Umum

Kalender Hijriah Mengenai Nama Bulan Islam

 

Melakukan sebuah pembagian atau perhitungan sebuah waktu sebenarnya memiliki banyak sekali dasar-dasarnya. Untuk di negara Indonesia mungkin sering menggunakan hari atau bulan yang memang berdasarkan dari kalender biasa perhitungan hari Jawa sampai dengan nama-nama bulan Islam. Jika kalender yang standar mungkin yang banyak orang ketahui menggunakan sebuah sistem masehi di mana sistem tersebut memiliki sebuah perhitungan bulan yang dimulai dari Januari sampai dengan bulan Desember yang terdapat 12 bulan. Di dalam sebuah kalender Islam juga sama terdapat 12 bulan, namun untuk perhitungan nama dan harinya terdapat perbedaan.

Memahami Sejarah kalender Islam

Mungkin bagi umat muslim menyambut sistem kalender dalam agama Islam yaitu kalender Hijriyah. Di mana kalender ini berasal dari sebuah penanggalan tradisional yang berasal dari Arab. Walaupun kalender ini berasal dari sebuah Budaya tradisional namun terdapat sebuah unsur yang religius. Di tahun pertama dalam kalender Hijriyah ini Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekah sampai dengan ke Madinah. Sehingga untuk memperingati hal tersebut maka dibuatlah kalender Hijriyah ini. Terdapat sebuah perbedaan yang sangat terlihat dari sebuah kalender Hijriyah dengan sebuah kalender Masehi yaitu dari penggunaan peredaran bulannya.

Di mana jika kalender Masehi memiliki aturan dari waktu rotasi bumi dan revolusi yang mengitari matahari. Sedangkan untuk kalender hijriyah untuk proses pergantian hari ataupun tanggalnya terjadi di saat waktu maghrib. Di mana sebuah kalender Masehi terdapat jumlah hari yaitu 365 pada tahun biasa sedangkan pada tahun kabisat 366 hari. Untuk kalender dalam Hijriah mungkin memiliki jumlah hari yang lebih sedikit di mana untuk tahun yang biasa terdapat 354 hari dan untuk di tahun kabisat nya terdapat 355 hari. Hal tersebut memang terlihat sangat berbeda karena hari raya di dalam agama Islam terus bergerak dan pemerintah yang ada di Indonesia juga harus bisa menyesuaikan masa liburan yang besar setiap tahunnya. Selain perhitungan yang memang berbeda dari kalender Hijriah dengan kalender Masehi nama-nama bulan juga memiliki perbedaan. Di dalam sebuah kalender Hijriyah terdapat sebuah nama bulan yang memang memiliki arti sendiri di dalam sejarah islam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *