design,  home

Tips Menata dan Menjaga Dapur Minimalis Anda

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang sangat penting. Saat ini, memiliki dapur yang luas maupun kecil bukan menjadi masalah lagi. Apabila perabotan dapat disusun dengan benar, maka dapur tetap akan terlihat indah dan rapi. Kebersihan dan kerapian dapur merupakan hal terpenting, karena disanalah anda menyiapkan masakan untuk keluarga. Terkadang anda akan membeli terlalu banyak perabotan tanpa berpikir, padahal kitchen set anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan peralatan.

Dengan adanya perkembangan gaya hidup, semakin banyak orang yang lebih memilih menggunakan kitchen set sederhana. Mungkin saat ini memasak sudah bukan menjadi hal utama, karena kebanyakan orang memilih untuk membeli saja. Namun bukan berarti dapur tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu kitchen set sederhana merupakan solusi terbaik supaya kegiatan memasak tetap bisa dilakukan tanpa menghabiskan ruang.

unsplash.com

Tips Menata dan Menjaga Dapur Minimalis

  1. Pilih desain awal dengan tepat

Ketika mendesain sebuah rumah, jangan lupa untuk menentukan desain dapur dengan tepat. Saat ini, dapur juga merupakan salah satu hal penting dalam rumah. Desain dapur dengan bentuk L bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Dengan menata dapur dari dua buah counter yang disusun dengan bentuk siku-siku, diharapkan dapat memudahkan anda dalam bergerak dan melakukan kegiatan memasak. Dapur berbentuk L juga dapat digunakan lebih dari satu orang.

  1. Tentukan prioritas peralatan yang dibutuhkan

Saat membeli peralatan memasak, alangkah lebih baik jika anda mencatat alat-alat yang paling utama lebih dahulu. Lalu, letakkan peralatan yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Pisahkan peralatan yang sering digunakan dengan yang digunakan hanya sesekali. Setelah mengetahui tips ini, cobalah untuk menata peralatan memasak dari yang sering digunakan sampai yang jarang digunakan.

  1. Pilih furniture yang sesuai dengan desain dapur

Gunakanlah furniture seperti meja dan kursi yang terbuat dari bahan ringan dan ramping, agar tercipta suasana dapur minimalis modern. Dengan perabotan tersebut dapat membuat dapur anda tidak terlihat ramai meskipun memiliki ruang yang sempit. Perabotan dan kitchen set dengan bahan utama stainless steel juga dianjurkan bagi dapur minimalis. Selain karena bahannya yang awet dan tahan lama, stainless steel juga memberikan kesan netral bila dipandang. Anda juga dapat menggunakan motif alami permukaan kayu pada kabinet dapur, yang pasti juga cocok untuk dapur minimalis.

  1. Penentuan cahaya yang baik untuk dapur minimalis

Meskipun anda memiliki dapur yang kecil, namun pencahayaan tetap menjadi hal utama pada dapur anda. Tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier pada dapur, anda hanya perlu menggunakan lampu gantung pada langit-langit dengan watt yang cukup tinggi. Dengan begitu pekerjaan masak-memasak akan terasa lebih nyaman.

unsplash.com
  1. Gunakan single sink

Agar kitchen set anda terlihat lebih luas, maka gunakanlah sink sati mangkuk atau single sink pada dapur anda. Apabila anda memaksakan menggunakan banyak sink, dapur anda tidak akan memiliki banyak ruang untuk benda atau perabotan lain. Anda dapat menambah saringan yang dapat di lepas pasang pada bak cuci piring, sehingga tidak akan memakan tempat.

  1. Simpan peralatan dapur dengan benar

Kegiatan masak-memasak akan terasa sibuk dan melelahkan bila anda tidak meletakkan peralatan dengan benar. Maka sebaiknya anda menyimpan atau meletakkan barang dengan benar dan masuk akal. Misalnya taruhlah rak penyimpanan piring disebelah wastafel, serta bumbu masakan berdekatan dengan kompor.

  1. Cuci peralatan setelah digunakan

Dapur minimalis sangat mudah terlihat kotor dan penuh. Maka sebaiknya anda segera mencuci peralatan memasak dan makanan setelah digunakan. Bila noda pada dapur dibiarkan dalam waktu lama, akan semakin sulit untuk membersihkannya dan membuang waktu. Sehingga, lebih baik bila segera mencuci peralatan setelah digunakan.

  1. Segera kembalikan barang ke tempat semula

Setelah selesai memasak, biasakan untuk segera mengembalikan peralatan yang dipakai ke tempatnya. Karena dapur minimalis akan terlihat rapi dan bersih bila peralatan tidak berserakan di meja dapur atau tempat pencucian. Selain itu, dengan memiliki kebiasaan meletakkan barang pada tempatnya akan memberikan kesan luas pada dapur anda. Anda juga dapat dengan mudah menemukan barang yang dibutuhkan untuk memasak di kemudian hari.

unsplash.com
  1. Tata barang di lemari atau rak gantung

Untuk dapur minimalis, anda dapat menata peralatan memasak dan makan di lemari kaca agar dapur terlihat luas. Atau anda juga bisa menggunakan rak-rak gantung sebagai pengganti lemari, namun anda perlu memperhatikan penyusunannya. Anda harus selalu menjaga kebersihan tempat penyimpanan, karena tempat tersebut mudah lembab dan dapat menjadi rumah kuman dan bakteri.

  1. Bersihkan permukaan dapur setiap hari

Gunakanlah pembersih untuk membersihkan permukaan benda-benda yang ada di dapur, misalnya wastafel, rak piring, counter top, kulkas dan lain sebagainya. Dengan selalu menjaga kebersihan dapur, maka kegiatan memasak akan lebih menyenangkan.

Demikianlah beberapa tips menata dan menjaga dapuur minimalis, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Tetaplah menjaga kebersihan dan kerapian dapur anda, karena dapur merupakan tempat untuk membuat berbagai masakan yang akan disajikan untuk keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *