teknologi

AC Mobil Bunyi, Ada Masalah Yang Harus Diketahui

AC mobil bunyi memang menjadi hal yang mengganggu kenyamanan berkendara. Selain dapat merusak konsentrasi, bunyi berisik ini juga akan membuat penumpang di kabin merasa kurang nyaman. Meski begitu, ada pula beberapa orang yang cenderung kurang peka atau bahkan cuek pada masalah ini. Padahal, munculnya bunyi ini bisa menjadi pertanda akan adanya gangguan atau masalah pada sistem mobil Anda.

Penyebab Suara Berisik Pada AC Mobil

Diantara banyak penyebab AC mobil menjadi berisik, berikut ini yang paling umum terjadi diantaranya;

  1. Masalah di dalam mesin AC

Sumber bunyi berisik pertama kali bisa muncul dari bagian dalam mesin AC yang antar komponennya mengalami gesekan keras. Hal ini bisa dikarenakan oli yang habis atau karena usia komponen yang sudah mencapai batas pemakaian dan mengalami aus. Kondisi seperti ini akan membuat mesin AC bekerja lebih berat hingga memicu bunyi.

pxhere.com
  1. Kontaminasi

Adanya benda asing yang masuk ke dalam mobil juga perlu mendapat perhatian. Hal ini karena kontaminan seperti daun kering maupun serangga bisa masuk ke mesin AC hingga membuat mesin menjadi berisik. Kontaminan dapat mengganggu atau menghambat kinerja mesin AC mobil Anda atau memicu terjadinya gesekan dengan mesin AC.

  1. Pemasangan AC

Pada dasarnya, pemasangan AC mobil memang dapat dilakukan secara mandiri. Namun sayangnya, tanpa pengetahuan dan keterampilan khusus, pemasangan AC oleh para pemilik mobil secara sembarangan justru dapat memicu berisik AC. Ini karena adanya komponen yang tidak terpasang dengan tepat atau masih ada bagian yang longgar. Kondisi ini membuat AC mobil yang menyala akan bergetar lalu mengeluarkan suara berisik.

  1. Saluran AC yang bocor

Apabila saluran AC mobil Anda mengalami kebocoran, maka bagian refigrant menjadi lebih cepat habis. Oli yang berada pada bagian refigrant pun menjadi lebih cepat habis sebelum waktunya. Apabila oli tersebut kurang dari kadar cukup, maka akan memicu gaya gesek berlebih pada piston. Dengan demikian, mesin AC harus bekerja lebih keras dalam mendinginkan kabin mobil Anda dan membuatnya berisik.

  1. Kehilangan Kompresi

Kompresor AC berfungsi sebagai pemompa udara dari ruang freon menuju bagian kondesor. Apabila kinerja kompresor melemah, sudah dapat dipastikan bahwa udara yang dihembuskan ke kondesor pun juga akan ikut melemah. Inilah yang kemudian menimbulkan suara berisik atau bahkan AC tidak terasa dingin.

  1. Gangguan pada magnetic clucth

Magnetic clucth adalah bagian vital dalam AC mobil dimana saat bagian ini mengalami masalah, maka kinerja mesin AC juga ikut terganggu. Bagian ini juga menjadi penghubung antara mesin dengan bagian kompresor.

Setelah Anda mengetahui apa saja yang mungkin menjadi penyebab mengapa AC mobil bunyi di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk memperbaikinya.  Antara lain dengan

pxhere.com
  1. Membersihkan filter kabin

Bunyi yang mengganggu ini biasanya berada di bagian filter kabin, sehingga bagian saringan ini menjadi tempat pertama pemeriksaan Anda. AC mobil yang berisik dapat dipicu oleh timbunan debu di filter kabin. Kontaminan yang terlalu banyak mengendap akan menghambat kinerja AC.  Anda bisa membersihkan filter tersebut dengan menggunakan vacum cleaner agar debu dan kotoran dapat tersedot.

  1. Melakukan flushing

Flushing pada AC mobil yaitu proses mengganti oli yang ada di dalam kompresor AC dengan oli baru. Proses ini juga diikuti dengan penggantian freon lama ke freon baru. Dengan begitu, AC diharapkan kembali pada kondisi semula yang seharusnya lebih baik dan tak lagi bersuara berisik.

  1. Membersihkan kompresor

Setelah dilakukan pembersihan pada filter dan mengganti oli serta freon, tempat ketiga yang perlu Anda periksa adalah bagian kompresor. Kotoran yang ada di bagian kompresor ini juga memiliki dampak terhadap kinerja AC yang memburuk.  Dengan melakukan pembersihan, maka bukan hanya bagian dalaman kompresor yang diisi oli baru saja tetapi juga bagian luar juga terbebas dari berbagai macam kotoran.

  1. Adakah rembesan oli?

Saat melakuakn pembersihan, Anda juga perlu memperhatikan adanya rembesan oli yang menjadi pertanda akan adanya suatu kebocoran pada sistem AC. Saluran yang bocor akan mengundang berbagai resiko buruk terhadap kinerja AC, dan salah satunya adalah memicu suara berisik. Dengan mengetahui acanya rembesan oli, kebocoran dapat dideteksi sehingga berbagai masalah dapat dihindari. Tentu saja untuk mengetahui adanya rembesan ini, Anda perlu melakukan pembersihan.

pxhere.com
  1. Perawatan di service AC mobil

Seperti yang diketahui bahwa keempat hal di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah berbekal pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif. Selain itu, Anda juga perlu meluangkan waktu khusus agar pekerjaan Anda tidak terganggu dan mendapatkan hasil yang optimal. Pertanyaannya, apakah Anda memiliki semua itu?

Jika Anda tidak memiliki keahlian otomotif atau tidak ada waktu untuk melakukan perbaikan dan perawatan secara mandiri, maka tidak ada salahnya untuk membawa mobil Anda ke jasa service profesional yang memiliki tenaga berpengalaman didukung oleh peralatan memadai. Anda juga bisa melakukan perawatan ke bengkel resmi sekaligus saat melakukan service berkala.

Para teknisi berpengalaman akan selalu memiliki berbagai solusi untuk masalah AC mobil Anda. Dengan penanganan yang efektif dan efisien, Anda akan mendapatkan hasil maksimal untuk perawatan AC mobil Anda.

Itulah tadi penyebab-penyebab AC mobil menjadi berbunyi serta apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegahnya. Untuk dapat mengetahui berbagai masalah pada mobil, seperti halnya pada AC, Anda sebagai pemiliki dituntut lebih peka terhadap bunyi-bunyian yang terdengar janggal dan tidak biasa. Hal ini untuk lebih memudah mendiagnosa kerusakan dan mencegah kerusakan semakin parah karena terlambat mendeteksi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *