Islam

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Shalat Sunnah Muaqqad dan Macamnya

Sunnah Muaqqad alias Sunnah Muakkad ini merupakan sebuah ibadah sunnah bagi yang beragam Islam bersifat dianjurkan tuk dilakukan. Menurut beberapa pendapat,  sunnah ini  adalah sebuah anjuran yang juga mempunyai sifat menekan atau harus dilakukan.  Tentunya pengetahuan menganai sunnah muakkad ini harus dikuasai karena merupakan sunnah yang apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala. Jangan sampai meninggalkan sunnah ini karena ganjaran dari meninggalkannya adalah dosa.  Nah, dalam sunnah muakkad atau muaqqad ini, terdapat empat macam shalat yang harus diketahui. Maka dari itulah agar lebih paham lagi terkait dengan shalat sunnah ini, Anda harus menyimak apa saja  hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan sekaligus macam-macamnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Shalat Sunnah Muaqqad

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh Anda ketika menunaikan shalat sunnah muaqqad atau muakkad ini.  Beberapa hal ini harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik agar shalat yang dilakuakan sah. Adapun berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam shalat sunnah muakkad ini adalah sebagai berikut:

  1. Tanpa Pendahuluan

Dalam menunaikan shalat sunnah muakkad ini  tidak ada pendahuluan. Maksudnya adalah pendahuluan dengan iqomah dan adzan terlebih dulu.

  1. Pelaksanaan

Pelaksanaan shalat sunnah muakkad harus dilaksanakan secara sendiran alias munfarid. Namun terdapat pengecualian apabila macam shalat yang hendak ditunaikan adalah shalat sunnah idain.

  1. Niat

Memulai shalat sunnah muakkad ini, Anda harus mempunyai niat yang baik. Silahkan sesuaikan niat baik tersebut dengan macam shalatnya.

  1. Rakaat

Untuk rakaat dari shalat sunnah muaqqad ini  harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut. Rakaat dalam shalat ini adalah dua.

  1. Tempat untuk Melaksanakan

Sebaiknya dalam Anda menjalankan ibadah shalat sunnah muakkad ini, tempatnya tidak sama dengan tempat dimana menunaikan shalat wajib.

  1. Bacaan

Tedapat dua jenis cara membaca pada shalat sunnah muakkad ini yakni yang dibaca secara berbisik (sirri) dan yang dibaca secara keras (jahr). Untuk yang sirri sendiri ada shalat  sunnah rawatib dan shalat dhuha. Sedangkan untuk yang dibaca secara jahr ini ada shalat sunnah idain.

Macam-Macam Shalat Sunnah Muakkad

Setelah Anda mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan dalam menunaikan shalat sunnah muaqqad atau muakkad ini, selanjutnya yang harus diketahui adalah macam-macam jenisnya. Berikut adalah macam-macam shalat tersebut:

  1. Shalat Sunnah Rawatib

Macam pertama dari shalat sunnah muakkad ini adalah Sunnah Rawatib.  Shalat ini dilakukan sebelum atau sesudah shalat fardhu yang mana menyertai shalat tersebut.

  1. Shalat Sunnah Malam

Seperti namanya, shalat sunnah malam dilakukan ketika malam hari. Jangka waktu malamnya adalah setelah shalat isya hingga fajar kelihatan. Dalam shalat ini terdapat shalat tahajud yang didalamnya ada doa sholat tahajud dan memang terbilang sangat sering dilakukan masyarakat luas.

  1. Shalat Sunnah Idain

Idain mempunyai arti hari raya idul adha dan idul fitri. Shalat sunnah idain adalah shalat yang ditunaikan sebab kedatangan dari hari raya baik itu idul adha ataupun idhul fitri.

  1. Shalat Tahiyatul masjid

Macam shalat sunnah muakkad yang keempat ini  adalah shalat tahiyatul masjid. Artinya adalah shalat untuk penghormatan pada masjid.

Demikian itulah tadi merupakan informasi mengenai hal-hal yang  harus diperhatikan dalam shalat sunnah muaqqad beserta macamnya yang harus Anda ketahui. Tentunya setelah menyimak informasi ini, Anda semakin mengetahui mengenai shalat sunnah tersebut yang amatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *