Umum

Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

 

Ikan Mas termasuk dalam saah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Terdapat banyak jenis Ikan Mas ini di dunia, melainkan hanya beberapa saja yang umum diketahui oleh masyarakat. Sedangkan, di Indonesia Ikan Mas ini mulai dikembangbiakkan pada tahun 1920an. Lain jenis nya maka lain pula dalam cara budidaya atau pemeliharaanya. Seperti halnya Ikan Mas yang biasa dikonsumsi bisa Anda temui di kolam atau empang tempat budidaya yang biasanya dijual di pasaran. Selain sebagai konsumsi, ikan ini juga bisa dijadikan sebagai ikan hias yang ditempatkan pada akuarium. Berikut adalah beberapa jenis Ikan Mas baik yang dikonsumsi ataupun sebagai ikan hias

Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias

  1. Ikan Mas Punten

Seperti namanya, ikan ini ditemukan di Desa Punten, Malang, Jawa Timur. Ditemukan sekitar tahun 1930an. Banyak orang menyukai ikan ini karena ukuran punggungnya yang lebar dan tidak terlalu banyak duri. Oleh karena itu, Ikan Mas Punten ini sangat cocok untuk dikomsumsi karena memang memiliki banyak daging di punggungnya, terutama Punten yang berukuran besar.

  1. Ikan Mas Majalaya

Ciri khas dari jenis Majalaya ini adalah memiliki warna yang gelap yaitu hijau ke abu-abuan. Dahulu pertama kali ditemukan di daerah Majalaya, Bandung. Oleh sebab itu, dinamai sesuai dengan tempat penemuannya. Alasan mengapa ikan ini sangat banyak digemari dan dipilih sebagai salah satu Ikan Mas konsumsi karena pertumbuhannya yang relatif cepat dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Sehingga, banyak juga orang yang memilih untuk budidaya Ikan Mas jenis ini, karena diperkirakan akan lebih cepat menguntungkan.

Kedua jenis Ikan Mas diatas merupakan Ikan Mas yang biasa dikonsumsi, sedangkan jenis Ikan Mas Hias adalah sebagai berikut

  1. Ikan Koi

Banyak digemari sebagai ikan hias karena warna nya yang cerah seperti orange dan kuning kemerahan pada umumnya.

  1. Ikan Mas Kumpay

Jenis ikan ini juga sudah sangat populer sebagai ikan hias di kalangan masyarakat karena keindahan siripnya saat berenang serta sisiknya yang berwarna-warni seperti hijau gelap, merah, putih dan kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *