Umum

Karakteristik Pohon Gaharu Yang Wajib Anda Ketahui

pohon gaharu

 

Gaharu adalah pohon yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai bahan utama untuk membuat meubel. Nah, jika anda tidak tahu bagaimana ciri-ciri atau karakteristik pohon gaharu, maka berikut ini adalah karakteristik dari gaharu.

  1. Tinggi

Gaharu adalah pohon yang tinggi. Ketinggian dari gaharu bisa mencapai 40 meter. Batang gaharu memiliki diameter sekitar 60 cm.

  1. Bentuk daun

Anda bisa mengenali gaharu dari bentuk daunnya. Gaharu memiliki bentuk daun lancip atau meruncing pada bagian ujungnya.

  1. Buah gaharu

Gaharu juga memiliki buah. Buah dari gaharu memiliki warna kemerahan. Selain itu, permukaan kulit buah gaharu memiliki bulu-bulu tipis.

Nah itulah beberapa karakteristik dari gaharu yang wajib anda ketahui. Sekarang anda sudah bisa mengenali tanaman yang satu ini.

Mengetahui Manfaat Pohon Gaharu

Anda pasti sudah tahu bahwa kayu gaharu bermanfaat untuk membuat bahan-bahan bangunan atau meubel. Selain itu, ternyata gaharu juga memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari gaharu.

  1. Obat herbal

Gaharu bisa menjadi obat herbal. Obat herbal dari gaharu ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit diare, kembung, ginjal, sesak nafas dan hipertensi.

  1. Aksesoris

Selain sebagai bahan pembuat meubel, kayu gaharu juga bisa menjadi aksesoris. Misalnya sebagai kalung, gelang bahkan liontin. Jika anda adalah umat muslim, maka kayu gaharu bisa anda manfaatkan sebagai tasbih.

  1. Kecantikan

Kandungan pada kayu gaharu bisa menjadi parfum dan shampoo. Aroma khas kayu gaharu akan membuat aroma parfum dan shampoo menjadi unik dan tentunya segar.

Langkah-Langkah Menanam Gaharu Yang Sederhana

Jika anda ingin menanam gaharu, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menanam gaharu.

  1. Pembelian bibit unggul
  2. Persedian lahan tanam yang luas
  3. Perawatan tanaman, seperti penyiangan, penyiraman, pemberian pupuk
  4. Penganggulangan hama atau gulma penyakit

Itu adalah beberapa langkah untuk menanam gaharu. Anda tidak boleh sembarangan jika ingin membudidayakan gaharu. Anda harus serius dan selalu berusaha merawat gaharu dengan baik dan benar agar gaharu bisa tumbuh dengan sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *