Umum

Tips Menuju dan Meninggalkan Bandara di Jogja

Banyak orang bilang bahwa Jogja merupakan kota yang selalu bikin kangen. Ya, bagi traveler yang terbiasa ke Jogja pasti bisa merasakan suasana khas yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya di Indonesia. Jogja merupakan daerah istimewa, sehingga apapun yang ada didalamnya sungguh sangat istimewa. Bagi Anda yang ingin berlibur di Jogja, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips menuju dan meninggalkan bandara di Jogja.

 

Tips Menuju Bandara di Jogja

Jogja merupakan salah satu tujuan wisata utama, khususnya traveller asal Indonesia. Anda ingin mengunjungi tempat wisata kelas dunia? Anda tinggal pergi ke Candi Borobudur! Atau Anda ingin merasakan suasana khas Jogja? Anda tinggal stay di Jalan Malioboro! Selain itu, Jogja menawarkan berbagai jenis kuliner yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya di Indonesia. Nah bagi Anda yang ingin berlibur ke Jogja, sebaiknya perhatikan beberapa tips menunju bandara di Jogja berikut ini!

  • Perhatikan Letter Code

Jika Anda tinggal di Jakarta, Lampung, Makassar, atau daerah-daerah lain yang berjauhan dengan Jogja, maka sudah pasti Anda mesti menggunakan moda transportasi pesawat terbang agar bisa sampai di Jogja. Nah masalahnya, banyak yang mengalami kekeliruan saat akan menuju bandara di Jogja. Masih banyak orang yang menyangka bahwa hanya terdapat satu bandara saja di Jogja. Padahal selain Bandara Adisutjipto, kini Jogja juga memiliki satu bandara lainnya yaitu Yogyakarta International Airport (YIA). Banyak sekali kasus dimana orang yang berniat transit di Bandara Adisutjipto ternyata transit di Bandara YIA ini.

unspash.com

Padahal permasalahan mengenai salah transit ini bersumber dari hal yang sepele. Ya betul sekali, selain ketidaktahuan orang akan adanya bandar udara baru di Yogyakarta, juga karena banyak orang tidak mengecek 3 letter code bandara saat membeli tiket. Saat membeli tiket, baik itu online maupun offline, pastikan Anda mengecek 3 letter code yang ada pada paket pembelian tiket. Jika Anda ingin transit di bandara Adisutjipto, pastikan letter code-nya yaitu JOG. Sedangkan bagi Anda yang ingin transit di bandara YIA, pastikan letter code-nya yaitu YIA. Jadi bagi Anda yang ingin transit di bandar Adisutjipto, tapi membeli tiket dengan letter code YIA, maka Anda akan kaget karena ternyata tujuan Anda salah.

 

  • Cari Tiket Murah

Pada dasarnya, tiket pesawat merupakan jenis tiket tranportasi yang paling mahal. Apalagi semenjak pemerintah memberlakukan batas minimal promo tiket, alhasil sangat sulit dijumpai tiket murah. Namun Anda masih bisa mendapatkan tiket murah ke Jogja dengan beberapa cara. Pertama, pastikan Anda booking tiket jauh-jauh hari. Semakin dekat hari penerbangan, maka semakin mahal harganya. Selain itu, Anda mesti paham momen yang paling tepat untuk mendapatkan tiket murah ke Jogja. Misalnya, jangan beli tiket pesawat di musim liburan, karena sudah pasti harganya mahal.

unspash.com

Tips Meninggalkan Bandara di Jogja

Setelah Anda sampai di bandar udara, baik itu Adisutjipto ataupun YIA, maka sudah pasti Anda mesti menggunakan sarana trasportasi lain agar bisa sampai di tempat tujuan Anda, misalnya seperti Jalan Malioboro atau Candi Borobudur. Nah terdapat beberapa opsi sarana transportasi yang bisa Anda gunakan setelah tiba di bandara yaitu:

  • Taksi

Setelah tiba di bandara, maka sarana transportasi paling mudah yang bisa Anda temukan yaitu taksi. Ya, baik itu bandara Adisutjipto maupun bandara YAI sudah menyediakan taksi resmi bandara. Nah taksi resmi bandara ini tidak menggunakan sistem argo dalam pembayarannya, melainkan sistem zonasi. Anda membeli tiket di konter yang ada di bandara, dan harganya ditentukan oleh zona yang Anda pilih. Ada juga taksi non-bandara yang beroperasi diluar bandara, dimana biaya perjalanan ditentukan dengan sistem argo.

 

  • Sewa Mobil Jogja

Bagi Anda yang ingin lebih leluasa, baik dari segi waktu, biaya, maupun zona perjalanan, sebaiknya Anda menggunakan sewa mobil Jogja. Ya betul sekali, dengan menyewa mobil harian, maka Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tujuan di Jogja dengan aman dan nyaman. Jadi saat Anda tiba di bandara, Anda tinggal menghubungi atau mengunjungi tempat penyewaan mobil. Perlu Anda ketahui, hari ini banyak sekali rental mobil di Jogja yang menawarkan layanan lepas kunci alias tanpa supir. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk supir. Harga sewa mobil Jogja ini berkisar dari 200 ribu hingga 400 ribu per 12 jam tergantung jenis dan merek mobil apa yang Anda gunakan.

unspash.com
  • Bus

Selain taksi, sarana tranportasi yang akan Anda temukan persis setelah keluar dari bandara yaitu bus. Nah baik itu bandara Adisutjipto maupun YAI sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menyediakan bus, misalnya seperti Perum Damri. Jadi kemanapun tujuan Anda, Anda bisa menggunakan layanan bus yang disediakan oleh bandara.

 

Nah itulah beberapa tips menuju dan meninggalkan bandara di Jogja. Lewat beberapa tips di atas, Anda tidak perlu bingung lagi saat akan liburan ke Jogja dan juga saat akan meninggalkan bandara untuk pergi ke tempat tujuan di Jogja. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda, khususnya bagi traveller yang ingin mengunjugi Yogyakarta.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *