Kesehatan

Makanan Bernutrisi yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil seharusnya mengkonsumsi makanan yang sehat karena tidak hanya harus menjaga kesehatan tubuhnya, janin di dalam kandungannya juga membutuhkan asupan gizi. Bahkan disarankan sebelum anda hamil, anda sudah mengkonsumsi berbagai makanan bergizi agar saat hamil, tubuh anda dalam keadaan sehat begitu juga dengan janin dalam kandungan anda. Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami berbagai gangguan yang dinamakan morning sickness. Meskipun begitu, hal ini berbeda-beda setiap orang. Jika mengalami morning sickness, anda akan merasa mual dan muntah di trisemester pertama. Padahal pada awal kehamilan anda membutuhkan makanan yang empat sehat lima sempurna demi kesehatan anda dan jabang bayi.

            Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Pada usia 1 Bulan

Pada awal kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan susu yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna. Berikut ini beberapa daftar makanan atau nutrisi yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil di masa kehamilan awal.

www.pexels.com
  1. Folic Acid

Di masa kehamilan muda yang masih rentan, anda seharusnya makan makanan yang lebih bergizi agar anda dan bayi anda sehat. Nah, Folic Acid ini merupakan zat yang membantu mempersiapkan rahim agar risiko penyakit spina bifida dapat dihindari. Zat folic acid ini terkandung dalam bahan makanan seperti kol, jagung, wortel, jambu biji, sereal, kacang kedelai, jeruk, alpukat, serta bahan makanan yang terbuat dari gandum.

  1. Mengandung Karbohidrat

Selain makan makanan yang mengandung Folic acid, makan makanan mengandung karbohidrat juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah kentang, roti, nasi, serta buah-buahan yang mengandung karbohidrat. Contohnya adalah buah naga. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini cukup banyak. Tak hanya mengandung karbohidrat, buah ini juga mengandung berbagai vitamin, serat, dan juga kalsium. Semua kandungan tersebut sangat bagus untuk ibu hamil terutama yang masih dalam usia kehamilan muda.

  1. Protein

Makanan mengandung protein juga penting untuk ibu yang mengandung. Makanan berprotein diantaranya adalah tahu, tempe, telur, ayam, dan daging sapi.

  1. Produk Susu

Selain karbohidrat dan protein, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis produk susu. Mulai dari susunya, yogurt, maupun keju yang mengandung banyak nutrisi.

 

Jadi, makanan yang harusnya dikonsumsi ibu hamil adalah bahan-bahan makanan yang mengandung zat di atas. Makanan yang bergizi akan membantu memperkuat kandungan dan membantu perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu yang mengandung juga double dibandingkan orang yang tidak hamil. Jika sejak bulan pertama kehamilan, janin telah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka perkembangannya juga akan lebih baik hingga nanti waktunya dia dilahirkan. Selain memakan makanan yang bergizi, sebaiknya ibu hamil juga menghindari konsumsi makanan-makanan mentah, kerang, junk food, dan semua makanan yang kurang sehat.

www.pexels.com

            Nutrisi yang Baik Untuk Kehamilan Trisemester Kedua

 

 

Setelah memasuki trisemester kedua, bayi dalam kandungan ibu hamil akan membutuhkan nutrisi lebih lagi. Berikut ini adalah beberapa makanan dan nutrisi yang seharusnya dikonsumsi ibu yang sedang hamil.

  1. Folat

Salah satu kebutuhan utama untuk ibu hamil pada usia trisemester kedua adalah folat. Folat ini fungsinya untuk mencegah adanya risiko cacat lahir pada bayi. Kandungan folat dapat anda dapatkan di berbagai makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, ayam, ikan, kerang, dan jeruk.

  1. Kalsium

Nutrisi berikutnya adalah kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gusi bayi. Kalsium yang dibutuhkan untuk ibu hamil sekitar 1200mg. Jadi, bila ingin pertumbuhan tulang janin anda berjalan dengan baik, pastikan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sebesar jumlah tadi. Kalsium dapat didapatkan di sayuran seperti brokoli, bayam, dan daun kale. Sedangkan untuk ikan, bisa konsumsi ikan sarden maupun ikan teri. Dan bahan makanan yang mengandung kacang kedelai ataupun telur.

  1. Seng

Makanan yang mengandung seng sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Zat satu ini juga bagus untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Makanan yang mengandung seng diantaranya adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, seafood, dan daging berwarna merah.

www.pexels.com
  1. Zat besi

Zat besi berfungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah yang diperlukan tubuh apalagi jika sudah mendekati waktu melahirkan. Makanan mengandung zat besi diantaranya adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, dan kuning telur.

 

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil haruslah berjumlah dua kali lipat dalam hal nutrisi agar tumbuh kembang janin berjalan dengan baik. Mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi itu wajib, Untuk buah-buhan, salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah buah naga. Buah yang mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin hingga karbohidrat ini baik untuk kesehatan janin maupun ibu hamil. Tak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu hamil juga disarankan untuk tidak stress, istirahat cukup, serta menerapkan pola hidup sehat. Janin dalam kandungan akan ikut terkena dampaknya jika sang ibu stress atau sakit.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *