Kesehatan

Jangan Remehkan Keadaan Sering Sakit Kepala

Masyarakat sekarang ini lebih rentan untuk mengalami berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah kesehatan yang ringan hingga masalah kesehatan yang serius. Aktivitas yang padat, tekanan yang semakin tinggi, waktu istirahat yang tidak cukup, sembarangan mengonsumsi makanan dan suka makan makanan cepat saji, lingkungan yang tidak sehat dan banyak zat kimia yang ada pada makanan membuat banyak penyakit bisa dengan mudah kita alami. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin pernah dirasakan oleh banyak orang adalah sakit kepala.

Sakit kepala memang salah satu gangguan kesehatan yang banyak dianggap remeh dan bahkan sering tidak dianggap serius. Hal ini karena banyak dari kita yang sering sakit kepala. Dimana saat kita merasa lelah kita akan merasakan sakit kepala, pada saat kita banyak pikiran dan stress kita juga akan merasakan sakit kepala dan bahkan di saat kita merasa baik kita juga bisa secara tiba-tiba merasakan sakit kepala. Meskipun memang jenis dan tingkat keparahan sakit kepala yang kita rasakan akan berbeda-beda namun tentu saja sakit kepala bisa mengganggu aktivitas yang harus kita lakukan. Apalagi jika sakit kepala yang kita alami termasuk golongan sakit kepala yang serius dan akan semakin parah jika kita melakukan aktivitas. Hal ini sesungguhnya bukan hal yang bisa kita anggap biasa saja karena bisa jadi sakit kepala yang terlalu sering kita alami merupakan tanda-tanda jika ada penyakit berbahaya yang sedang menyerang tubuh kita.

www.pexels.com

Penyebab Kita Sering Sakit Kepala

Kepala adalah bagian tubuh manusia yang paling penting. Di dalam kepala ada otak yang menjadi pengatur segala sistem dan kerja organ-organ yang ada di dalam tubuh kita. Jika terjadi masalah sekecil apapun pada bagian kepala kita maka seharusnya kita harus mulai waspada dan bisa langsung mengambil langkah yang tepat agar kita tidak terlambat mengambil langkah yang terlambat yang akhirnya hanya akan membawa penyesalan bagi kita. Sakit kepala memang bisa terjadi karena beberapa penyebab yang banyak kita anggap sepele hanya saja sakit kepala juga bisa terjadi karena beberapa penyebab lain yang lebih serius mengapa kita sering sakit kepala:

  1. Postur tubuh. Sakit kepala bisa terjadi karena postur tubuh kita yang salah saat melakukan beberapa aktivitas, seperti posisi duduk atau membungkuk dalam waktu yang lama dan akhirnya mengakibatkan di punggung bagian atas, leher dan juga di bahu yang pada akhirnya membuat kita merasakan sakit kepala.
  2. Makanan adalah salah satu hal yang dapat mengakibatkan kita mengalami sakit kepala. Seperti terlalu banyak makan daging kambing juga dapat mengakibatkan sakit kepala dan banyak jenis makanan tertentu yang juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Hal ini juga lebih banyak berhubungan dengan penyakit tertentu yang kita derita.
  3. Jadwal tidur yang tidak teratur. Jadwal tidur yang tidak teratur juga bisa mengakibatkan kita sering mengalami sakit kepala. Orang yang sering bergadang akan lebih sering mengalami sakit kepala mulai dari sakit kepala yang ringan hingga sakit kepala yang parah.
  4. Stres juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan kita mengalami sakit kepala. Saat kita memiliki sesuatu masalah atau hal berat yang membebani pikiran kita maka kita akan lebih mudah mengalami sakit kepala.
  5. Terlalu sering bermain gadget juga bisa menimbulkan sakit kepala, hal ini karena aktivitas menatap layar dalam waktu yang lama akan membuat kepala kita pening dan pusing.
  6. Peka terhadap bau tertentu. Bagi orang-orang yang memiliki penciuman yang tajam dan cenderung sensitive akan merasa pusing dan sakit kepala pada saat mencium bau atau aroma yang tajam dan menyengat.
  7. Mengikat rambut terlalu kuat. Kebiasaan wanita yang sering mengikat rambut juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Apalagi jika ikatan rambut tersebut terlalu kuat dan kita biarkan dalam waktu yang lama.
  8. Rambut basah yang langsung di bawa tidur. Kita juga akan merasakan sakit kepala pada saat tidur jika kita tidur dalam keadaan rambut yang basah. Hal ini karena rambut yang basah akan membuat pori-pori di kulit kepala lebih lebar dan mudah dimasuki angin yang akhirnya membuat kepala terasa pening dan berat.
  9. Menatap matahari yang terik. Pada saat siang hari kita mungkin bisa tidak sengaja menatap matahari yang terik dan hal itu pastinya akan membuat kepala kita terasa sakit dan pening serta pandangan mata yang berubah hitam.
  10. Memendam amarah. Pada saat kita marah dan tidak bisa melampiaskan perasaan marah tersebut maka akan terjadi ketegangan di bagian otot belakang leher dan kulit kepala yang pada akhirnya akan membuat kita merasakan sakit kepala.
  11. Mengunyah permen karet, permen karet memiliki kandungan aspartam atau pemanis buatan yang dapat menimbulkan sakit kepala pada saat kita konsumsi secara berlebih. Bahkan dalam beberapa kasus dapat memunculkan masalah yang serius.
  12. Berolahraga tanpa melakukan pemaasan, seringkali kita melakukan olahraga tanpa melakukan pemasanan, perilaku aktivitas olahraga bisa memacu adrenalin dan membuat kulit kepala dan otot menegang bila tidak melakukan pemanasan hal ini yang bisa memicu sakit kepala.
  13. Terkena cuaca buruk, cuaca yang tidak bersahabat dan berubah atau saat terjadi perubahan musim akan mengganggu senyawa kimia dan senyawa elektrik pada kepala yang akhirnya dapat memicu munculnya sakit kepala.
  14. Terlalu lama melakukan telpon, kita sering kali bertelepon dengan seseorang hingga berjam-jam hal ini akan memunculkan ketegangan di leher apalagi jika posisi kita bertelepon salah maka kita akan menderita sakit kepala.
  15. Mengalami obesitas, obesitas adalah penyakit yang terjadi karena kelebihan berat badan, orang yang mengalami obesitas dua kali lebih sering mengalami sakit kepala dibandingkan dengan orang biasa.
  16. Makanan dan minuman dingin, pada saat kita makan makanan atau minuman yang dingin dan kita mengalami sengatan yang menyakitkan maka itu tandanya kita menderita sensitif pada makanan dingin, keadaan sensitif pada dingin menyebabkan peradangan pada gusi dan bisa memicu sakit kepala.
  17. Membawa tas yang berat, hal yang paling sering kita lakukan adalah membawa tas dengan beban yang berat hal ini sesungguhnya bisa memicu ketengan pada leher yang pada akhirnya membuat kita dapat merasakan sakit kepala.

Tujuh belas hal yang disebutkan di atas adalah beberapa penyebab kita sering sakit kepala. Semua hal tersebut juga aktivitas yang sering tidak kita sadari kita lakukan setiap harinya. Untuk itu agar menghindari kita tidak terlalu sering mengalami sakit kepala maka ada baiknya untuk mulai menghindari melakukan ketujuh belas hal yang disebutkan di atas. Karena sakit kepala juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius bagi tubuh kita dan jika terlambat juga bisa membahayakan keselamatan kita.

www.pexels.com

Keadaan Sakit Kepala Yang Membuat Kita Wajib Ke Dokter

Setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kita sering mengalami sakit kepala maka hal berikutnya yang wajib kita masukkan dalam bahasan kali ini adalah kapan sebaiknya kita ke dokter jika kita sering sakit kepala. Selama ini memang banyak dari kita yang memilih untuk mengobati sakit kepala hanya dengan obat yang kita dapatkan di toko atau di apotik tapi dalam keadaan tertentu kita juga harus datang ke dokter jika mengalami sakit kepala. Keadaan-keadaan yang memaksa kita untuk datang ke dokter saat mengalami atau mengeluh sakit kepala adalah:

  1. Saat sakit kepala tidak berhenti dengan obat. Jika sakit kepala yang kita alami tidak juga sembuh meskipun kita telah meminum obat sakit kepala dan terus terjadi dalam waktu yang lama maka kita harus segera datang ke dokter dan mendapatkan penanganan yang lebih baik dari dokter.
  2. Sakit kepala yang tiba-tiba datang dan sangat menyakitkan. Kita harus segera ke dokter jika mengalami sakit kepala secara tiba-tiba dan sakit kepala tersebut sangat menyakitkan dan berbeda dengan sakit kepala biasa.
  3. Sakit kepala yang semakin parah saat kita bergerak. Jika sakit kepala yang kita alami adalah sakit kepala yang semakin parah saat kita bergerak maka lebih baik kita langsung segera ke dokter agar mendapatkan obat dan penanganan yang lebih baik.
  4. Sakit kepala yang terlalu sering terjadi. Jika kita mengalami sakit kepala dengan frekuensi yang sangat sering bahkan bisa setiap hari beberapa kali mengalami sakit kepala maka kita sebaiknya langsung datang dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.
  5. Sakit kepala yang disertai dengan mimisan. Jika kita mengalami sakit kepala yang diiringi dengan mimisan maka kita harus cepat datang dan berkonsultasi dengan dokter. Karena sakit kepala yang disertai dengan mimisan mungkin adalah tanda terjadinya gejala kesehatan yang serius pada tubuh kita dan ke dokter adalah pilihan yang paling tepat untuk kita ambil.

Semua hal tidak normal yang terjadi pada tubuh kita sebaiknya harus kita perhatikan dengan baik. Karena jika ada sesuatu yang tidak normal atau tidak sesuai terjadi pada tubuh kita maka itu adalah tanda jika ada masalah kesehatan yang terjadi dan jika biarkan saja maka akan muncul masalah yang lebih serius. Termasuk jika kita sering sakit kepala kita juga tidak bisa sembarangan membiarkan saja tanpa ada upaya untuk melakukan pengobatan. Karena bisa jadi sakit kepala yang sering kita alami adalah tanda jika kita mengalami masalah yang serius pada tubuh kita. Jika kita tidak ingin terlambat maka ada baiknya jika kita memilih untuk segera melakukan pertolongan pertama atau  jika sakit kepala yang kita alami sudah mencapai keadaan seperti lima keadaan di atas maka sebaiknya kita langsung datang ke dokter untuk melakukan konsultasi dan pengobatan yang lebih baik dari orang yang memang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan.

www.pexels.com

Penyakit Serius Yang Bisa Muncul Akibat Sakit Kepala

Seperti yang disinggung di paragraf di atas sering sakit kepala bisa jadi merupakan tanda dari munculnya masalah kesehatan yang lebih serius dalam  tubuh kita. Hal ini karena memang ada beberapa penyakit yang munculnya atau gejalanya ditandai dengan sakit kepala yang sering terjadi. Sakit kepala yang sering terjadi bisa jadi adalah gangguan penyakit berbahaya berikut ini:

  1. Masalah pada tulang belakang, sakit kepala yang sering kita rasakan bisa jadi menjadi gejala terjadinya masalah pada tulang belakang salah satunya terjadi perubahan tekanan dan volume cairan yang ada di tulang belakang yang biasanya terjadi pada saat kita pernah melakukan tindakan pengambilan cairan di tulang belakang.
  2. Meningitis atau infeksi para selaput otak adalah penyakit yang salah satu gejalanya seting mengalami sakit kepala. Penyakit radang selaput otak ini bukan penyakit yang bisa kita anggap sepele karena penyakit ini bisa merenggut nyawa penderitanya jika tidak diketahui dan diobati lebih dini.
  3. Terjadi cidera pada kepala, jika kita sering mengalami sakit kepala setelah mengalami insiden atau kecelakaan maka sakit kepala yang kita alami bisa menjadi bukti jika terjadi cidera yang serius di kepala kita dan jika tidak kita tangani dengan baik maka bisa saja kita mengalami masalah yang lebih serius dan membahayakan nyawa kita.
  4. Tumor dan kanker otak. Dua penyakit ini juga diawali dengan munculnya sakit kepala secara tiba-tiba dan sangat menyakitkan. Jika kita mengalami sakit kepala yang tiba-tiba terjadi, sangat menyakitkan dan disertai dengan mimisan maka bisa jadi kita sedang menderita tumor atau kanker otak yang pastinya bukan penyakit yang bisa kita anggap remeh.
  5. Penggumpalan darah. Sakit kepala yang sering kita alami bisa jadi merupakan gejala terjadinya terjadinya penggumpalan darah di otak yang bisa mengakibatkan stroke.

Karena sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda atau gejala terjadinya lima penyakit berbahaya di atas maka sebaiknya jika kita mengalami sakit kepala yang terlalu sering, terasa lebih menyakitkan, muncul tiba-tiba dan terasa berbeda dengan sakit kepala biasa maka sebaiknya kita harus datang ke dokter untuk melakukan check up kesehatan agar memastikan apakah sakit kepala yang kita alami adalah gejala dari adanya penyakit parah yang terjadi di tubuh kita atau tidak.

www.pexels.com

Sakit kepala memang tidak semuanya merupakan gejala dari penyakit berbahaya namun tetap saja mengalami sakit kepala akan membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan akan kesulitan untuk menjalani aktivitas kita setiap harinya untuk itu selain menggunakan obat atau datang ke dokter kita juga harus tahu cara mengatasi sakit kepala dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. Yang pertama kita bisa melakukan relaksasi, melakukan relaksasi atau mediasi akan membuat kita lebih rileks dan membuat stres yang kita alami akan hilang sehingga akan sangat membantu untuk menghilangkan sakit kepala yang kita alami. Melakukan pijatan secara rutin di kepala bisa membantu meredakan sakit kepala, cara lainnya kita bisa menghindari gadget untuk sementara waktu saat kita mengalami sakit kepala.

Masalah kesehatan memang bukan masalah yang bisa kita anggap sepele bahkan untuk sakit kepala yang selama ini dianggap sebagai sakit yang sudah biasa terjadi. Untuk memberikan kesadaran yang lebih baik tentang sakit kepala maka dalam artikel ini memuat segala informasi penting yang berkaitan dengan sakit kepala yang sering terjadi, mulai dari penyebab sakit kepala sering muncul, kapan waktu kita harus datang ke dokter saat mengalami sakit kepala, penyakit apa saja yang bisa terjadi karena sakit kepala yang terlalu sering terjadi dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala dengan cara yang lebih mudah dan  praktis.  Untuk informasi kesehatan yang lainnya kita bisa membuka situs ini bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *