flora

Jenis-Jenis Bunga Anggrek Untuk Ditanam Di Rumah

Anda pasti sudah kenal dengan bunga anggrek. Bunga yang satu ini adalah bunga bangsa Indonesia. Anggrek adalah sejenis bunga yang bisa ditanam dengan cara digantung. Anggrek memiliki warna yang beragam dan cantik sehingga banyak yang akan tertarik dengan bunga yang satu ini. Anda bisa menanam anggrek sebagai salah satu tanaman hias di rumah anda. Anda bisa memilih berbagai jenis anggrek yang sesuai dengan selera anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis anggrek yang bisa anda tanam di rumah.

  1. Anggrek bulan

Anggrek bulan adalah salah satu jenis anggrek yang paling sering dijadikan sebagai tanaman hias. Anggrek bulan memiliki warna putih dengan corak warna kuning dan merah. Anggrek yang satu ini disebut sebagai anggrek bulan karena bentuk dan warnanya seperti rembulan di malam hari.

  1. Anggrek sendok

Anggrek sendok memiliki warna kuning dengan corak merah dan putih di bagian tengahnya. Anggrek sendok memiliki bentuk seperti sendok sehingga disebut sebagai anggrek sendok. Anggrek yang satu ini bisa anda tanam di area depan rumah anda sebagai tanaman hias. Rumah anda pasti akan terlihat menawan dengan adanya anggrek sendok ini.

  1. Anggrek bulan bintang

Anggrek bulan bintang memiliki lima kelopak bunga yang menyerupai bintang. Bagian tengah dari anggrek bulan bintang memiliki bentuk seperti bulan. Sehingga bunga yang satu ini disebut sebagai anggrek bulan bintang. Anda bisa menanam anggrek yang satu ini dengan mudah karena bibitnya sudah bisa anda temukan di tempat jual bibit bunga.

  1. Anggrek jamrud

Anggrek jamrud memiliki bulu bunga seperti buah rambutan. Pada umumnya, anggrek jamrud memiliki warna ungu dengan bagian tengah terdapat bulu bunga yang cantik.

  1. Anggrek kerlip

Anggrek kerlip adalah salah satu jenis dari anggrek bulan. Anggrek kerlip memiliki aroma yang harum. Anggrek yang satu ini menjadi salah satu bunga anggrek yang paling sering dibudidayakan di Indonesia.

Itulah beberapa jenis dari anggrek yang bisa anda jadikan tanaman hias di rumah anda. Anda bisa memilih sesuai dengan selera anda.

pexels.com

Cara Membuat Buket Bunga dari Bunga Anggrek

Anda bisa membuat buket bunga dari anggrek. Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang cantik dan menawan. Buket anggrek bisa anda jadikan kado spesial untuk orang terkasih. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah tanpa harus pergi ke florist terdekat rumah anda. Berikut beberapa cara untuk membuat buket bunga anggrek yang mudah dan cantik.

  1. Siapkan bahan-bahan

Tahap pertama adalah anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan untuk membuat buket anggrek, antara lain beberapa tangkai anggrek jenis apapun. Anda bisa memilih jenis anggrek sesuai dengan selera. Bahan selanjutnya adalah kertas pembungkus berwarna coklat atau plastik pembungkus bening. Selanjutnya, anda bisa menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Alat-alat yang anda perlukan antara lain, gunting, selotip, lem, pita jepang, dan kartu ucapan.

  1. Langkah pembuatan

Langkah pertama pembuatan adalah menyiapkan anggrek yang sudah anda pilih. Kemudian, anda bisa meletakkan anggrek tersebut ke bagian atas kertas atau plastik pembungkus. Setelah itu, anda bisa melekatkan setiap tangkai anggrek dengan selotip. Selanjutnya, bungkus secara perlahan. Rekatkan dengan menggunakan selotip dan lem. Rapikan dengan memotong bagian kertas atau plastik pembungkus yang kurang rapi.

  1. Penyelesaian

Tahap terakhir adalah penyelesaian. Anda bisa menghiasi bunga dengan pita jepang yang warnanya serasi. Kemudian, anda bisa menuliskan kartu ucapan dan meletakkannya di sisi belakang bagian pembungkus.

Nah, itulah beberapa langkah untuk membuat karangan bunga buket dari bunga anggrek. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena murah dan pastinya mudah.

pexels.com

Memilih Anggrek Yang Segar

Jika anda ingin membeli bunga anggrek, maka anda harus memilih anggrek yang segar dan cantik. Untuk memilih anggrek yang segar dan cantik, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan.

  1. Akar kokoh

Untuk memilih anggrek yang segar dan cantik, anda bisa melihat bagian akarnya. Akar anggrek yang segar dan cantik akan terlihat kokoh atau kuat. Jika akar sudah terlihat layu dan kusut, maka lebih baik anda tidak memilih anggrek tersebut.

 

  1. Daun berwarna hijau cerah dan segar

Anggrek yang segar akan memiliki warna daun hijau cerah dan segar. Jika  daun anggrek memiliki noda hitam dan layu, maka anggrek tersebut sudah mulai layu. Sehingga lebih baik anda tidak memilihnya untuk dijadikan tanaman hias atau karangan bunga buket anggrek.

  1. Batang anggrek gemuk

Anggrek yang segar dan cantik memiliki batang gemuk dan kokoh. Anda harus teliti karena banyak batang anggrek gemuk tetapi lembek. Jika batang anggrek gemuk tetapi lembek, maka anggrek tersebut sudah mulai layu atau membusuk.

pexels.com
  1. Kuntum setengah mekar

Jika anda ingin menjadikan anggrek sebagai tanaman hias, maka anda bisa memilih anggrek yang setengah mekar. Kuntum anggrek yang setengah mekar menandakan bunga tersebut akan segera mekar dan bunga tersebut masih dalam kondisi segar.

Itulah beberapa tips untuk memilih anggrek yang segar dan cantik. Anda harus selalu teliti agar anggrek yang anda beli tidak cepat busuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *