Umum

Berbagai Informasi Penting yang Harus Diketahui oleh Wanita Hamil

 

Hadirnya seorang buah hati dalam kehidupan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap pasangan yang telah melangsungkan pernikahan. Namun, tidak semua pasangan dapat dengan mudah dikaruniai seorang buah hati pasca menikah. Beberapa pasangan harus mengikuti berbagai program kehamilan terlebih dahulu agar berhasil mendapatkan seorang anak. Bahkan, tak sedikit pula pasangan yang sudah mengikuti berbagai program tetapi hasilnya nihil. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini telah dikaruniai buah hati atau dalam proses menunggu kedatangan buah hati lahir ke dunia, maka Anda harus banyak-banyak bersyukur. Dalam hal ini, ibu merupakan seseorang yang memiliki peran penting bagi tumbuh dan kembang janin. Seorang wanita hamil sudah selayaknya dapat menjaga janinnya dengan baik dan benar agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan.

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dikerjakan oleh Wanita Hamil

            Setiap wanita yang baru hamil untuk pertama kalinya pastinya belum memiliki cukup pengalaman dalam menjaga kehamilannya. Dalam hal ini, Anda harus tau bahwa terdapat beberapa hal yang tidak boleh dikerjakan ketika dalam keadaan mengandung. Apabila kegiatan tersebut tetap saja dilakukan, maka bisa saja akan berdampak fatal pada kehamilan Anda. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Wanita yang tengah hamil, terlebih jika hamil muda, maka jangan sekali-kali makan buah nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah protein dalam tubuh sehingga menyebabkan pendarahan abnormal pemicu kekugan kandungan.
  • Ketika hamil, sebaiknya Anda jangan mimun obat-obatan tanpa resep dari dokter yang sudah ahli lantaran penggunaan obat dalam skala tertentu dapat memicu keguguran.
  • Dalam keadaan hamil, jangan sekali-kali untuk merokok.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan oleh Wanita Hamil

            Selain harus menghindari berbagai kegiatan yang membahayakan janin, seorang ibu hamil juga dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan untuk menambah tingkat kesehatan janin. Kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang hamil ilalah:

  • Senam ibu hamil secara rutin dan teratur
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *