fauna

Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang banyak digemari untuk di Indonesia. Kucing ini sangat memikat karena memiliki bulu yang halus dan lebat. Tidak hanya itu saja, kucing ini bertingkah laku aktif sehingga banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kucing dengan jenis Anggora ini merupakan kucing yang berasal dari Turki di daerah Angora yang saat ini menjadi Ankara. Kemudian kucing ini sangat digemari  dan banyak yang memeliharanya. Sering kali kucing ini dibudayakan dan salah satunya untuk diadopsi. Nah, apabila saat ini anda ingin mengadopsi Anggora yang asli maka anda harus tahu dulu mengenai ciri-ciri Anggora yang asli. Dengan adanya penjelasan ini pastinya anda akan lebih tahu mana anggora yang asli dan yang campuran dengan jenis kucing lainnya.

Ciri-Ciri Kucing Jenis Anggora yang Asli

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai kucing jenis Anggora dengan ras yang asli. Semua ini dilakukan demi bisa membedakan jenis Anggora yang asli dan kucing dengan campuran ras lainnya.

  1. Kepala kucing

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah bentuk kepala kucing yang memang sekilas seperti kepala kucing lokal. Memiliki bentuk segitiga terbalik dengan bagian kepala atas lebih lebar dan akan semakin mengerucut ke bagian dagu. Pada posisi kepala bulunya tidak terlalu panjang sehingga  jelas berbeda dengan kucing jenis persia.

  1. Telinga Anggora

Berbeda sekali dengan kucing persia, Anggora memiliki telinga yang lebih lebar pada bagian bawah dan mengerucut pada ujung telinga. Jarak telinga Anggora lebih berdekatan, jadi kalau tidak teliti bentuk telinganya sekilas mirip dengan kucing lokal. Jadi telinga kucing Anggora ini tidak terlalu panjang dan banyak bulunya sehingga terlihat jelas.

  1. Mata kucing jenis Anggora

Mata jenis Anggora ini memang terbilang sangat unik, karena memiliki mata yang sedikit miring ke atas dan bentuknya seperti buah almond. Kemudian warna mata kucing ini kuning, Anggora memiliki warna mata yang berbeda dengan mata kucing lainnya karena berwarna biru. Namun perlu kalian ketahui kalau mata Anggora berwarna biru maka kucing ini memiliki kekurangan yaitu tuli. Tetapi tidak semua kucing  Anggora bermata biru memiliki kekurangan tuli.

  1. Hidung Anggora

Kucing jenis Anggora ini memiliki bentuk hidung yang sama layaknya kucing lokal. Anggora memiliki bentuk hidung yang lebih mancung dan didukung dengan bentuk wajah yang lebih lonjong.

  1. Ekor Anggora

Keunikan kucing jenis Anggora ini terletak pada ekornya. Anggora memiliki ekor yang panjang dan ditumbuhi oleh bulu yang lebih lebat dan tebal dibandingkan dengan bulu bagian tubuh lainnya. Kalau anda mengamati dengan teliti maka bulu ekor Anggora bisa mengembang seperti ekor musang.

  1. Kelangkaan jenis Anggora asli

Anggora merupakan salah satu ras kucing yang langka, memiliki harga yang sangat mahal pastinya memiliki jenis Anggora yang asli menjadi sebuah kebanggan.

Cara Merawat Kucing Anggora Agar Lebih Menawan

Merawat hewan peliharaan seperti kucing itu tidak terlalu susah, namun juga tidak gampang. Sebagai pemilik anda perlu memperhatikan banyak hal agar kucing anda tetap indah dan sehat. Apalagi anda memiliki kucing dengan jenis Anggora yang harus bersih sehingga akan lebih repot dari kucing lokal. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara merawat kucing Anggora yang lebih mudah di praktikkan.

  1. Lebih mencocokkan gaya hidup

Kita ketahui bersama kalau kucing dengan jenis Anggora ini merupakan salah satu hewan dengan tipe aktif, namun Anggora ini sangat haus kasih sayang dari pemiliknya. Ketika kucing ini anda tinggalkan dalam kurun waktu yang lumayan lama maka Anggora mulai menunjukkan perubahan sikap yang kurang menyenangkan. Ketika anda memiliki kegiatan yang tidak terlalu padat dan lebih banyak dirumah maka tidak ada salahnya untuk memelihara Anggora.

  1. Memiliki kandang yang tepat

Cara merawat Anggora sebenarnya tidak sulit, anda hanya perlu menyiapkan kandang yang lebih bagus dan didukung peralatan yang bagus. Anda hanya perlu menyiapkan kandang yang lebih luas agar bisa bermain, karena Anggora ini suka sekali bermain. Tak lupa untuk menyiapkan pasir zeolit yang berfungsi sebagai alas dan buang air. Maka anda juga harus rutin untuk mengganti pasirnya.

  1. Menjaga pola makan dan berat badannya

Obesitas tidak hanya dialami oleh manusia saja, masalah yang sering dihadapi oleh Anggora juga masalah obesitas. Jadi anda sebagai pemilik harus tau cara menjaga pola makan agar tidak sampai mengalami obesitas. Disarankan untuk anda membeli makanan kucing yang kaya akan protein.

  1. Menyediakan tempat untuk bermain

Biasanya banyak orang yang hanya fokus untuk menjaga kebutuhan fisik saja, sehingga banyak yang melupakan untuk memenuhi kebutuhan mentalnya yaitu dengan bermain. Jadi di kandang silahkan bisa disediakan mainan tikus palsu, bola karet, dan yang paling sering digunakan adalah alat memanjat.

Demikianlah penjelasan mengenai kucing jenis Anggora yang merupakan Long hair cat breeds yang banyak digemari oleh masyarakat. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah ilmu dalam mengenal ciri-ciri Anggora yang asli dan cara merawatnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *