teknologi

Fitur-Fitur Hebat Android Oreo

Android tidak mau kalah dalam penampilan ketika berhadapan dengan jenis sistem operasi lain. Android oreo diciptakan untuk tujuan ini dan masih tetap menggunakan orientasi khusus dalam pengembangan sistem operasi yaitu peningkatan dalam kenyamanan penggunaan smartphone. Ada beberapa fitur dari sistem operasi baru ini yang memberikan modifikasi, perbaikan atau tambahan pada sistem yang sudah dikenal sebelumnya. Ada juga yang diambil dari sistem operasi lain dan diadaptasi sehingga dapat bekerja dengan baik pada sistem android. Semua hal ini disiapkan dalam pertandingan antara Android dan IOS dalam masalah sistem operasi terbaik. Pengguna yang menginginkan fitur ajaib dan efektifitas penggunaan aplikasi akan dapat menemukan keduanya pada sistem operasi ini.

 

Fitur Baru Android Oreo

Yang pertama dan paling utama adalah sebuah sistem yang disebut dengan PIP. PIP adalah singkatan dari Picture in Picture yang memberikan pengguna android kesempatan untuk melakukan hal lain dengan smartphone mereka sementara menyimpan sebuah jendela kecil aplikasi yang sebelumnya digunakan. Sistem ini diutamakan untuk menonton video YouTube, Netflix dan Google Duo. Ini hanyalah merupakan rancangan awal dari sistem ini dan kemudian akan ditambah dengan menggunakan sistem yang sama untuk google map. Sistem ini memungkinkan pengguna yang sedang menonton dalam mode fullscreen untuk memperkecil layar dengan mengetuknya. Pengguna dapat mengakses aplikasi lain sementara video terus berjalan. Layar kecil ini hanya disediakan untuk satu jenis aplikasi. Pengguna bisa menggeser, memperkecil, memperbesar layar kemudian menggesernya keluar untuk menghilangkan layar kecil ini dari layar smartphone dan mematikan video.

pxhere.com

Sistem autofill biasanya hanya digunakan pada google chrome. Saat ini Leskompi telah mendeteksi bahwa sistem yang sama telah berpindah pada sistem operasi android dan dapat digunakan pada berbagai jenis aplikasi yang ada di smartphone anda. Sistemnya sama yaitu dengan mengawali pengetikan username dan anda akan mendapatkan pilihan saran dan menggunakannya untuk mengisi data lengkap. Fitur ini berlaku untuk berbagai data dan aplikasi seperti:

  • Nomor rekening
  • Informasi Kartu kredit
  • Alamat
  • Username
  • Password
  • Nama
  • Dan jenis data lainnya

Hampir semua aplikasi yang terpasang pada sistem operasi android mendapatkan keuntungan autofill.

 

Melakukan copy dan paste merupakan sebuah kegiatan yang cukup merepotkan. Ketika anda membutuhkan bagian dari sebuah pesan untuk disimpan dalam aplikasi lain akan ada kesulitan untuk menggunakan navigasi pemilih agar mendapatkan apa yang diinginkan. Kesulitan ini menjadi lebih besar dengan orang yang memiliki jari besar. Sistem android memungkinkan anda menggunakan sistem tahan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan atau bahkan mengutuk dua kali dimanapun pada layar untuk mendapatkan data seperti nomor telepon, alamat, alamat email dan bahkan nama orang atau nama tempat. Sistem bahkan mengarahkan anda pada aplikasi terkait seperti Google map ketika memilih alamat atau nama tempat.

pxhere.com

Penyempurnaan Fitur dalam Sistem Andorid

Walaupun terkesan tidak menarik tapi penyempurnaan ini bisa membawa anda pada tingkat penggunaan dan navigasi yang lebih baik pada smartphone. Misalnya pada sistem pemeberitahuan. Biasanya anda mendapatkan pemberitahuan pada layar navigasi yang diturunkan dari atas layar smartphone. Sekarang sistem baru diterapkan untuk menambah mode pemberitahuan dengan memberikan titik pada aplikasi yang memiliki pemberitahuan baru. Pemberitahuan bisa dilihat dengan mengetuk dan menahan aplikasi tersebut. Ini adalah sistem yang diambil dari iOS dan diaptasi ke dalam sistem android.

 

Mempercepat sistem operasi berhasil dilakukan dengan baik pada pembaruan ini. Waktu persiapan menyala Android oreo yang biasanya membutuhkan 35 detik diturunkan menjadi 13 detik. Sistem ini merupakan modifikasi yang membuat smartphone mampu melakukan pekerjaan yang biasanya digunakan dengan menggunakan bantuan cloud secara mandiri. Sebuah sistem yang disebut dengan TensorFlow Lite memungkinkan smartphone mempelajari interaksi pengguna dengan cloud dan menciptakan jalan untuk melakukannya sendiri.

 

Sudah ada banyak sistem yang meringkankan pekerjaan baterai. Bahkan sistem ini selalu dimasukkan ke dalam setiap update sistem operasi jenis apapun. Jika sebelumnya kegiatan program latar belakang hanya diredam dengan sistem baru ini pengguna dapat membatasi kegiatan program ini secara langsung. Sistem ini juga memberikan peringatan ketika ada aplikasi yang sedang bekerja di latar belakang. Hal ini akan memudahkan anda untuk melacak kegiatan smartphone anda sendiri dan mengatur pekerjaannya.

pxhere.com

Fitur terakhir adalah sebuah sistem pemeriksaan aplikasi yang disempurnakan. Sebelumnya sistem android telah memeriksa semua aplikasi dan menghapus aplikasi yang buruk atau merusak. Sekarang sistem operasi ini akan memberikan peringatan bahwa sistem sedang melakukan pemeriksaan dan memberikan pernyataan ketika aplikasi yang digunakan aman. Sistem ini disebut dengan Google Play Protect yang memberikan kejelasan untuk keamanan aplikasi yang digunakan.

 

Memiliki smartphone canggih tidak akan lengkap tanpa dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Pembaruan sistem operasi android ini  memberikan semuanya. Penggunaan fasilitas yang telah disediakan menjadi jauh lebih baik lebih efisien dengan sistem operasi Android oreo. Smartphone menjadi memiliki cara untuk memudahkan penggunanya lebih jauh hingga tidak perlu mengetik hal yang sama berulang-ulang atau bersusah payah untuk mendapatkan data yang mereka inginkan dari rangkaian tulisan yang panjang. Ditambah dengan pilihan untuk langsung menghubungkan data tersebut dengan aplikasi terkait yang tentu saja sangat memudahkan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *