furniture

Menghias Kamar Tidur Sederhana Agar Lebih Luas

Sebuah rumah pastilah terdiri dari berbagai macam ruang. Berbagai macam ruang tersebut tentu memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Ada ruang tamu yang digunakan untuk tempat bersantai dan menyambut tamu, ada ruang keluarga yang digunakan sebagai ruang untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, serta masih banyak lagi ruang yang lain. Jika memang setiap ruang dalam satu rumah memiliki fungsi dan peran yang berbeda, tentu penataan dan dekorasi antar tiap ruang juga berbeda-beda. Pada contohnya, penataan dekorasi ruang keluarga dengan kamar tidur tentu berbeda. Kamar tidur adalah sebuah ruangan khusus yang digunakan untuk beristirahat.

Dari fungsinya itu, tentu penataan ruang yang ada di kamar tidur akan berbeda dengan ruang keluarga. Pada kesempatan ini, kita akan coba membahas mengenai hal-hal penting seputar penataan dan desain pada kamar tidur. Mungkin selama ini menemukan keluhan mengenai kondisi penataan kamar tidur anda? jika memang iya, anda perlu memperhatikan artikel online hari ini.

Setiap orang pasti setuju apabila sebuah kamar tidur haruslah memiliki suasan yang nyaman. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, kamar  tidur juga merupakan ruangan yang penuh privasi. Untuk bisa memiliki kamar tidur yang nyaman, penghuni kamar tersebut tentu harus memperhatikan berbagai macam hal. Sampai dengan sekarang, tidak sedikit yang menanggap kalau kamar tidur nyaman adalah kamar yang mampu menampung berbagai macam furnitur pendukung.

Selain itu, ada juga yang menganggap bahwa kamar nyaman dinilai dari dekorasi yang digunakan. Menanggapi dua anggapan tersebut, sebenarnya kamar tidur dapat menjadi nyaman apabila penghuni mampu mengatur dan menghias kamar  yang ditempati. Tidak perlu kamar tidur yang luas, kamar tidur sederhana akan lebih nyaman apabila penghuninya memperhatikan berbagai macam perlengkapan atau furnitur yang digunakan.

www.pexels.com

Tips Menghias Kamar Tidur Sederhana

Apabila anda merasa bahwa kamar tidur sederhana tidak dapat menjamin kenyamanan, maka anda harus mengubah pandangan itu mulai dari sekarang. Selain dibutuhkan pemahaman mengenai cara mengatur dan menghias kamar tidur, penghuni juga perlu memperhatikan berbagai macam hal lain. Berikut beberapa cara menghias kamar tidur yang memiliki ukuran tidak terlalu besar:

  1. Hias atau Cat Kamar Menggunakan Warna Cerah

Perlu anda ingat, penggunaan warna-warna cerah terbukti membuat kamar sempit menjadi terlihat lebih luas. Beberapa warna cat yang cocok diterapkan pada kamar tidur sederhana, yaitu seperti warna putih, kuning, abu-abu, biru, krem, turquoise, lemon hijau, pastel, serta warna merah anggur. Dari warna-warna yang telah saya sebut, setiap warna akan memberikan efek dan kesan yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba memilih warna cat yang sesuai dengan kepribadian anda.

Selain memilih warna cat yang cerah, ada baiknya anda juga perlu memperhatikan kualitas dari bahan cat yang digunakan. Di pasaran sendiri, banyak produk-produk cat tembok yang bisa anda gunakan. Setiap produk tentunya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk mendapatkan hasil cat terbaik, gunakan produk cat tembok yang sudah-sudah benar terbukti.

  1. Manfaatkan Penerangan Alami dan Buatan

Selain memanfaatkan warna-warna cat cerah, cara lain yang bisa penghuni lakukan adalah dengan menghias kamar tidur menggunakan penerangan. Anda bisa memanfaatkan sinar matahari yang masuk ventilasi dan jendela. Selain membuat kamar tidur anda lebih terang, memanfaatkan sinar matahari juga dapat membunuh atau menghilangkan kuman. Cukupnya penerangan yang ada pada kamar tidur akan menghindarkan kamar menjadi lembap. Apabila anda tidak memiliki jendela, kamu bisa memanfaatkan beberapa lampu yang bersifat indirect.

Kamar yang nyaman tentu harus memiliki penerangan yang pas, tidak terlalu gelap ataupun tidak terlalu terang. Pilihlah jenis lampu yang menyesuaikan dengan ukuran ruangan tempat tidur anda. Apabila ruangan tempat tidur anda kecil atau minimalis, sebaiknya gunakan lampu-lampu yang berukuran 15-25 watt saja. Bagi anda yang senang menggunakan lampu tidur ketika tidur, tempatkan lampu tersebut di bagian samping tempat tidur anda. Sama seperti lampu tempat tidur, usahakan gunakan lampu tidur yang tidak terlalu terang maupun gelap.

  1. Gunakan Cermin untuk Memberi Efek Luas

Pada umumnya cermin digunakan sebagai tempat untuk berkaca. Namun di luar fungsi dasarnya sebagai tempat untuk berkaca, cermin juga berperan memberikan efek luas dalam kamar tidur. Perlu anda ketahui, salah satu cara untuk menghias kamar tidur yaitu dengan menggunakan cermin. Perlu diingat, penggunaan cermin dapat menciptakan ilusi mata sehingga kamar tidur lebih luas. Di pasaran, banyak bentuk dan ukuran cermin yang bisa anda pilih. Cermin dengan model bingkai yang berukuran besar akan digantungkan sangat cocok sebagai pengganti headboard. Pastikan cermin yang anda gantung dalam kondisi yang benar, selain karena sebagai estetika agar tidak mudah jatuh.

  1. Menggunakan Tempat Penyimpanan di Bawah Ranjang

Sekarang ini sudah banyak rangka tempat tidur yang sudah dilengkapi dengan laci penyimpanan di bawahnya. Bagi orang dewasa, menyimpan berbagai macam hal penting lebih senang dilakukan di kolong tempat tidur. Karena letaknya yang mudah dijangkau, menggunakan laci penyimpanan di rangka tempat tidur menjadi prioritas banyak penghuni. Menggunakan laci penyimpanan di bawah ranjang terbukti membuat kamar menjadi lebih rapi, hal tersebut dikarenakan posisi laci penyimpanan tidak terlihat dari luar.

  1. Gunakan Rak Melayang

Rak merupakan benda yang berguna untuk menyimpan berbagai macam barang dalam posisi vertikal. Jika anda ingin memasang rak di kamar tidur, cobalah untuk memilih jenis rak yang bisa digantung atau melayang. Anda bisa memasang jenis rak ini di atas tempat tidur sehingga dapat menyimpan barang-barang anda tanpa memakan ruang yang cukup besar.

Ketika memasang berbagai macam perlengkapan yang digantung, pastikan bahwa perlengkapan tersebut sudah terpasang dengan benar. Pastikan juga apakah lokasi rumah anda dalam wilayah yang sering terjadi bencana atau tidak. Apabila lokasi rumah anda di wilayah rawan bencana, pertimbangkan kembali untuk memasang rak gantung.

  1. Pemasangan dan Pemilihan Tirai

Cara yang lain untuk memberi efek atau ilusi langit-langit agar ruangan lebih tinggi yaitu dengan menggunakan tirai. Cobalah untuk menggantungkan tirai lebih tinggi dari ukuran biasanya. Selain itu, usahakan gantungan tersebut berada lebih dekat ke langit-langit kamar tidur dibanding ke bingkai jendela. Untuk masalah warna dan bahan materialnya, saya sarankan untuk menggunakan memilih warna tirai yang cerah dengan bahan material yang tipis.

www.pexels.com

Cara Mengatur Kamar Tidur Sederhana

Hal yang cukup penting ketika memiliki kamar tidur sederhana adalah kenyamanan pada ruang tersebut. Secara umum kenyamanan yang dimiliki setiap orang adalah sama, yaitu tidak berantakan dan berasa sumpek. Oleh sebab itu, walau terkesan tidak memiliki ukuran yang lega, kamar tidur dengan ukuran yang minimalis dapat menjadi kamar tidur yang yaman apabila anda memperhatikan beberapa hal kecil berikut.

  1. Mengeluarkan Barang-Barang yang Tidak Digunakan

Cara termudah untuk mengatur kamar tidur sederhana adalah dengan memastikan bahwa tidak terlalu banyak barang di dalamnya. Cobalah untuk menyimpan barang-barang yang dapat menunjang diri anda ketika melakukan aktivitas di dalam kamar. Hindari untuk memasukan meja yang berukuran besar ke dalam kamar. Selain karena tidak efektif, meja di dalam kamar tidur dapat memakan banyak tempat.

Biasakan untuk tidak menyimpan barang-barang yang sudah tidak layak pakai di dalam kamar. Banyak orang yang gemar mengumpulkan berbagai macam barang di dalam kamar, namun jika ditinjau lebih jauh, terlalu banyak barang yang berserak dapat membuat kamar anda berantakan. Anda bisa menyumbangkan beberapa pakaian anda yang sudah tidak digunakan kepada banyak organisasi sosial. Selain dapat membantu kaum yang membutuhkan, kondisi kamar tidur anda juga lebih rapi.

Hindari dekorasi yang berlebihan. Terlalu banyak dekorasi dapat membuat kamar anda terlihat sempit. Cobalah untuk memilih dekorasi yang digunakan dengan cermat. Beberapa tips mengenai dekorasi di kamar tidur anda yaitu hindari untuk melapisi dinding dengan poster dan foto-foto yang terlalu banyak. Satu atau dua foto/poster sangat disarankan pada setiap sisinya. Jangan menggunakan pernak-pernik di permukaan furnitur.

  1. Manfaatkan Tempat Tidur Secara Maksimal

Salah satu barang wajib yang harus ada di kamar tidur sederhana adalah tempat tidur. Tempat tidur merupakan perabot inti yang harus diatur sedemikian rupa. Apabila anda menggunakan tempat tidur dengan jenis double bed, letakkan di posisi tengah dinding yang paling luas. Pastikan di setiap sisinya masih menyisikan sedikit ruang. Apabila anda menggunakan jenis twin bed, cobalah untuk memposisikan tempat tidur tersebut di ujung ruangan. Posisikan bagian kepala dan salah satu sisi tempat tidur menempel di dinding agar anda memiliki ruang yang lebih luas di bagian tengah.

www.pexels.com

Apabila anda masih bingung menggunakan jenis tempat tidur seperti apa, pertimbangkan untuk menggunakan loft bed dan murphy bed. Loft bed adalah jenis tempat tidur yang memiliki kemiripan dengan tempat tidur tingkat. Yang membedakan antara tempat tidur tingkat dengan loft bed yaitu ada pada bagian bagian bawah tempat tidur. Pada jenis tempat tidur loft bed anda bisa memanfaatkan ruang di bawah ranjang yang cukup luas untuk perabot lain. Sedangkan murphy bed adalah jenis tempat tidur yang bisa dilipat ke atas. Jenis tempat tidur ini juga bisa dilipat ke dalam dinding.

Seperti yang telah kita bahas di atas, adakah gambaran bagaimana anda akan mengatur kamar tidur anda? Tempat tidur sebaiknya dibuat senyaman mungkin karena tempat tidur adalah ruang di mana kita beristirahat. Semakin baik kondisi atau semakin nyaman kamar tidur yang kita miliki, tentu akan memengaruhi kualitas istirahat yang akan didapat.

Dari sekian banyaknya indikator yang membuat sebuah kamar dapat dikatakan nyaman adalah dari rapi dan tidaknya kamar tersebut. Kamar yang berantakan terbukti membuat penghuninya tidak betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di ruangan tersebut. Oleh sebab itu, agar memiliki kamar tidur yang rapi dan tidak berantakan anda perlu mengetahui tips dalam bedroom storage. Pada konsep dasarnya, kamar tidur sebaiknya dirancang untuk tempat beristirahat. Oleh sebab itu, apabila anda furnitur yang tidak digunakan sebaiknya tidak dimasukkan di ruang kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *