Kesehatan

Apakah Benar Harga Sewa Mobil Ambulance Mahal?

Ambulance termasuk ke dalam salah satu kendaraan yang memiliki kekhususan atau akses khusus di jalan raya. Tingkat kegawat daruratan membuat ambulance lebih mudah menerobos jalanan yang padat sekalipun. Kebanyakan pengendara kendaraan bermotor akan memberikan jalan untuk tempat lewat ambulance di jalanan yang padat merayap. Ambulance yang membawa pasien dengan tingkat kegawatan yang tinggi tentu saja membuat para pengendara di jalan raya mengutamakan ambulance yang mengangkut penumpang agar bisa lewat terlebih dahulu. Apabila ada suara sirine ambulance, sudah otomatis kendaraan bermotor maupun mobil akan menepi dan memberikan akses jalan agar ambulance bisa lewat. Banyak rumor bahwa harga sewa mobil ambulance itu relatif mahal.

Benarkah Harga Sewa Mobil Ambulance Mahal

Ambulance boleh dikatakan merupakan kendaraan yang cukup penting. Hampir setiap rumah sakit memiliki ambulance untuk mengantar maupun menjemput pasien. Namun ada beberapa faktor yang menentukan harga sewa mobil ambulance yang harus dibayarkan oleh keluarga pasien yang ingin memanfaatkannya. Berikut faktornya:

pxhere.com
  • Durasi pengantaran pasien. Bagi yang ingin menyewa ambulance dengan jarak yang cukup jauh, maka pasien harus mempersiapkan dana lebih besar untuk menyewa ambulance. Sebab pada dasarnya dana yang dibutuhkan untuk menyewa ambulance sangat bergantung dengan durasi anda menyewanya. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh, maka akan semakin mahal pula tarif yang dikenakan kepada pasien. Akan tetapi jika pengantaran dengan jarak yang cukup jauh disertai dengan durasi yang cukup lama, maka biaya yang harus dikeluarkan bisa dikatakan sangat mahal.
  • Ada atau tidaknya tambahan tenaga medis yang ikut serta dalam ambulance yang disewa. Apabila di dalam ambulance ada tenaga medis yang disertakan, maka ada tambahan dana yang harus disiapkan ketika menyewa ambulance. Semakin banyak jumlah tenaga medis yang diperlukan maka tarif yang dikenakan kepada keluarga pasien akan lebih mahal. Sebagai contoh untuk pengantaran dengan dokter spesialis misalnya membutuhkan tambahan dana. Termasuk jika di dalam ambulance terdapat jasa perawat atau bidan yang mendampingi pasien ketika harus diangkut ke rumah sakin lainnya untuk penanganan lebih serius.
  • Faktor berikutnya yang menentukan jumlah dana yang harus dikeluarkan oleh keluarga pasien yang menyewa ambulance adalah ada atau tidaknya fasilitas khusus. Semakin banyak peralatan yang harus diperisiapkan maka biaya sewa juga relatif lebih mahal. Misalnya keberadaan perlengkapan atau mesin khusus untuk memantau kondisi pasien selama perjalanan dari rumah menuju rumah sakit. Apabila kondisi pasien mengharuskan ditambahkan peralatan atau mesin khusus untuk memantau kondisi pasien maka dana yang dipersiapkan untuk sewa ambulance lebih banyak. Sebab di dalam ambulance harus menyediakan banyak sekali perlengkapan untuk pasien.
pxhere.com

Kebijakan Pengaturan Sewa Ambulance

Menyewa sebuah ambulance untuk membawa pasien yang sakit parah menuju ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif tentu saja membutuhkan dana persiapan tertentu untuk menyewa sebuah ambulance. harga sewa mobil ambulance sebenarnya memang sangat bergantung dengan fasilitas yang diberikan kepada pasien yang membutuhkannya. Mobil ambulance yang disewa oleh keluarga pasien tentu saja digunakan untuk mengangkut pasien ke rumah sakit menuju ruang perawatan. Sehingga jika pasien bermaksud untuk menyewa sebuah ambulance maka harus diperhatikan bagaimana kondisi kesehatan fisik pasien ketika akan dibawa menggunakan ambulance. Jangan sampai kondisi pasien terabaikan ketika dibawa menggunakan ambulance.

Pemilihan fasilitas dan juga tujuan rumah sakit yang akan dituju untuk merawat pasien tentu saja dipertimbangkan dengan matang guna membuat kondisi pasien bisa lebih baik. Keadaan pasien yang tidak menentu tentu saja ambulance harus membawanya segera menuju rumah sakit yang terdekat dengan fasilitas yang palling lengkap. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pasien memperoleh perawatan yang lebih intensif. Sebab jika pilihan rumah sakit yang dituju tidak membuat kondisi pasien lebih baik maka proses penyembuhan pasien menjadi kurang efektif. Itulah mengapa mempertimbangkan jarak rumah dengan rumah sakit yang menjadi tujuan perawatan pasien merupakan yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa sebuah ambulance.

pxhere.com

Kebijakan pengaturan untuk jarak tempuh serta tarifnya sudah diatur secara resmi. Sehingga pasien yang akan menyewa ambulance untuk memperoleh perawatan intensif tidak perlu merasa risau karena tarif yang ditetapkan untuk menyewa sebuah ambulance sudah ditetapkan. Apabila tarif yang dikenakan kepada keluarga pasie melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan maka keluarga pasien yang menyewa ambulance berhak untuk mengajukan pengaduan karena adanya pungutan liar yang tidak sah untuk menyewa sebuah ambulance. Itulah mengapa pasien harus benar-benar memperhatikan dan survey sebelum memutuskan menyewa sebuah ambulance. Meskipun hal itu tidak akan sempat dilakukan untuk membawa pasien ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang lebih baik lagi. Apabila ambulance yang akan disewa merupakan milik rumah sakit, maka pasien harus berkoordinasi dengan rumah sakit setempet perihal biaya sewa untuk sebuah ambulance untuk menjemput pasien dari rumah menuju ke rumah sakit. Sehingga dengan berkoordinasi langsung dengan penanggung jawab ambulance maka pasien tidak akan dikenakan biaya yang terlalu mahal untuk sewa ambulance ketika hendak menjemput pasien dari rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *