Umum

Manfaat Pohon Kelapa dan Bagian Pohon Lainnya

 

 

Deskripsi

Walaupun banyak dijumpai dan digunakan, tidak banyak yang mengetahui bahwa benda disekitarnya terbuat dari pohon kelapa. Benda apakah yang dimaksud?

 

Artikel

Kelapa dan pohonnya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dari seluruh bagian pohon Kelapa, seluruhnya pula dapat dimanfaatkan bagi kehidupan. Sayangnya, walaupun sudah digunakan dan memberikan banyak manfaat, tidak banyak yang mengetahui bahwa benda-benda tersebut dibuat dari tumbuhan kelapa. Karenanya, Kelapa sering dipandang sebelah mata dan dianggap hanya memberikan kelapa saja. Untuk itu, kali ini akan dijelaskan beberapa benda yang terbuat dari tumbuhan kelapa dan bermanfaat untuk kehidupan manusia.

 

Beragam Hasil Olahan dari Buah dan Pohon Kelapa

Untuk menambah informasi tentang pohon kelapa dan buahnya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hasil olahan dari kelapa yang banyak dijumpai di masyarakat. Berikut informasinya,

  1. Ketupat

Daun yang digunakan untuk membuat ketupat, merupakan daun yang telah dibersihkan dari daun kelapa. Setiap daun dipisahkan dari tulangnya dan akhirnya dijadikan sebagai ketupat. Namun tidak semua daun dapat dijadikan ketupat, karena hanya daun-daun yang kuat dan muda yang dapat dilipat menjadi sebuah ketupat.

  1. Sapu Lidi

Bagian berikutnya merupakan bagian tulang sisa daun kelapa yang dijadikan ketupat. Bagian tulang ini dipotong menjadi beberapa bagian dan akhirnya disatukan kembali. Setiap bagian yang direkatkan akan menjadi sapu lidi. Sapu inilah yang biasanya digunakan untuk membersihkan halaman sekitar rumah.

  1. Minuman

Buah dari pohon ini dapat dijadikan sebagai minuman dan bahan campuran makanan. Hal ini karena buah kelapa memiliki rasa yang nikmat. Terlebih jika dicampurkan dengan bahan minuman lainnya, seperti es batu dan gula. Rasa yang diberikan oleh buah kelapa akan semakin nikmat. Terlebih, buah kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Jembatan

Sementara itu, bagian batang dari pohon banyak dijadikan sebagai jembatan untuk menyebrangi sungai kecil. Keadaan ini terjadi, jika ada masalah mendesak. Utamanya, saat jembatan terputus dan belum sempat mendapatkan penanganan lebih.

Jika belajar dari banyak buku dan media, masih terdapat hasil olahan lain yang akan ditemukan. Jadi, jangan malas untuk mencari tahu dan menggali lebih dalam. Karena mungkin saja terdapat manfaat pohon kelapa yang belum diketahui banyak orang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *