Umum

Mengenal Macam-Macam Jurusan Kesehatan

 

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu jurusan perkuliahan yang masih ramai peminat hingga saat ini adalah jurusan kesehatan dengan peluang lapangan kerja yang masih terbuka lebar dengan hasil yang bisa diharapkan pula. Selain itu, jurusan ini juga membuat para mahasiswanya memahami akan dunia medis sehingga dapat berguna bagi diri sendri dan orang lain di sekitarnya. Sayangnya, masih ada saja calon mahasiswa yang belum mengetahui bahwa kuliah kesehatan hadir dalam berbagai jurusan.

Jurusan Ilmu Kesehatan yang Perlu Diketahui Sebelum Masuk Jenjang Kuliah

Kuliah program studi bidang kesehatan ternyata tak hanya melulu menjadi dokter, perawat dan apoteker saja. Calon mahasiswa pun sebaiknya mengenali terlebih dahulu karakter dirinya dan karir macam apa yang diharapkan di masa depan sebelum memilih jurusan tertentu. Untuk menghidari salah pilih jurusan, ada baiknya Anda menyimak macam jurusan kuliah kesehatan berikut

Pendidikan Dokter (Kedokteran)yang menjadi favorit karena peluang penghasilan yang tinggi. Tak hanya itu, dokter juga merupakan salah satu bentuk pekerjaan mulia sebab membantu orang sakit.

Ilmu Gizi yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan gizi dan teknologi pangan. Peluang karir juga terbuka lebar sebab pemerintah saat ini mencanangkan program perbaikan gizi sampai pelosok negeri.

Kesehatan Masyarakat yang mempelajari ilmu tentang taraf hidup dan kesehatan masyarakat. mahasiswa akan menerima ilmu medis, ilmu sosial, ilmu gizi, administrasi kebijakan kesehatan dan berbagai hal lain. Peluangnya adalah karir di rumah sakit, klinik maupun asuransi kesehatan.

Ilmu Keperawatan yang mempelajari sains sekaligus ilmu sosial sebab mahasiswa akan diajarkan cara melayani pasien melalui praktik yang dilaksanakan.Tenaga keperawatan masih sangat dibutuhkan dalam industri kesehatan Tanah Air saat ini dan di masa depan sehingga Anda tak perlu cemas.

Kebidanan yang mengajarkan kepada mahasiswa untuk memahami fase-fase kehamilan dan mensosialisasikan program keluarga berencana. Profesi bidan juga menjadi profesi mulia sebab memberikan pertolongan kepada ibu dalam masa-masa genting. Lulusan kebidanan dapat mengabdi di fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta atau bahwa membuka tempat praktiknya sendiri.

Manajemen Pelayanan Rumah Sakit yang mempelajari manajemen dan administrasi rumah sakit. Dokter, perawat maupun bidan tidak dapat mengelola rumah sakit sehingga diperlukan tenaga khusus yang dapat mengelola pelayanan rumah sakit secara lebih profesional.

Teknik Radiologi yang mempelajari ilmu kedokteran guna mendiagnosa dan memindainya menggunakan sinar x ataupun gelombang magnetik kepada tubuh pasien.

Farmasi yang mempelajari tentang obat-obatan dari struktur senyawa penyusun sampai obat-obatan layak konsumsi. Mempelajari farmasi ternyata juga dapat membuat mahasiswa memahami penyebab penyakit dan terapi pengobatan yang dapat dicoba. Lulusan farmasi idealnya menjadi apoteker di rumah sakit, klinik maupun labolatorium.

Kesehatan Lingkungan yang membuka peluang karir di sektor publik misalnya di Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan maupun lembaga lain yang berhubungan dengan tata kelola lingkungan agar senantiasa bersih dan sehat.

Itulah tadi beberapa jurusan kesehatan populer yang banyak dilirik oleh para calon mahasiswa saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *