Wisata

Wisata Menarik di Malang Malang, Primadona Wisata Baru untuk Berlibur

Malang merupakan salah satu wilayah yang termasuk di dalam Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan pesona wisata alam dan wisata kotanya yang sangat menarik dan tak jarang unik. Sehingga tak heran jika banyak para wisatawan yang berbondong-bondong datang ke kota ini baik wisatawan dalam maupun luar kota serta wisatawan mancanegara. Daya tarik tempat-tempat wisata baik wisata alam, wisata permainan, wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata lainnya yang disajikan seolah menjadi magnet yang menarik banyak paran pengunjung terutama ketika libur panjang maupun libur akhir pekan tiba. Apalagi tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di Malang cocok untuk semua kalangan baik anak-anak, pelajar atau mahasiswa, hingga dewasa atau orang tua.

Fasilitas-fasilitas yang memadai serta akses yang mudah dijangkau dengan berbagai jenis transportasi membuat Malang semakin diminati para pengunjung. Belum lagi menjamurnya hotel-hotel penginapan di sekitar tempat wisata maupun tempat-tempat strategis seperti bandara, terminal, maupun stasiun yang ditawarkan dengan harga murah dan terjangkau. Tak heran jika Malang selalu ramai pengunjung terutama anak-anak muda yang hobi berlibur baik untuk sekedar refreshing atau menyegarkan pikiran dari kepenatan kerja sehari-hari maupun untuk keperluan eksistensi. Tempat-tempat wisata yang disediakan pun dikelola dengan sangat baik dengan fasilitas yang sangat memadai dengan menggunakan penataan dan teknologi modern.

Kalian pun tak perlu bingung untuk menyusun jadwal perjalanan ketika akan berlibur ke Malang. Secara praktis kalian bisa ikut paket wisata Malang yang biasanya ditawarkan oleh pihak-pihak perusahaan tour tertentu. Namun, jika ingin menyusun jadwal perjalanan atau itinerary sendiri jangan lupa untuk memperhatikan lokasi dan jarak yang akan ditempuh dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Pertimbangkan pula jaraknya dengan hotel atau penginapan tempat kalian menginap karena sangat penting agar waktu yang digunakan selama liburan lebih efektif dan efisien. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata menarik di Malang yang wajib dikunjungi jika kalian sedang berada di sini:

Coban Rais

Tempat wisata yang berlokasi di Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur tepatnya kurang lebih 16 km dari Kota Malang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Selain pemandangan alam berupa air terjun yang dikelilingi rindangnya pepohonan, terdapat pula wahana-wahana permainan yang seru dan menarik bahkan bisa memacu adrenalin. Salah satu aktivitas wisata seru yang bisa kalian lakukan di sini adalah mengayuh sepeda di udara. Jika biasanya mengayuh sepeda di jalanan biasa, kali ini kalian akan mengayuhnya di udara sambil menikmati keindahan panorama bukit yang menawan di sekitar air terjun Coban Rais dengan latar langit biru dan awan putih yang begitu menawan.

Air terjun di Coban Rais ini memiliki tinggi 20 meter dan mengalir melalui perbukitan hijau yang penuh dengan semak belukar. Selain menikmati pemandangan yang ada, kita pun bisa bermain air di sini. Jangan lewatkan untuk berfoto sebanyak mungkin karena terdapat tempat-tempat dan spot menarik yang bisa dikunjungi di sini. Seperti spot foto dengan tulisan I LOVE YOU dengan latar pemandangan pepohonan hijau dan ketika malam hari lampu yang membentuk tulisan tersebut pun menyala dengan indah. Tentu akan menjadi momen yang sangat romantis ketika bisa menyatakan cinta kepada orang tersayang di tempat ini. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan sambil ber-hammock ria di sini. Untuk memasuki kawasan wisata ini kalian cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,00 dengan biaya parkir Rp 2.500,00. Jika ingin foto selfie di spot-spot yang disediakan pun cukup dengan membayar Rp 10.000,00.

www.pexels.com

Goa Pinus

Di era digital sekarang ini, tempat-tempat wisata yang memiliki spot menarik untuk berfoto tentu menjadi tempat wisata yang digandrungi untuk didatangi. Salah satu tempat wisata di Malang yang instagrammable adalah Goa Pinus. Sama seperti hutan pinus yang terdapat di daerah lainnya, hanya saja ada yang sedikit berbeda dengan Goa Pinus ini. Selain pemandangan hutan pinus dengan latar pemandangan indah Kota Batu dan udaranya yang sejuk sehingga mampu untuk menyegarkan pikiran, perjalanan ke Goa Pinus merupakan liburan yang cukup menyenangkan. Terdapat banyak spot-spot menarik yang disediakan untuk para pengunjung. Gerbang masuk yang sangat menarik dan artistik dengan adanya cabang-cabang pohon yang seolah-olah dibuat membentuk bingkai, gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan hijau yang menakjubkan dari ketinggian, dan beberapa gubuk lainnya yang terbuat dari bahan-bahan alam berupa kekayuan bahkan ada pulau yang berbentuk seperti Hanoi atau rumah adat yang ada di Papua. Untuk memasuki kawasan wisata ini cukup dengan membayar Rp 5.000,00 saja. Lokasi Goa Pinus sendiri berada di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

 

Kampung Warna-Warni

Kampung Jodipan atau yang disebut sebagai kampung warna-warni ini cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Dulunya kampung ini merupakan kawasan yang kumuh dan kusam, namun sekarang sudah menjelma menjadi tempat wisata yang menarik berkat ide dari sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka mewarnai tembok-tembok luar rumah warga dengan cat warna-warni dan lukisan-lukisan mural baik yang 2 dimensi maupun efek 3 dimensi. Hampir setiap bagian di Kampung Jodipan ini menjadi tempat yang menarik untuk befoto bersama teman-teman maupun selfie. Beberapa spot yang menarik dan wajib kalian kunjungi ketika berada di sini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemandangan dari Jembatan Embong Brantas

Lokasinya berada sekitar 500 meter kea rah selatan Stasiun Malang Kota Baru. Melalui Jembatan Brantas ini kalian akan menemukan sebuah kampung yang penuh warna-warni dan menjadi spot yang sangat cocok untuk berfoto di sini.

  • Menyeberangi sungai di atas Jembatan Kaca

Meskipun terbilang baru, jembatan ini cukup unik dan mampu menjadi daya tarik baru di mata para wisatawan. Jembatan yang melintasi Sungai Brantas ini menghubungkan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Jembatan tersebut memiliki dasar kaca yang mungkin bisa dibilang mirip dengan jembatan kaca yang berada di Zhangjiajie, Cina. Jika kalian phobia terhadap ketinggian, hati-hati ketika menaiki jembatan kaca yang berwarna kuning emas sepanjang 25 meter dan lebar 1,25 meter di atas ketinggian 9,5 meter ini.

  • Payung-payung yang melayang-layang di Balai Payung

Lokasi Balai Payung ini terdapat di komplek utama Juanda dan seringkali dipenuhi oleh para wisatawan karena spotnya yang sangat menarik untuk latar foto.

  • Lukisan 3D yang membuat gambar seolah menjadi nyata

Jangan lupa untuk berfoto di setiap tembok atau tempat yang terdapat gambar 3D-nya seperti mural dengan gambar hiu, T-Rex, gorilla, maupun binatang lainnya.

www.pexels.com

Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Tak hanya wisata kotanya saja yang wajib dikunjungi, karena wisata pantai di Malang ini juga menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Pantai-pantai di sini pun sangat memikat dengan hamparan pasir putihnya nan lembut dengan ombaknya yang cukup besar sehingga kalian harus hati-hati ketika berada di wilayah pantai-pantai di Malang. Selain pantainya, ternyata terdapat spot-spot unik yang cukup menarik perhatian di wilayah pantai tersebut salah satunya adalah kawah di tepi pantai dan kolam renang alamai di Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari. Lokasi Pantai Mbehi belum banyak diketahui orang karena letaknya yang berada di balik hutan lindung. Air lautnya pun memiliki keunikan dengan gradasi warna turquoise-nya.

 

Selain itu, di pantai ini kalian akan menemukan sebuah lubang besar yang menyerupai kawah di tepi karang besar yang tembus langsung ke permukaan laut. Ketika ombak besar datang, airnya akan menyembur melalui sela-sela kawah ini hingga ke udara. Hati-hati dan jaga jarak ketika berada di dekat kawah ini. Keunikan lainnya yang bisa ditemukan di pantai ini adalah Teluk Bidadari berupa Cerup pada batu karang yang berisi air laut yang jernih sehingga terlihat seperti kolam renang alami yang cukup dangkal. Kalian bisa berendam dan menikmati keindahan alam sekitar pantai tersebut. Untuk memasuki kawasan wisata ini kalian cukup membayar Rp 5.000,00 untuk kawasan Pantai Mbehi dan Rp 10.000,00 untuk jasa pemandu untuk trekking ke Teluk Bidadari. Lokasinya berada di Desa Sumberbening, Bantur, Malang.

Pantai Balekambang

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Balekambang merupakan Tanah Lot-nya Malang karena terdapat sebuah pura nan anggun yaitu Pura Amerta, Jati yang berdiri kokoh di atas sebuah pulau kecil layaknya di Tanah Lot Bali. Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo yang dihubungkan dengan jembatan dari pesisir pantai ini. Menikmati pemandangan matahari terbenam ketika berada di pantai ini tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, kalian akan dapat menyaksikan beraneka ragam ikan kecil yang berwarna-warni dan berlalu lalang berenang di sela-sela terumbu karang ketika air lautnya sedang surut. Garis pantai yang dimiliki pantai ini sepanjang 2 kilometer terdiri dari pantai kecil bernama Anoman, Wisangggeni, dan Isomyo. Untuk memasuki kawasan wisata ini cukup dengan membayar Rp 5.000,00 dan kalian pun bisa bermain sepuasnya di pantai yang lokasinya berada di Dusun Sumber Jambe, Srigonco, Bantur, Malang ini.

 

Pantai Tiga Warna

Pantai berikutnya yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Malang adalah Pantai Tiga Warna yang berlokasidi Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Meskipun jarang diekspos, pantai ini memiliki keunikan dan keindahan yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya. Pantai ini berada di kawasan hutan konservasi sehingga jika ingin berkunjung ke sini harus melakukan pemesanan paling tidak seminggu sebelumnya. Air laut di pantai ini memiliki keunikan dengan gradasi warnanya dari biru ke hijau hingga putihnya pasir. Untuk menunju pantai ini kalian pun akan melewati Konservasi Mangrove Clungup yang merupakan hutan bakau yang terdapat di muara pertemuan antara laut dan sungai. Di sini punkalian bisa melakukan snorkeling dengan menyewa satu set peralatan snorkeling beserta jaket pelampungnya yang dibanderol dengan harga Rp 15.000,00. Untuk memasuki kawasan wisata ini kalian cukup membayar Rp 6.000,00 dengan jam operasional mulai dari jam 08.00 hingga 16.00.

www.pexels.com

Taman Bunga Selecta

Kalian akan dimanjakan dengan lautan bunga warna-warni ketika berkunjung ke Taman Selecta ini. Selain terdapat taman bunga yang indah dan sedap dipandang mata, terdapat pula wahana menarik lainnya seperti wahana air, pasar bunga, perahu ayun, bioskop 4D, flying fox, dan masih banyak lagi. Jenis bunga yang dominan berada di sini adalah bunga krisan, kana, ajisai, dan bunga-bunga lainnya yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia. Destinasi wisata yang cukup menarik ini ternyata sudah dibangun sejak tahun 1920 – 1928 meskipun awalnya tidak dibuka untuk umum dan hanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan untuk Bangsa Belanda yang berada di Kota Malang. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga dan anak-anak.

 

Gunung Semeru

Siapa yang tak mengenal Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian 3.676 mdpl tersebut. Gunung ini semakin dikenal dan meningkat popularitasnya ketika menjadi latar dari film 5cm yang menjadi racun para pendaki pemula untuk mencoba mendaki gunung ini. Bagi kalian para pendaki dan yang menyukai ketinggian, tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga ketika bisa mendaki gunung ini. Namun, untuk menuju puncak Gunung Semeru tentu tidak bisa sembarangan orang karena membutuhkan fisik dan perlengkapan yang cukup safety. Jika tidak tentu dapat membahayakan para pengunjung. Kalaupun tidak ingin bersusah payah mendaki puncak gunung ini, kalian pun bisa menikmati indahnya Danau Ranu Kumbolo serta padang bunga Verbana Barisliensis Vell yang menyerupai bunga lavender di Oro-Oro Ombo yang terdapat di gunung ini. Jika beruntung, kalian akan mendapati padang ini penuh dengan warna ungu atau kuning tergantung di musim apa kalian mendaki gunung ini. Tiket masuk wisata ke sini berkisar Rp 22.500 dengan pendakian dimulai dari Ranu Pane yang terdapat di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

 

Mencicipi Kuliner di Toko Oen

Toko Oen merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup populer di Malang dan telah berdiri sejak tahun 1930 sebelum Indonesia merdeka. Toko ini menghadirkan nuansa klasik yang terlihat pada perabot-perabot seperti meja dan kursi yang digunakan. Perabotan yang digunakan di toko ini kebanyakan terbuat dari bahan rotan dan dilengkapi dengan meja-meja yang bertaplak kotak-kotak. Dinding-dindingnya pun cukup menarik karena terpampang koleksi foto hitam putih Malang tempoe doeloe dan foto Presiden Soekarno. Selain itu, kalian akan menemukan tulisan “Welkom in Malang, Toko Oen Die Sinds 1930…” begitu memasuki toko ini. Jangan lupa untuk mencicipi menu andalan di sini yaitu Corn Ice-cream dan berbagai pilihan hidangan yang memiliki cita rasa Indonesia dan Belanda. Lokasi toko ini berada di Jalan Basuki Rahmat No.5, Klojen, Malang.

www.pexels.com

Mencoba paralayang di Gunung Banyak, Batu

Setelah menikmati pemandangan alam dan mencicipi kuliner yang ada di sekitar kota ini, taka da salahnya untuk mencoba salah satu aktivitas wisata yang cukup memacu adrenalin yaitu paralayang. Dibutuhkan keberanian yang tinggi untuk bisa mengobati rasa penasaran rasanya membumbung tinggi di angkasa seperti burung. Untuk bisa mencoba olahraga yang cukup ekstrim in kalian akan ditawarkan berbagai paket wisata setiap harinya mulai dari tandem bagi pemula hingga untuk mereka yang sudah jago. Perlengkapan yang digunakan pun harus berstandar internasional karena keselamatan pengguna paralayan tentu menjadi prioritas utama. Gunung Banyak yang terletak di Desa Pujon ini menjadi salah satu tempat yang cukup ideal menjadi lokasi paralayang karena anginnya cukup menunjung lantaran dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Melihat Malang dari sudut pandang yang berbeda akan kalian rasakan ketika mencoba paralayang ini. Harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp 300.000,00 dengan jam operasional dari jam 09.00 hingga 17.00.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *