pendidikan

Informasi Terbaru Tentang Kedokteran Gigi Undip

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universtas yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebagai salah satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia maka tak heran jika setiap tahunnya banyak lulusan SMA yang memilih Undip sebagai Perguruan Tinggi untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Dari waktu ke waktu Undip terus meningkatkan kualitasnya sehingga tak heran bila kampus yang satu ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Bahkan belum lama ini Undip juga menambah dua program studi baru salah satunya yaitu Kedokteran gigi. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai program studi kedokteran gigi Undip maka dalam artikel ini akan diberikan ulasannya.

Sekilas Tentang Universitas Diponergoro

Unviersitas Diponegoro atau Undip merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri pada tanggal 15 Oktober 1957. Kini kampus Undip berada di Jalan Prof. H. Soedarto.SH, Tembalang, Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sejarah berdirinya Universitas Diponegoro diawali dengan adanya kebutuhan pengadaan lembaga pendidikan perguruan tinggi negeri di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Semula hanya UGM yang menjadi PTN satu-satunya di kawasan tersebut. Sedangkan lulusan SMA/SMK atau sederajat juga semakin meningkat dari tahun ke tahun yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri.

pxhere.com

Atas dasar itulah maka munculah wacana mengenai pembentukan yayasan universitas Semarang sebagai langkah awal untuk mendirikan universitas di Semarang. Tak lama kemudian berdirilah Universitas Semarang tepatnya pada tanggal 9 Januari 1957. Selanjutnya pada acara Dies Natalis ketiga Universitas Semarang maka Ir. Soekarno yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI secara remi mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan nama tersebut adalah upaya memberikan penghargaan kepada Universitas Semarang karena prestasinya melakukan pembinaan dalam bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Dengan sejawah awal mula berdirinya Undip tersebut maka tahun 1957 menjadi tahun berdirinya Undip namun dengan realitas sejarah bahwa Universitas Semarang merupakan universitas swasta sekaligus menjadi embrio berdirinya Universitas Diponegoro. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961 maka Universitas Diponegoro ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Semarang.Undip juga memperoleh status akreditas A dari BANPT sehingga bisa menjadi bukti kualitas dan mutu kampus yang satu ini.

Saat ini Undip sudah memiliki 11 fakultas dan satu sekolah Vokasi. Tidak hanya menyelenggarakan pendidikan untuk Diploma dan Sarjana, Undip juga menyelenggarakan pendidikan untuk program Pascasarjana, program profesi dan program spesialis. Dari 11 fakultas tersebut, fakultas kedokteran merupakan salah satu yang cukup menonjol. Bahkan sekitar tahun 2016 lalu, fakultas kedokteran Undip membuka program studi baru yaitu kedokteran gigi dan farmasi. Hadirnya program studi Kedokteran gigi Undip tentu bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMA yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang dokter gigi.

pxhere.com

Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro

Melihat tingginya minat masyarakat terutama lulusan SMA untuk memasuki jurusan Kedokteran gigi maka Universitas Diponegoro belum lama ini membuka program studi baru yaitu Kedokteran gigi. Dimana program studi Kedokteran Gigi ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Undip yang bersamaan dengan pembukaan program studi Farmasi di bawah naungan fakultas yang sama.

Pada pembukaan program studi Kedokteran gigi, pihak kampus membuka kuota calon mahasiswa baru untuk kedokteran gigi sebanyak 60 mahasiswa. Tentunya pembukaan program studi kedokteran gigi tersebut juga akan ditunjang oleh Rumah Sakit Nasional Diponegoro yang lokasinya berada dekat dengan Fakultas Kedokteran Undip di Tembalang. Dengan memilih program studi kedokteran gigi maka mahasiswa nantinya akan mempelajari tentang ilmu kedokteran gigi sebagai bekal sebelum akhirnya menjadi dokter gigi dan terjun di masyarakat.

Diselenggarakannya program studi Kedokteran gigi Universitas Diponegoro ini tentu memiliki tujuan program pendidikan. Adapu tujuan pendidikan tersebut yaitu mendidik mahasiswa sehingga dapat menghasilkan tenaga dokter gigi yang :

  1. Bermoral tinggi, beretika, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu bersaing dalam kompetisi global, profesional dalam riset serta handal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat beradasaran masalah serta kebutuhan era mendatang.
  2. Dapat berperan sebagai pelayan kesehatan dengan memandang pasien secara utuh, tidak terpisahkan dengan keluarga maupun masyarakat, dapat memberikan pelayanan yang bermutu tinggi, berkesinambungan, menyeluruh dan menjalin hubungan dengan rasa saling percaya pada pasien.
  3. Dapat berfungsi sebagai pengambil kebijakan dalam memilih teknologi terapan sesuai etika dan pertimbangan biaya yang efektif untuk kepentingan pasien dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan.
  4. Cakap sebagai komunikator untuk mempromosikan pola hidup sehat serta memberikan nasehat maupun tuntunan yang efektif. Dengan begitu maka baik individu maupun masyarakat bisa meningkatkan derajat kesehatannya serta mencegah timbulnya berbagai penyakit.
pxhere.com

Tentunya untuk menjadi seorang dokter gigi maka diperlukan perjungan awal agar bisa masuk dan diterima menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip terlebih dahulu. Untuk itulah pastikan jauh-jauh hari anda sudah mencari informasi sebanyak mungkin terkait dengan seleksi masuk FK Undip. Pelajari pula contoh soal-soal ujian tulisnya dan sering-seringlah berlatih. Agar anda semakin yakin dan mantap mengikuti seleksi maka silakan bergabung dengan bimbel kedokteran. Sebab bimbel ini akan membantu anda mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk kedokteran gigi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *