Bangunan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Bangunan ini memiliki kerusakan yang parah saat terjadi erupsi Gunung Merapi, pada tahun 1994. Erupsi ini yang menjadikan bangunan Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa tidk terawat lagi dan menjadi salah satu tempat angker di Jogja.

Cerita mistis di tempat ini seperti Noni Belanda yang kerap terlihat muncul di lantai dua, hingga suara tangisan yang terdengar mengerikan di malam hari. Baru dengar ceritanya aja bikin merinding nih. Bangunan ini semakin terlihat menyeramkan karena cat yang sudah mengelupas dan kusam, serta adanya pohon tua di sekitar bangunan.

pexels.com

 Alun-alun Kidul

Tempat angker di alun-alun kidul ini berpusat di dua pohon beringin kembar. Sejak zaman kesultanan, di tempat ini selalu diadakan tradisi yang disebut Masangin (tradisi berjalan dengan mata tertutup melintasi beringin kembar), yang dilakukan  oleh para prajurit dan abdi dalem saat melakukan tradisi topo bisu  setiap malam satu suro. Menurut mitos dan kepercayaan dari masyarakat setempat,  di tengah kedua pohon beringin kembar tersebut terdapat jimat tolak bala yang bisa digunakan untuk mengusir musuh.

 

Keraton Jogja

Keraton Jogja merupakan tempat yang paling utama dikunjungi jika Kamu berkunjung ke Jogja bukan?. Nah ternyata tempat ini juga menyimpan hal-hal misteri lo? Apa saja itu? Menurut beberapa cerita, Keraton Jogja banyak dijaga oleh makhluk-makhluk halus. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjaga sikap dan perkataan jika memasuki tempat ini, hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bundaran Teknik UGM

Tempat angke selanjutnya berada di dalam kampus terkenal di Jogja nih, yups Universitas Gajah Mada (UGM). Salah satu fakultas di UGM, yaitu Teknik terkenal memiliki bundaran yang dipercaya angker lho, Menurut cerita, saat melewati lokasi ini sangat pantang menyanyikan lagu ‘Gugur Bunga’. Jika hal itu dilakukan, makan arwah para pejuang bakal datang dan ditandai dengan bau-bau aneh seperti bau kemenyan hingga bau bunga.

pexels.com

Rumah Kentang Kotabaru

Rumah Kentang Kota baru saat ini digunakan sebagai kantor bank. Namun sebelumnya  rumah ini sepi banget dan tak berpenghuni, serta diyakini angker. Banyak cerita dari warga sekitar tercium aroma kentang dari rumah sebagai pertanda adanya Genderuwo serta lonceng kecil yang berada di depan pintu rumah yang sering bunyi sendiri.

 

Bagaimana serem bukan? Apa kamu berani berwisata misteri ke tempat-tempat diatas?, berani dong kan siang hari. Ohiya, jika kalian mau uji nyali nih tidak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat tersebut malam-malam, tapi harus ada pendampingnya. Nah di Jogja ada komunitas yang rutin mengadakan acara yang bertajuk Wisata Misteri selama satu bulan sekali. Mungkin Kamu bisa gabung dan uji nyali? Berani?. Selain itu di jika ingin berwisata di Jogja kamu dapat juga memilih paket wisata jogja. Selamat Berwisata

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *