teknologi

Mengenal Kamera Nikon dan Jenisnya

Anda menyukai dunia fotografi melebih kecintaan Anda pada hal lainnya. Atau menyenangi dunia travelling yang mana tidak akan melupakan kamera, maka Anda pasti tidak akan asing dengan istilah kamera Nikon. Tapi, tahukah Anda bahwa kamera Nikon merupakan produksi sebuah perusahaan yang ada di negara Jepang. Adapun perusahaan yang dimaksud yaitu Nikon Corporation atau Nikon atau disebut juga dengan Nikon Corp.  apa itu Nikon Corporation? Atau Nikon? Atau Nikon Corp?

Nikon Corporation atau Nikon atau Nikon Corp adalah sebuah perusahaan Jepang mengkhususkan dalam bidang optik dan gambar. Produk dari perusahaan asal Jepang ini salah satunya termasuk kamera, teropong, mikroskop dan alat pengukur. Menurut catatan kami perusahaan ini didirikan pada tahun 1917 sebagai Nihon (Nippon) atau kogaku kogyo di kota Tokyo, Jepang. Beberapa tahun kemudian berganti nama menjadi Nikon  yaitu pada tahun 1988. Pada akhirnya, pada tahun 2002, ia memiliki sekitar empat belas ribu tenaga kerja yang mana Nikon ini merupakan salah satu dari perusahaan dari Mistubishi.

Salah satu produk yang melegenda dari perusahaan ini dan memiliki pelanggan yang mendunia adalah lensa kamera Nikkor, kamera dalam air Nikonos, kamera professional yaitu Kamera Nikon seri Nikon F dan juga digital kamera Nikon seri-D. namun, dalam pasar digital lebih-lebih dalam dunia kamera, ia mendapat persaingan yang tidak kalah sengitnya dari Canon, Minolta, Leica, Pentax dan Olympus.

www.pexels.com

Apa Yang Dimaksud Dengan Kamera?

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kamera. Hal ini menjadi fundamental dan penting, sebelum kita beranjak untuk berkenalan lebih dalam dan lebih intens dengan kamera Nikon. Kenapa? Keran hal ini sangat penting kiranya agar pemahaman tentang Kamera Nikon tidak salah kaprah. Nah, sebenarnya kamera secara definisi yaitu merupakan seperangkat alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar (diam maupun bergerak) yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa.

Kalau kita lihat akan perjalanan sejarahnya, kamera juga memiliki perjalanannya dan sejarah tersendiri seperti manusia yang juga memiliki sejarah dan perjalannya tersendiri. Berbicara tentang sejarah dan perjalanan kamera dimulai dengan adanya evolusi kamera dimulai dari penghujung abad ke-19 yang ditandai dengan lahirnya kamera studio yang berdiri diatas tripod dengan menggunakan piringan kaca fotografis. Kamera pada awalnya disebut sebagai camera obscura. Istilah ini jika ditelusuri akar katanya dalam bahasa latin berarti ruang gelap.

Selain itu, penting juga dipahami bahwa camera obscura ini merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveksi, kemudian menempatkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas atau film. Kemudian, film ini diletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Jaman dulu kamera memang memiliki bentuk yang besar dan kaku alias kotak-kotak. Maklum waktu itu kamera Nikon belum lahir..hehehe

Pada masa sekarang kini kamera telah jauh berevolusi menjadi semakin canggih, simpel, portable dan praktis sekaligus stylish. Dari yang dulunya jadul dan konvensional hingga kini yang Jenis kamera tentu tidak hanya satu, tetapi sangat amat beragam. Adapun pihak-pihak pengembang atau perusahaan-perusahaan yang merupakan produsen kamera kenamaan seperti Kamera Nikon, Sony, Canon, Panasonic, Lumix dan sejenisnya telah lama mengembangkan kamera yang sesuai dengan beragam kebutuhan kita.

www.pexels.com

Kamera Nikon dan Alasan Menjadikannya Sebagai Pilihan

Sebagaimana yang telah disinggung di awal bahwa Nikon merupakan perusahaan multinasional asal Jepang yang bermarkas di Tokyo. Kamera adalah produk andalan dari Nikon. Lantas, apa keunggulan kamera besutan Nikon dibandingkan dengan kamera produksi perusahaan lainnya? Untuk hal itu, akan dipaparkan tentang beberapa hal yang menjadi kelebihan kamera Nikon.

  1. Kamera Nikon Memiliki Bodi Yang Lebih Solid Sehingga Terasa Lebih Tangguh

Kamera Nikon kebanyakan menggunakan material solid dan diklaim lebih tahan banting, namun efeknya kamera menjadi sedikit lebih berat. karena memiliki body yang solid dan berefek pada kadar beratnya. Disatu sisi hal ini memang menjadi keuntungan sekaligus kekurangan, ada konsumen yang merasa lebih mantap jika menggenggam Nikon, ada juga yang merasa terganggu dengan bobot kamera yang lebih berat dari kompetitornya. Untuk masalah ini, patut disadari bahwa pemilihan kembali pada persepsi masing-masing. Apakah kamu merasa ‘mantap’ ataukah malah terbebani dengan body yang solid ini.

  1. Kamera Nikon Menyodorkan Pengaturan Menu Yang Kompleks

Dalam kamera entah apapun itu, pengaturan kompleks bak dua sisi mata koin. Kamera Nikon memiliki kelebihan sebagai pengaturan menu yang kompleks. Satu sisi, pengaturan ini asyik untuk dikustomisasi, tapi sisi lain kamera Nikon jadi terkesan tidak ringkas alias ribet dalam penggunaannya. Banyak pengguna yang menyatakan Nikon itu pengaturannya tidak sesederhana Canon. Ya, pengaturan kompleks mungkin akan menjadi kendala bagi fotografer pemula yang baru saja belajar fotografi, namun untuk seorang mid-pro pengaturan yang kompleks menjadi sebuah keasyikan tersendiri, di mana sang fotografer bisa bereksperimen lebih banyak menggunakan settingan yang berbeda-beda.

Kombinasi settingan A, B, C akan menghasilkan hasil yang berbeda pula, kamera Nikon menyediakan banyaknya pengaturan yang bisa dikustomisasi. Seorang fotografer yang senang mencoba (trial) settingan yang berbeda akan menyukai kamera Nikon. Namun, kembali lagi, semua tentu tergantung kebutuhan, ada yang suka simple, ada yang suka full manual yang mana semuanya diatur menggunakan tangan sendiri.

  1. Kamera Nikon Rajanya Luar Ruang Dengan Kualitas Gambar Yang Lebih Tajam

Kamera Nikon memiliki gambar yang lebih tajam dan lebih kaya warna dibandingkan kompetitornya. Ketajaman gambar menjadi hal yang layak diperhitungkan dari Nikon. Warna yang lebih tajam dan tone warna yang lebih kaya sampai ke tingkat tekstur diklaim sebagai sebuah keunggulan kamera Nikon dari kompetitor-kompetitornya, sehingga kalau digunakan untuk foto pemandangan, teksturnya lebih terlihat jelas. Tak jarang, Nikon disebut sebagai rajanya luar ruang.

  1. Kamera Nikon Autofocus yang lebih efisien

Kamera Nikon ini bila dibandingkan Canon, image processing dari Nikon tidak terlalu halus dan tidak terlalu cepat. Namun fotografer dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan mode RAW saat memotret dan mengandalkan data yang ada untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Selain itu, fitur autofocus milik Kamera Nikon juga lebih efisien. Dengan dukungan image stabilization yang bagus, hasil foto yang didapat tentu sudah cukup memuaskan.

  1. Kamera Nikon Lebih Disukai Oleh Para Fotografer Profesional

Banyak sekali ditemukan bahwa fotografer yang lebih matang cenderung memilih kamera Nikon karena kualitas lensanya yang premium. Mereka membutuhkannya untuk seni dan teknik yang ahli. Terutama untuk kamu yang biasa memotret dengan pengaturan yang hati-hati dan suka sensitivitas yang lebih baik di cahaya redup dengan kontrol terbaik dari satu foto ke foto berikutnya, maka kamera Nikon adalah pilihan untukmu.

Selain itu, fotografer professional lebih menyukai lensa Nikon karena lebih terang dan lebar. Menariknya, lensa Nikon dapat digunakan untuk berbagai jenis kamera Nikon dan terasa nyaman dari sisi ergonomis. Pun, banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon.

www.pexels.com

Mengenal Kamera Nikon dan Jenisnya

Kamera Nikon memiliki banyak kelebihan dan keunggulan, sebagaimana yang telah disinggung di atas. Pada kesempatan ini akan dipaparkan kamera Nikon Coolpix. Apa yang dimaksud dengan kamera Nikon Coolpix? Coolpix adalah salah satu kamera pocket keluaran nikon. Ya, produk yang satu ini merupakan seri terbaru dari jajaran produknya yang sudah terbukti kecanggihannya. Kamera ini sedang naik daun di pasaran. Kamera pocket menjadi salah satu pilihan populer di kalangan anak muda. Harga yang dibanderol lebih terjangkau dibanding kamera DSLR. Pun dengan ukurannya yang ringan dan efektif dibawa kemanapun.

Kemampuan kamera pocket tak kalah dari kamera mahal lain. Fiturnya yang semakin komplit membuat kamu tergiur untuk membelinya. Ditambah variasi warna yang menjadi pemanisnya.

  1. Kamera Nikon COOLPIX P1000

Salah satu seri dari kamera Nikon Coolpix terbaik yang terkenal akan zoom optisnya yang panjang adalah P1000. Rentang zoom optis yang ditawarkan adalah 125x. Dengan kata lain, sama dengan wide angle 24 mm dan super telephoto 3000mm. Kamera ini dilengkapi dengan Digital Dynamic Fine Zoom sebesar 250x dan tombol zoom out sementara. Juga Dual Detect Optical VR yang dinilai bisa meredam goyangan saat mengambil gambar. Dan yang terakhir adalah sensor gambar 16MP dan viewfinder 2,36MP.

  1. Kamera Nikon COOLPIX W300

Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan seperti mendaki gunung atau diving, kamera ini sepertinya pilihan yang tepat. Layar LCD 3 inchi yang dipadu dengan sensor CMOS 16MP, GPS, NFC, hingga WiFi adalah fitur Coolpix W300. Kemampuan merekam videonya 4K serta zoom lima kali lebih dekat mendukung kecanggihannya. Kamu yang suka berenang bisa membawa masuk kamera Nikon Coolpix ini ke dalam air. Kedalaman maksimalnya 30 meter. Memudahkan kamu untuk mengambil gambar underwater bukan? Selain itu ketangguhannya juga tak bisa diragukan. Nikon tipe ini tahan dari guncangan setinggi 2,4 meter, tahan debu, dan tahan di suhu dingin hingga minus 10 derajat. Maka dari itu Nikon Coolpix W300 cocok untuk kamu yang suka dengan adrenalin.

  1. Kamera Nikon COOLPIX W100

Selain Coolpix W300, seri kamera Nikon Coolpix W100 juga cocok untuk dibawa menyelam, meski kedalamannya tak sebaik W100. Hanya bertahan dalam jarak 10 meter. Daya tahan hantamannya pun hanya 1,8 meter ketinggian, dan untuk suhu dingin, ketahanannya sama dengan W100. Bodinya yang terlihat kuat menarik minat para pecinta kamera. Dari segi hargapun sedikit berjarak dengan W300. Kamu tinggal menentukan kamera mana yang masuk ke wishlist!

Kemudahan dalam mengunggah gambar didukung dengan sistem Snapbridge. Sistem ini adalah sebuah koneksi bluetooth minim energi yang memungkinkan kamu untuk mengirim file foto atau video ke smartphone. Tentunya sistem ini berguna karena tak semua tempat yang kamu kunjungi menyediakan wifi. Sedang untuk kualitas rekaman video, kamera Nikon Coolpix murah tipe ini telah mendukung resolusi sebesar 1080 (Full HD). Fitur Electronic Vibration Reductionnya memperhalus suara video yang kamu rekam.

  1. Kamera Nikon COOLPIX A300

Seri berikutnya tergolong dalam golongan ultra-compact. Berbobot 119 gram dengan dimensi 96 x 58 x 20mm dan 8x zoom. Sensor 20MPnya bertipe CCD dan layar LCD sebesar 2,7 inch. Resolusi rekaman videonya belum mencapai full HD, hanya 720p. Namun, fitur Snapbridge masih menjadi penyelamat di kala hasrat upload foto mendera. Kamera ini memang tergolong kamera yang sederhana dengan harga yang tak mahal.

  1. Kamera Nikon COOLPIX A900

Desain kamera Nikon Coolpix A900 terbilang bagus dan tak terlihat pasaran. Layar 3 inchinya dipadukan dengan optical zoom yang memungkinkan kamu membidik objek dari jauh. Untuk urusan video, tipe ini bisa merekam dalam resolusi 4K karena sensornya yang beresolusi 20 MP. Fitur optical zoom yang disebut tadi memiliki kemampuan sampai 35 kali. Fitur ini yang menjadikannya populer. Harganyapun masih ramah di kantong.

  1. Kamera Nikon COOLPIX B500

Yang menonjol dari kamera Nikon Coolpix B500 adalah desainnya yang memiliki tonjolan panjang. Beratnya sekitar 542 gram. Body tersebut membuat kamera tipe ini terlihat kokoh namun ringan di tangan. High-Performance Vibration Reductionnya memudahkan kamu untuk mengoreksi gambar blur. Tombol di sisi belakangnyapun mudah ditekan. Kamu bisa mengambil ulang gambar dengan cepat.

  1. Kamera Nikon COOLPIX B700

Kemampuan optical zoom sampai 60 kali sedikit lebih baik daripada pendahulunya, B500. Kualitas LCDnya juga lebih jernih. Sensor BSI CMOSnya memungkinkan kamu untuk mendapatkan gambar dengan kualitas 20 MP. Fitur NFC dan WiFinya menjadi andalan baru tipe ini. Terlihat lebih modern dan efektif. Sejurus dengan kualitasnya yang meningkat, harganyapun tak sama dengan B500.

  1. Kamera Nikon COOLPIX A100

Kamera Nikon Coolpix murah tipe selanjutnya adalah A100. Tipe ini memiliki body yang terlihat kuat, padahal ukurannya tergolong ringan. Tebalnya hanya berkisar 0.9 inchi dengan berat 6.3 ons. Coolpix A100 cocok untuk petualang alam karena ketangguhannya. Kekuatannya dapat diuji dengan membawa kamera ini ke tempat bersuhu dingin atau alam yang cuacanya tak dapat diprediksi. Serta bisa tahan di kedalaman 10 meter. Hasil jepretannya berkualitas baik karena dilengkapi dengan lensa NIKKOR ED 28-140mm dan VR. Serta sensor BSI CMOS 16 MP dan GPS. Kamera ini juga telah mendukung perekaman video full HD. Sistem GPSnya memungkinkan kamu untuk melihat data yang dibutuhkan lewat Nikon ViewNX2. E-Compass di layar 3 inchinya juga membantu kamu jika tersesat di alam liar. Benar-benar pas untuk para petualang.

  1. Kamera Nikon COOLPIX A10

Mengoperasikan kamera Nikon Coolpix A10 sangat mudah. Hal itu terjadi karena tata letaknya yang simple. Kamera jenis ini memiliki kemampuan zoom 5x dan Image Stabilization yang mendeteksi gambar goyang atau tak fokus. Easy Hold Gripnya memudahkan kamu untuk memotret dan memegangnya. Selain mudah dibawa kemana-mana, kamera pocket ini juga menggunakan baterai AA. Kamu tak perlu takut akan kehabisan daya saat bepergian dengan Nikon Coolpix ini.

  1. Kamera Nikon COOLPIX P900

Seri Kamera Nikon Coolpix ini termasuk prosumer camera. Bentuknya menyerupai DSLR. Yang membedakannya adalah lensanya yang tak bisa diubah-ubah. Selain itu, sensor 1/2.3 inchi P900 ini tergolong kecil, yang membuat kualitas gambarnya tak sejernih DSLR. Namun masih di atas rata-rata dari kamera saku atau kamera ponsel lain. Yang membantunya adalah teknologi Extra Dispersion dan Back-lit Sensor Image yang efektif untuk mengambil gambar saat minim cahaya.

Adapun yang menjadi kekuranganya adalah kecepatannya saat dioperasikan. Terdapat jeda shutter ketika kamu akan memperjelas sudut pandang hingga 2000 mm. Jika kamu cukup sabar, maka kendala ini tak menjadi masalah. Selain itu saat kamu mencoba zoom di ekuivalen tertentu, maka gambar akan kehilangan ketajaman. Detail fotonya akan berkurang dibanding DSLR. Kamu perlu mengakalinya dengan beberapa trik supaya gambar jepretanmu tetap bagus dan menarik. Jika Anda ingin melihat bentuk kamera Nikon secara langsung, bisa mengunjungi mall-mall yang biasanya ditamilkan dalam bentuk visual. Tampilan dalam bentuk visual kamera Nikon ini ditayangkan di Sewa Videotron.

www.pexels.com

Mengenal Kamera Nikon dan Lensa Terbaiknya

Berbicara masalah lensa, kalau boleh mengibaratkan bahwa kamera dan lensa bagaikan dua sisi mata uang. Keduanya saling membutuhkan dan harus seimbang. Anda belum pernah kan melihat keping mata uang yang sisi yang satu memiliki diameter lebih kecil daripada sisi satunya? Demikian pula halnya dengan kamera dan lensa. Kamera yang bagus dengan lensa yang buruk atau sebaliknya, tentu tak akan menghasilkan pengambilan gambar yang prima.

Sekarang katakanlah Anda telah memiliki sebuah kamera digital yang keren, kamera Nikon misalnya, dan ingin melengkapinya dengan berbagai lensa untuk memotret dengan berbagai kondisi, maka ada baiknya kita berkenalan dengan kamera digital Nikon dan jenis lensa terbaiknya. Adapun lensa terbaik untuk kamera Nikon yang bisa dipaparkan sebagai berikut.

  1. Nikon AF-S DX Nikkor 16-85mm f/3.5-5.6G ED VR

Lensa Nikon AF-S DX Nikkor 16-85mm f/3.5-5.6G ED VR ini merupakan salah satu lensa yang paling tepat untuk upgrade menggantikan lensa bawaan kamera.Fasilitas yang ditawarkan oleh lensa ini adalah zoom yang lebih besar, dari 24 mm ekivalen lensa lebar hingga ke 128 mm tele. Performa pengambilan gambarpun menjadi lebih baik berkat motor autofocus yang cepat dan image stabilizer yang dimiliki oleh lensa tersebut.

  1. Nikon AF-S DX Nikkor 35mm f/1.8G

Lensa Nikon AF-S DX Nikkor 35mm f/1.8G ini memiliki aperture besar yang memungkinkannya mengambil foto di ruang indoor tanpa menggunakan lampu flash, serta membuat efek latar belakang blur atau bokeh.Hasil gambar yang diambil oleh lensa ini juga sangat jernih dan tajam. Dengan berbekal lensa ini, kamu bisa mengambil foto pada berbagai kondisi dengan rentang yang cukup lebar, mulai dari fotografi jalanan hingga portrait.

  1. Nikon AF-P DX Nikkor 10-20mm f/4.5-5.6G VR

Lensa Nikon AF-P DX Nikkor 10-20mm f/4.5-5.6G VR merupakan lensa yang cukup lama diidam-idamkan oleh fans kamera Nikon. Akhirnya lensa ini hadir memenuhi harapan mereka akan lensa wide angle, bisa zoom, bobotnya relatif ringan, dan harganya relatif murah. Meski begitu, kualitas lensa ini tidak bisa dibilang murahan. Bahkan lensa ini memiliki optical stabilization. Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan kamera Nikon keluaran lawas, 5 tahun lalu atau lebih, pastikan dulu apakah lensa kompatibel dengan kameramu.

  1. Nikon AF-P DX Nikkor 70-300mm f/4.5-6.3 G ED VR

Seringkali, lensa pertama yang dibeli oleh pengguna kamera digital di luar lensa bawaan adalah lensa tele. Sebaiknya pilih lensa yang mana? Nikon sendiri banyak macamnya.Ternyata lensa Nikon AF-P DX Nikkor 70-300mm f/4.5-6.3 G ED VR ini bisa dijadikan pilihan. Alasannya karena lensa ini tergolong lensa terbaru Nikon, memiliki rentang zoom yang jauh, autofocus yang cepat, dan dilengkapi dengan image stabilizer.Lensa tele ini bahkan cocok juga digunakan untuk mengambil video. Bobot lensa ini tergolong ringan untuk sebuah tele, yaitu 400 g.

www.pexels.com
  1. Nikon AF-S Nikkor 50mm f/1.8G

Dahulu, di era kamera analog, lensa 50mm (sering disebut dengan nifty fifties) merupakan lensa yang cukup populer. Setelah sempat tenggelam, kini lensa semacam ini bangkit kembali terutama untuk digunakan dengan kamera DSLR berformat APS-C. Lensa Nikon AF-S Nikkor 50mm f/1.8G ini kecil, ringan, dan relatif murah, namun kualitasnya prima. Gambar yang dihasilkan tajam dan cocok digunakan untuk mengambil foto bokeh. Lensa ini juga bisa digunakan untuk kamera full frame.

Nah, demikianlah perkenalan kita dengan kamera Nikon dan jenis-jenisnya. Jika Anda ingin melihat bentuknya secara langsung, bisa mengunjungi mall-mall yang biasanya ditamilkan dalam bentuk visual. Tampilan dalam bentuk visual kamera Nikon ini ditayangkan di Sewa Videotron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *