Islam

Peran Seorang Istri Dalam Keharmonisan Rumah Tangga

Apabila saat ini anda sedang membutuhkan informasi mengenai peran istri dalam rumah tangga maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Memang kita ketahui bersama kalau membangun dan membina sebuah rumah tangga tidak semudah yang kita bayangkan. Tidak hanya diawali dengan pesta pernikahan saja, namun membangun keluarga perlu ada kasih sayang dari kedua pasangan suami istri.

Ketika di dalam sebuah rumah tangga ada salah satu yang paling dominan maka hal ini akan menyebabkan perang dingin. Kalau hal ini terus menerus pasti akan terjadi ketidak nyamanan dan berujung perselingkuhan. Kalau sudah begitu maka hal terburuk bakalan terjadi yaitu berujung perceraian. Kalau sudah seperti ini maka anak adalah korbannya.

Perceraian merupakan keputusan yang halal namun keputusan ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Di awalnya sudah saling berjanji untuk hidup semati dan menjalani liku kehidupan susah senang bersama. Jangan sampai anda sebagai lelaki menganggap perempuan sebagai pelepas nafsu saja.

Peran Wanita dalam Agama Islam

Seiring perkembangan zaman, banyak sekali pengaruh-pengaruh barat yang mempengaruhi umat muslim. Banyak dari umat islam yang mulai tertipu dengan pemikiran orang barat. nah, bagaimana peran istri dalam rumah tangga? Maka simak penjelasan berikut ini mengenai apa saja seharusnya yang dilakukan seorang wanita dalam membangun keluarga dan negaranya.

www.pexels.com
  1. Peran seorang wanita dalam kehidupan rumah tangga

Berawal dari sebuah keluargalah pondasi penyebaran agama Islam dibentuk. Jadi dari keluarga maka akan mucul pemimpin-pemimpin yang mampu berjuang di ajalan Allah. Sehingga akan lahirlah anak-anak yang nantinya diajari untuk berjuang di jalan Allah. Jadi peran besar dibalik ini semua adalah kaum perempuan.

  • Peran wanita sebagai istri

Apabila suami merasa kesulitan maka ada seorang istri yang dapat membantunya. Ketika suami sedang gelisah maka ada istri yang mampu menenangkan. Apabila suami sedang jatuh maka istri yang akan menyemangati. Jadi tidak ada pengaruh yang paling besar bagi seorang suami selain istrinya yang tercinta. Jadi seorang istri menjadi pendamping terbaik bagi suaminya. Membantu mengarahkan serta menenangkan dan berisi ketaatan kepada Allah SWT.

 

  • Peran wanita sebagai ibu

Peran terbesar seorang wanita adalah sebagai seorang ibu. Jadi seorang ibu merupakan orang yang memiliki banyak waktu untuk anaknya. Jadi peran seorang ibu selalu diharapkan selalu ada buat anaknya. Seorang ibu dapat menjadikan anak itu menjadi baik dan bisa pula seorang ibu menjadikan anaknya berlaku jahat.

 

  1. Peran seorang wanita dalam kehidupan masyarakat

Selain berperan dalam kehidupan keluarga, seorang perempuan juga bisa berperan dalam hal lain yaitu di kehidupan bermasyarakat. Ketika seorang istri memiliki kemampuan dalam ilmu agama maka dia wajib menyampaikan ilmunya kepada para perempuan lainnya. Jadi setiap wanita memiliki hak untuk andil dalam berbagai urusan. Namun anda sebagai wanita memiliki batasan dan hal ini dilakukan setelah memenuhi kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga sudah terpenuhi semua.

www.pexels.com

Tanggung Jawab Seorang Istri Terhadap Suami

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tanggung jawab seorang istri terhadap suaminya. Bukan berarti kalau seorang istri hanya disibukkan oleh urusan dapur saja. Jadi intinya kehidupan rumah tangga itu harus saling melengkapi. Suami istri saling menjag aib mereka didepan umum.

  1. Sebagai seorang istri anda harus paham kalau istri itu harus mampu menjadi penyejuk bagi suaminya. Mempesona, penyedap, memberi semangat kepada suaminya dalam menjalankan kehidupan ini.
  2. Selalu mentaati semua perintah suaminya dalam hal kebenaran. Jadi seorang istri hanya boleh mentaati semua perintah suaminya. Dalam artian semua perintah itu mengandung kebenaran, tidak mengandung keburukan. Kalau perintah tersebut bertentangan dengan aturan agama, maka seorang istri wajib menolak walau hasilnya buruk. Hal buruknya terpaksa sampai harus bercerai.
  3. Istri sebagai wakil suami dalam keluarga. Ketika suami sedang tidak ada di rumah maka seorang istri juga harus mengelola, bertanggung jawab, menjaga semua kehormatan, dan semua urusan rumah tangga. Jadi seorang istri harus bisa menjadi wakil dari suami dalam hal memimpin rumah tangga.
  4. Mau melayani kebutuhan sek suami. Jadi sebagai istri anda tidak boleh menolak, apalagi menunda melayani kebutuhan seksual suami. Kecuali kalau anda sebagai istri sedang haid, puasa atau sedang menjalankan umrah dan haji. Kalau seorang istri menolak tanpa alasan yang jelas maka hal seorang istri akan berdosa keada suaminya.
  5. Sebagai istri anda harus mampu meringankan beban belanja seorang suami. Jadi anda tidak boleh memaksa suami anda demi memenuhi semua keinginan dan memberikan jatah uang belanja yang melebihi kemampuan suami.
  6. Sebagai istri anda wajib memelihara harga diri dan harta suami. Jadi anda sebagai istri harus taat kepada suami. Menjaga semua harta serta memelihara kehormatannya ketika suami tidak ada di rumah.

Demikianlah peran seorang wanita ketika menjadi seorang istri di rumah dan menjalankan perannya di lingkungan masyarakat. Apabila penjelasan ini dirasa kurang lengkap maka anda dapat simak penjelasan lebih dalam di situs washingtonunitedformarriage.org. Di situs tersebut sudah terdapat berbagai informasi yang anda butuhkan. Sehingga anda dapat menggali ilmu dan informasi sedalam-dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *