Bisnis

Siapkan Beberapa Persyaratan Ini Saat Anda Berencana Memiliki Domain .net Untuk Website

Domain lain yang dapat digunakan untuk membuat website adalah .net. Domain ini banyak digunakan untuk kebutuhan network infrastuktur. Artinya, domain ini digunakan keperluan perusahaan yang bergerak dalam bidang internet atau jaringan. Dalam perkembangannya, domain .net kini dipergunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti usaha warung internet atau jenis usaha lainnya. Tujuannya, agar website menjadi media promosi yang akan mendatangkan banyak pengunjung.

 

Dalam usaha mengembangkan brand atau jasa dengan website, dibutuhkan pekerjaan ekstra untuk mendapatkan domain yang dimaksud. Karena pembuatan domain ini tidak sembarangan dan membutuhkan dokumen-dokumen terentu sebagai persyaratan. Masalahnya, tidak semua orang mengetahui bahwa pembuatan domain ini membutuhkan persyaratan berupa dokumen-dokumen penting. Lantas, persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat domain tersebut?

pxhere.com

Mengenal Domain .net Lebih Dalam

Sebelum menjelaskan tentang persyaratan yang harus dimilikki dalam pendapatkan domain ini, penting untuk mengetahui makna dari domain ini. Domain .net sendiri merupakan ranah internet kelas atau tingkat teratas yang digunakan untuk sistem penamaan domain. Tujuan utama penggunaan domain ini adalah organisasi yang bergerak dalam hal jaringan, seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang ini.

 

Bila dibandingkan dengan domain lain, domain ini cukup sering digunakan. Bahkan banyak dijadikan sebagai alternatif dari domain .com yang telah banyak digunakan. Hal ini karena .net dapat digunakan untuk beragam kebutuhan. Namun dikhususkan pada perusahaan ataupun penyelenggaran jasa internet lainnya. Setelahnya, akan dijelaskan tentang apa saja persyaratan dari penggunaan domain ini.

pxhere.com

Persyaratan Penggunaan Domain .net Untuk Website

Dalam rangka mendapatkan domain yang menarik, anda harus menyiapkan beberapa persyaratan. Persyaratan yang dimaksud akan dijelaskan dalam informasi berikut ini,

  1. Nama Domain

Nama domain yang dibuat harus sesuai dengan kriteria penamaan. Kriteria penamaan dapat diketahui dengan membaca artikel tentang tips pembuatan nama domain yang telah dibuat sebelumnya. Atau saat membutuhkan nama domain yang unik dapat meminta bantuan dari jasa pembuatan website untuk membantu anda dalam pembuatannya.

  1. Nama Domain Tidak Bertentangan dengan Hak Paten/Merk

Setelah disesuaikan dengan aturan yang berlaku, anda harus memperhatikan tentang sudah sesuaikah nama tersebut dengan HaKi atau IPR. Serta, perhatikan apakah nama tidak sama dengan brand atau merk lain yang telah ada sebelumnya. Jika sudah tidak ada nama brand yang sama, berarti nama sudah dapat digunakan untuk kebutuhan website.

  1. KTP yang Berlaku

Berikutnya anda harus mempersiapkan identitas yang valid dan masih berlaku. Identitas yang berlaku dapat ditunjukkan dengan KTP, SIM atau paspor yang ada. Jika diperlukan, buatlah fotocopy dari identitas yang dimilikki. Sehingga, persyaratan yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan mudah dan proses dapat berjalan dengan lebih cepat.

  1. Surat Kepemilikan Merk

Setelah memiliki KTP dan nama domain yang sesuai peraturan, anda harus memiliki surat kepemilikan merk sebagai persyaratan berikutnya. Surat kepemilikan merk memiliki banyak manfaat untuk menjaga keamanan brand. Tujuannya, agar brand yang dimilikki tidak diambil oleh pihak lain, sehingga terjaga keamanannya dan tidak disalahgunakan pihak lain.

  1. Surat Izin Usaha Telekomunikasi

Karena digunakan oleh perusahaan telekomunikasi, anda membutuhkan surat izin usaha telekomunikasi. Surat ini berupa ISP, telco, seluler dan yang lainnya. Jika anda belum memiliki surat izin, sebaiknya buat sekarang juga. Sehingga proses pembuatan websit dengan domain yang dibutuhkan dapat terselesaikan dengan segera.

  1. Dana Untuk Pembelian Domain

Karena harus melakukan pembayaran, pengguna harus memiliki dana untuk pembelian domain. Domain dalam bentuk .net memiliki harga yang cukup mahal. Karenanya, dibutuhkan persiapan daa dalam waktu yang lebih panjang agar dana yang dimilikki mencukupi. Jika tidak, sebaiknya pikirkan kembali apakah akan tetap menggunakan layanan ini atau sebaliknya.

pxhere.com
  1. NPWP

Karena saat ini semua perusahaan diharuskan wajib pajak, maka dalam pembuatan domain net, juga dibutuhkan lampiran berkas NPWP. Tidak perlu khawatir, karena proses pembuatannya cukup mudah. Sedangkan jika masih dalam proses pembuatan, anda dapat melampirkan surat atau akta dari notaris yang melegalkan keberadaan perusahaan yang dimilikki.

  1. Tidak Melanggar Hukum dan Norma yang Berlaku

Dalam penulisan nama domain, anda tidak boleh menggunakan nama yang sembarangan. Biasanya penyedia jasa akan meminta untuk tidak menggunakan nama yang melanggar hukum atau norma lainnya. Jika hal ini terjadi, tidak hanya ditolak untuk pembuatan domain, kemungkinan besar, tidak banyak ada penyedia jasa yang akan membuatkan domain.

  1. Penyedia Jasa Pembuatan Domain

Terakhir dan yang terpenting adalah memperhatikan apakah ada penyedia jasa yang dapat membuat domain untuk anda. Usahakan untuk memilih penyedia jasa yang terbaik dan memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga, produk yang dihasilkan juga sesuai dengan harapan. Untuk mendapatkan penyedia jasa terbaik, mintalah rekomendasi dari kerabat terdekat.

Setiap persyaratan yang belum dimilikki, harus segera dilengkapi. Sehingga proses pembuatan domain .net dapat dilakukan dengan cepat dan domain dapat segera digunakan. Jika masih terkendala dengan layanan dan informasi terkait, sebaiknya cari tahu informasinya melalui jasa pembuatan website. Dengan jasanya akan diketahui berbagai informasi lebih tentang domain yang satu ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *