Umum

Mengetahui beberapa alasan kenapa telat haid

Datang bulan atau HAID adalah sesuatu hal yang rutin yang pasti di alami oleh wanita yang sehat jasmani. HAID rutin datang pada wanita setiap bulan dan itu menjadi tanda bahwa kesehatan wanita tersebut terjaga dengan baik. Namun di dalam beberapa kasus tertentu, ada beberapa kemungkinan kalau wanita akan mengalami telat HAID atau datang bulan. Nah, jangan panik dahului karena sebenarnya ada beberapa penyebab telat HAID yang mungkin belum teman teman ketahui. Untuk mengetahui hal tersebut maka berikut ini adalah beberapa penyebab Kenapa telat haid yang wajib kamu tahu.

Penyebab telat datang bulan atau HAID

  1. Kelebihan berat badan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa indeks massa tubuh di atas 30 akan memiliki kecenderungan untuk terlambat haid, ini dikarenakan wanita dengan berat badan berlebih akan memicu hormon yang berakibat pada telatnya haid bulanan anda.

  1. Berat badan kurang

Tidak hanya obesitas atau kelebihan berat badan saja yang bisa menyebabkan terlambatnya haid, akan tetapi berat badan wanita yang berada pada 10% di bawah berat ideal pun bisa memiliki resiko terganggunya fungsi tubuh hingga ovulasi yang terganggu, ini artinya proses lepasnya sel telur dari indung telurnya dapat terganggu sehingga siklus datang bulan atau haid pun menjadi terlambat.

  1. Penggunaan kontrasepsi

Dalam beberapa kasus penggunaan alat kontrasepsi pada wanita juga bisa menimbulkan resiko telat haid terutama untuk jenis pil dan suntik, hal ini dikarenakan adanya kandungan hormone estrogen dan progestin dalam alat kontrasepsi tersebut. Biasanya siklus haid akan kembali normal setelah 6 bulan sejak pemasangan alat kontrasepsi tersebut dilakukan.

  1. Kendala tiroid

Hormone tiroid yang terganggu juga bisa memicu telatnya haid, sebab kelenjar inilah yang mengatur system metabolisme dalam tubuh hingga siklus menstruasi. Beberapa gejala dari adanya gangguan terhadap kelenjar tiroid antara lain seperti tubuh yang sensitive terhadap suhu panas atau dingin, berat badan berubah – ubah, rambut rontok, serta badan yang mudah Lelah dan gampang sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *