food

Resep Olahan Berbahan Dasar Kurma

Kemanjuran kurma sebagai buah sejuta manfaat sudah tak perlu diragukan lagi. mengkonsumsi buah ini secara rutin memang bisa mendapatkan banyak manfaat. Banyak orang mengaku lebih jarang sakit semenjak rutin mengkonsumsi kurma atau produk kesehatan yang menggunakan kurma sebagai bahan utamanya.

Tak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, beberapa kurma bisa mencegah datangnya penyakit seperti serangan jantung, stroke, hingga sembelit. Ada juga kurma yang bisa meningkatkan kesuburan wanita. Jenis kurma tersebut banyak diburu oleh para perempuan yang tengah mengikuti program hamil. Ketika sudah berhasil, konsumsi kurma secara rutin juga tetap baik dilakukan. Kurma bisa membantu ibu hamil terhindari dari anemia, sembelit, hingga dapat membantu melancarkan proses persalinan.

Aneka Resep Olahan Kurma

Kurma memang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Namun Anda mungkin akan merasa bosan jika harus mengkonsumsinya setiap hari dengan rasa yang itu-itu saja. Jika ingin mengatasi kebosanan tersebut, Anda bisa mengolah kurma menjadi berbagai panganan lezat nan sehat. Berikut adalah beberapa resep berbahan dasar kurma yang bisa coba Anda buat di rumah:

www.pexels.com
  1. Jus Kurma

Olahan berbahan kurma yang paling mudah dibuat adalah jus kurma. Jus yang satu ini cocok diminum di siang hari. Selain menyegarkan, minuman ini tentunya sangat menyehatkan karena menggunakan kurma sebagai bahan dasar. Bahan-bahan pelengkap lain yang harus disiapkan juga tidaklah sulit, yaitu:

  • 10 butir buah kurma, ambil dagingnya saja
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

Kurma yang bisa digunakan untuk membuat minuman ini bisa kurma dari jenis apa saja. Semua jenis kurma bisa digunakan selama memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Salah satu yang paling enak digunakan adalah kurma nabi. Tempat jual kurma nabi sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulita mencari bahan untuk minuman yang satu ini. Kurma nabi cocok digunakan karena rasanya yang manis dan tekstur buahnya yang begitu lembut. Selain kurma nabi, kurma madu dan kurma palmfruit juga bisa digunakan.

Sementara alat yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini hanya blender. Sebelum mulai membuat, ambil 10 butir buah kurma. Kelupas daging buah dari bijinya. Masukkan daging buah kurma ke dalam blender yang sudah disiapkan. Selanjutnya masukkan 2 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan susu kental manis, air dan es batu secukupnya. Blender semua bahan hingga tak ada lagi gumpalan es batu yang tersisa.

Jika dirasa sudah cukup, tuangkan jus kurma ke dalam gelas saji. Agar bertambah lezat, Anda bisa menambahkan eksrim rasa favorit di bagian atasnya.

maxpixel.net
  1. Puding Roti Kurma

Puding roti adalah kudapan dengan cita rasa manis yang akan membuat siapa saja jatuh cinta. Kelezatannya akan bertambah jika dipadukan dengan rasa manis dan legit dari kurma. Kudapan yang satu ini sangat cocok disantap baik sebagai pengganti sarapan atau sebagai camilan sore ketika pulang kerja. Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat puding roti adalah:

  • 10 butir buah kurma
  • 6 lembar roti tawar
  • 3 sendok makan mentega
  • 2 butir telur ayam
  • 5 sendok makan madu
  • 1 bungskus susu cair rasa coklat
  • 1 sendok teh vanili

Kurma Nabi adalah jenis kurma yang paling cocok digunakan untuk membuat kudapan ini. Sebelum membuat, pisahkan dulu kurma nabi dari bijinya. Potong menjadi 2 atau 3 bagian agar bentuknya cantik dan mudah saat dikonsumsi.

Setelah menyiapkan buah kurma, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah memisahkan roti tawar dari pinggirannya. Setelah itu kocok telur, madu dan vanili hingga tercampur rata. Jika sudah, tambahkan susu cair coklat, aduk kembali hingga rata lalu sisihkan.

Ambil tempat lain, potong dadu roti tawar dan masukkan ke dalamnya. Lalu siram roti tawar menggunakan mentega yang sudah dilelehkan. Masukkan juga potongan kurma. Lalu siramkan kuah susu yang tadi sudah dibuat ke dalamnya. Pastikan roti tawar terendam sempurna oleh kuah susu tersebut. Jika sudah, kukus puding selama kurang lebih 20 menit. Dinginkan dahulu puding di dalam kulkas sebelum disajikan.

  1. Kurma Salut Coklat Isi

Jika ingin camilan yang tahan lama dan tidak mengenyangkan, Anda bisa coba membuat kurma salut coklat isi. Makanana ini akan menggabungkan cita rasa kurma dan coklat yang pasti membuat siapa saja ketagihan. Bentuknya akan mirip seperti kue kering sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang cukup lama. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat makanan ini ialah:

www.pexels.com
  • 20 buah kurma
  • 250 gram dark coklat
  • 1 sendok makan mentega cair
  • 20 buah kacang mede

Sebelum membuat, Anda perlu memisahkan buah kurma dari bijinya. Pilihlah buah kurma yang dagingnya tebal agar teksturnya tak hilang ketika nanti dibalut coklat. Setelah itu, cairkan dark coklat bersama mentega. Pastikan kedua bahan itu tercampur dengan baik selama proses pencairan.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah menggoreng kacang mede. Anda bisa memlih metode goreng dengan minyak atau disangrai. Seteah semua bahan di atas siap, Anda bisa mulai membuat kurma salut coklat isi.

Pertama, bungkus kacang mede dengan daging kurma. Bauh kacang mede seolah-olah sebagai biji kurma. Setelah itu celupkan daging bauh ke coklat yang telah dicairkan. Pastikan semua bagian daging buah terlapisi oleh coklat. Jika sudah susun rata di wadah yang permukannya datar.

www.pexels.com

Jika keduapuluh buah kurma sudah dicelup coklat semuanya, masukkan semuanya ke dalam pembeku. Diamkan selama beberapa jam hingga teksturnya mengeras. Barulah kurma saut coklat isi bisa dinikmati.

Jika disimpan di wadah tertutup, camilan ini bisa bertahan hingga 1 minggu atau bahkan lebih. Meskipun rasanya manis, namun camilan ini aman dikonsumsi karena kurma  sangatlah menyehatkan. Kurma salut coklat isi ini cocok pula dijadikan suguhan pengganti kue kering ketika hari raya tiba.

Pada dasarnya semua jenis kurma bisa dikembangkan menjadi beragam jenis kudapan yang lezat. Kesemua jenis kurma  sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya kurma memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Anda yang sering mengalami sembelit, misalnya, sangat dianjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi buah kurma. Kandungan serat yang sangat tinggi di dalam buah kurma menjadikannya manjur mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan banyak dokter kandungan menyarankan pasiennya untuk rutin mengkonsumsi buah ini setiap hari. Hal itu karena ibu hamil memang lebih rentan terseran masalah pencernaan selama masa kehamilannya.

Sebagai tambahan, Anda bisa pula mengkonsumsi multivitamin berbahan dasar kurma. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek-apotek terdekat. Atau Anda bisa juga mencoba membelinya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *