Bisnis

Apa Itu Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik adalah suatu proses pengumpulan, pencatatan, klasifikasi, dan analisa serta pembuatan laporan transaksi keuangan yang telah dilakukan oleh sebuah organisasi atau instansi yang terkait dengan informasi keuangan yang akan dilakukan untuk mengambil sebuah kebijakan. System akuntansi ini akan berguna sekali unutk masyarakat banyak karena hasil dari perhitungan akuntansi ini akan digunakan sebagai acuan dalam pengambilan dan penentuan sebuah kebijakan public yang berkaitan dengan sektor keuangan. Dalam pengambilan sebuah keputusan akan diberlaukan system perhitungan terlebih dahulu agar dapat diketahui realitas yang ada. Dari realitas ini akan dapat diketahui tentang aturan atau kebijakan apa saja yang bisa diambil. Hadil dari perhitungan ini snaagt mempengaruhi pada kebijakan yang belaku. Hal ini mejadi snagat penting untuk dilakukan oleh organisasi atau instansi yang terkait dalam pegambilan setiap keputusan dan kebijakan akan diberlakukan.

pxhere.com

Tujuan dari akuntansi sektor publik

Dalam suatu system Akuntansi sektor publik ini ada beberapa tujuan dan sifat yang harus diketahui sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini akan menjadikan pengetahuan tentang system akuntans ini lebih dalam dan tidak akan terjadi kesalahan pemahaman tentang apa saja yang berkaitan dengan system auntansi ini. System auntansi ini memiliki tujuan pokok yang wajib dilaksanakan dalam pengambilan keputusan dari system ini. Tujuan ini meruapkan suatu tujuan dasar dari pengambilan system akuntansi ini. Jadi pihak dari organisasi ataupun instansi terkait dengan urusan keuangan harus mengatahui tujan dari system akuntansi yang diberlakukan agar keputusan atau kebjakan yang diambil kan tepat saran dan sesuai dengan yang telah diharapkan sebelumnya. Hal ini juga bertujuan agar system akuntansi yang dilakukan tidak emlencenga dari tujuan dan sifatnya. Pengambilan keputusan dan kebijakan akan lebih tepat dan sesuai dengan apa yang ingin diwujudkan.

Tujuan dari system ini pada dasarnya ada dua macam tujuan yang harus dilaksanakan agar mencapai keinginan yang telah diharapkan. Berikut adalah penjelasan tentang tujuan diberlakukannya system akuntansi ini.

  • Akuntansi dilakukan untuk mengkontrol. System akuntansi yang diberlakukan ini bertujuan untuk mengkontrol segala kebijakan ang ada pada suatu organisasi atau instansi terkait. Hal ini agar setiap keijakan atau aturan yang berlaku tidak menyimpang. Tujuan dari system akuntansi ini untuk memberikan informasi yang diinginkan agar pengelolaaan suatu organisasi atau onstansi dapat dilakukan dnegan efektif dan efisien. Hal ini berkaitan dengan kebijakan penggunaan sumber daya atau anggaran dari suatu organisasi atau instansi terkait.
  • Tujuan untuk akuntabilitas suatu organisasi atau intasi terkait. Tujuan dari system akuntansi ini lebih pada bidang pelaporan serta pertanggungjawaan pelaksanaan sumber daya yang telah dilakukan suatu organisasi atau instansi yang berhubungan dengan wewenang kebijakan yang ada. Akuntansi yang dilaukan untuk tujuan pelaporan tentang apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan oleh suatu organisasi atau instansi terkait.
pxhere.com

Pentingnya system akuntansi sektor publik

Akuntansi sektor public ini sangat penting untuk dilakukan karena hal ini berkaitan dnegan kepentingan banyak orang. Dalam system kauntansi ini, kebijakan atau aturan yang dihasilkan akan langsung berpengaruh pada pelayanan public. Jadi dalam implementasi dari kebijakan yang diambil akan melibatkan banyak orang. Jadi system perhitungan akuntansi ini sangat penting untuk dilakukan. Perhitungan yang dilakukan akan memperngaruhi dari kebijakan yang ada. Kebijakan ini yang telah diambil akan dilaksanakan dan dipatuhi oelh semua masyarakat. Jadi pentingnya hasil dari perhitungan akuntansi ini untuk kesejahteraan bersama. Bukan hanya suatu pihak yang akan diuntungkan dari kebijakan yang telah diambil dar hasil perhitungan akuntansi ini. Berikut adalah pentingnya dilakukan sitem akuntansi ini.

pxhere.com
  • Sektor public memiliki fungsi yang berperan penting dalam penyediaan barang dan jasa yang dipelukan masyarakat dan tidak bersifat pribadi. Barang dan jasa ini akan langsung dinikmati oleh semua masyarakat.
  • Sektor public sebagai regulator. Akuntansi ini memiliki peranan sebagai pengkontrol regulasi yang ada. Jadi hasil dari penghitungan akuntansi ini akan mempengaruhi semua kebijakan yang ada.
  • Sektor public sebagaii pengelola Negara. Hal ini berperan penting dalam jalannya suatu kebijakan pada Negara.
  • Pengelolaan keuangan suatu Negara. Akuntansi yang dilakukan untuk mengelola keuangan dan manajemen keunangn pada suatu Negara.
  • Sebagai laporan keuangan pada suatu Negara. Hasil dari penghitungan akuntansi ini akan berfungsi sebagai lapran keuangan yang valid dari suatu Negara.
  • Sebagai salah satu audit Negara. System akuntansi ini bisa dijadikan sebagai bahan pemeriksaan atau audit yang hendak dilakukan dalam suatu organisasi atau instansi terkait.
  • Sebagai wujud dari tata kelola yang baik. Dengan dilakukannya sitem perhitungan akuntansi ini maka kebijakan yang telah diambil dan ditetapan akan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ada. Jadi pada pengelolaan suatu organisasi atau insatansi terkait dapat dilakukan dnegan tepat dan tidak melenceng dari harapan yang telah diinginkan. Pengelolaan yang baik dapat dilihat dari hasil akuntansi yang dilaukan agar mencapai kebijakan yang sesuai dengan harapan. Jadi tata kelola yang baik juga merupakan andil dari system akuntansi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *