Umum

Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan dan Kecantikan

 

 

Buah duku merupakan salah satu buah yang banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia. Buah ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Rasanya yang manis serta enak membuat duku banyak dibudidayakan masyarakat. Buah musiman ini identik dengan Palembang. Hal tersebut karena pemasok duku yang paling banyak berasal dari daerah Banyu Asin tepatnya Musi Rawas. Duku selain nikmat untuk disantap juga memiliki banyak manfaat lain baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

 

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Buah dukuh merupakan jenis buah dengan kandungan nilai gizi yang tinggi. Kandungan yang terdapat di dalamnya meliputi kalori, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi serta fosfor. Kandungan vitamin yang tidak kalah penting juga tersedia di dalamnya. Penelitian terkait kandungan vitamain dalam 100 gram buah menunjukkan bahwa terdapat vitamin B1 0,05 mg dan vitamian C 9 mg. Tidak heran jika dari segi kesehatan, buah yang satu ini memiliki banyak manfaat.

 

Manfaat utama dari duku untuk kesehatan adalah sebagai sumber antioksidan. Dewasa ini semakin banyak radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh. Sifatnya yang oksidatif sangat berbahaya jika terdapat dalam jumlah yang banyak. Radikal bebas dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sel yang dapat mengarah ke kanker. Untuk menghilangkan dampak buruk radikal bebas, maka solusinya adalah senyawa antioksidan. Buah duku terbukti memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi.

 

Manfaat Buah Duku untuk Kecantikan

Bagi para kaum Hawa kecantikan merupakan sebuah hal yang sangat diperhatikan. Mereka dapat melakukan berbagai cara untuk menjaga kecantikan yang dimiliki. Tidak jarang memilih jalan pintas seperti menggunakan obat kimia untuk mendapat kecantikan yang yang diinginkan. Hal ini tentunya akan sangat membahayakan tubuh. Guna menghindari hal tersebut, dapat beralih ke yang bersifat alami. Meskipun lama tapi tidak berdampak buruk bagi tubuh.

 

Buah duku dapat bermanfaat bagi kecantikan untuk menjaga berat badan ideal. Mengkonsumsi buah ini dapat merangsang carnitine. Senyawa ini merupakan asam animo yang akan menyediakan energi untuk pembakarn lemak. Mengkonsumsi duku dipadukan dengan apel dapat membuat berat badan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *