Wisata

Wisata Seru Mengelilingi Danau Toba

Danau Toba merupakan objek wisata yang sangat luas. Jika Anda mencari tempat bersantai sekaligus tempat untuk melakukan berbagai macam aktifitas seru yang tidak bisa dilakukan di tempat lain. Danau terbesar di Indonesia ini mempunyai luas permukaan lebih dari 1000 km2. Danau vulkanik ini tidak hanya dikenal di seluruh Indonesia tetapi juga mancanegara. Banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi danau ini untuk bersantai. Walaupun merupakan sebuah danau, di sini aktifitas wisatawan tidak terbatas hanya menikmati keindahan danau saja. Banyak hal mengesankan lainnya yang bisa dilakukan.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Wisatawan

Di dekat Danau Toba terdapat sebuah desa bernama Ambarita. Desa ini sangat terkenal karena terdapat beberapa benda peninggalan desa Batak kuno zaman dahulu. Oleh sebab itu desa ini dikenal objek wisata reruntuhan Desa Batak Kuno. Salah satu benda yang menarik yang ditemukan di sini adalah beberapa kursi batu. Beradarkan beberapa informasi dari Luarkota.com, kursi-kursi tersbut digunakan oleh raja setempat pada masa lampau untuk mengadili warha setempat yang melakukan kesalahan. Oleh sebab itu situs kursi batu ini juga dikenal dengan mana Batu Parsidangan.

pxhere.com

Di sekitar Danau Toba juga berdiri sebuah museum. Museum in dinakaman sebagai Museum Batak yang berupa sebagai pemugaran rumah tradisional raja kuno. Walaupun hanya berukuran kecil, berbagai sejerah dan kesenian Batak. Tak hanya itu, wisatawan yang datang akan disuguhi pertunjukan tarian tradisional khas batak. Di sekitar tempat ini juga banyak para penjual ulos tenun, kain khas Batak. Biasanya para wisatawan berburu kain ini untuk dijadikan oleh-oleh. Kain ulos tenun umumnya biasanya digunakan dalam acara-acara adat. Kain ini dipakai dengan cara dililitkan di kepala untuk menghindari panas terik matahari. Anda harus pintar-pintar menawar untuk mendapatkan harga kain tenun ulos yang murah.

Aktifitas seru lainnyayang biasa dilakukan oleh para wisatawan adalah berkendara mengelilingi pulau Samosir yang letaknya di tengah-tengah Danau Toba. Anda bisa menyewa sebuah motor dan berkendara melihat keindahan pulau. Di pulau Samosir terdapat banyak beberapa gereja tua yang kerpa dijadikan latar belakang foto. Anda juga bisa berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan penduduk sekitar yang terkenal ramah. Tentunya Anda tak boleh melewatnya aktfitas memancing di Danau  Toba. Umumnya kegiatan memancing dilakukan di pagi hari karena pada waktu ini,iikan-ikan basanya berkumpul dan berenang di dekat dinding kapal. Menariknya Anda dapat memancing di malam hari. Ikan-ikan tetap akan terlihat karena tertarik dengan sinar senter yang Anda pakai. Di pulau Samosir juga terdapat danau bernama Sidihoni. Apabila Anda menyukai tantangan, Anda harus mendatangi Danau Sidihoni. Medan menuju danau ini sangat sempit dan terjal.

pxhere.com

Akses ke Danau Toba

Danau Toba letaknyan cukup jauh dari Medan. Jarak antara Medan dan Danau Toba kurang lebih 200 km. Lokasi ini bisa dicapai dari Brastagi atau Parapat. Kebanyakan wisatawan memilih memulai perjalanan dari Brastagi kerena walaupun jalannya berkelelok-kelok, pemandangan di kanan kirinya sangat indah. Nah untuk pilihan transportasinya, ada beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan. Di manapun Anda berada di kota Medan, sepertinya masalah transportasi tidak menjadi masalah karena saat ini sangat mudah untyk mencari ojek online. Anda tinggal pesan gocar atau grab car dengan lokasi tujuan Simpang Lima. Nah dari sini, Anda bisa menggunakan travel agen yang akan membawa Anda ke Danau Toba melawati jalur pegunungan yang indah dan udaranya pun sejuk. Lama perjalanan adalah sekitar 6-7 jam.

Pilihan yang kedua adalah menggunakan angkot dari Medan dengan tujuan Terminal Amplas. Setelah itu, cari bis tujuan Parapat. Perjalanan biasanya lebih lama daripada opsi yang pertama. Turun dari bis, Anda sudah berada di pelabuhan Ajibata yang akan membawa Anda menuju pulau Samosir dengan kapal Ferry. Sesampainya di pulau Samosir, Anda bisa langsung mencari penginapan atau menyewa sepeda motor terlebih dahulu untuk jalan-jalan.

pxhere.com

Opsi yang ketiga adalah dengan menyewa mobil langsung dari Medan. Tetapi biayanya pasti lebih mahal dan Anda harus menyewa mobil tersebut untuk paling tidak 3 hari agar bisa berwisata di Danau Toba dengan maksimal. Keuntungan yang didapat dengan merental mobil adalah Anda bisa mampir ke beberapa tempat wisata lainnya di sepanjang perjalanan Medan – Samosir, misalnya air terjun Sipiso-Piso atau tama alam Lumbini di Brastagi yang terkenal dengan pagoda indahnya.

Masih ada satu cara lagi untuj menuju Danau Toba dari Medan yaitu dengan pesawat. Perjalanan udara dari Bandara Kualanamu ke Bandara Silangit ditempuh hanya dengan waktu kurang dari 1 jam saja. Dari Bandara Silangit ke Pangururan, Anda bisa naik bis atau angkot dengan waktu tempuh 3 jam. Jarang sekali wisatawan yang memilih opsi ini karena selain hargat tiket pesawat yang mahal, waktu tempuh sampai ke Samosir pun masih tetap jauh. Tetapi jika Anda datang dari luar pulau, opsi ini mungkin bisa menjadi pilihan karena ada direct flight dari Jakarta ke Tapanuli Utara. Jadi, silakan disesuaikan saja mana opsi yang paling cocok untuk Anda.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *