Umum

Oleh Oleh Khas Bandung Yang Wajib Diburu

Bandung merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Di tempat ini anda akan disuguhkan wisata alam dan modern yang sangat menakjubkan. Tempat wisata Bandung yang bisa anda kunjungi antara lain Farmhouse Lembang, kebun teh Sukawana, Pnisia Resto dan Glambing Lakeside Ciwidey, beragam curug atau air terjun, gunung Tangkuban Perahu, kawah putih Ciwidey, Danau Situ Patenggang, taman hutan raya Ir. H. Djuanda, Situs Cisanti Bandung, Maribaya Bandung, museum Geologi Bandung, dusun bamboo Lembang, floating market Lembang, Saung angklung Udjo, Trans Studio Bandung dan masih banyak lagi lainnya. Ketika anda berkunjung kekota ini, anda bisa membeli oleh oleh khas Bandung yang beraneka ragam. Ada banyak jenis makanan khas yang wajib anda coba. Selain itu ada beberapa cindramata yang harus anda beli sebagai kenang-kenangan dari kota Bandung.

Daftar Oleh Oleh Khas Bandung

Berikut ini merupakan daftar makanan khas Bandung yang bisa anda beli untuk keluarga di rumah :

  • Pisang bolen Kartika Sari

Bagi anda yang sedang datang ke kota Bandung bisa mampir ke toko Kartika Sari. Tempat ini menjual beragam makanan khas dari Bandung. Salah satu makanan khas yang bisa anda pilih adalah pisang bolen. Ada banyak varian rasa pisang bolen yang bisa anda pilih, mulai dari rasa cokelat, keju, dan durian.

pxhere.com
  • Batagor Kingsley

Bandung dikenal sebagai kota tempat asal batagor, batagor sendiri adalah bakso tahu goreng. Makanan ini terbuat dari tepung topioka, ikan tenggiri dan tahu. Salah satu batagor yang sangat populer di Bandung adalah batagor kingsley. Andabisa datang ke batagor Kingsley yang bertempat di Jalan Veteran No. 25, Kebon Pisang, Sumur Bandung.

  • Peyeum

Makanan khas lainnya yang bisa anda pilih adalah payeum. Merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari singkong yang diberi ragi. Piyeum ini mirip dengan tape hanya saja bentuknya memanjang dan besar dibanding tape yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini biasa dijadikan sebagai makanan untuk oleh oleh khas Bandung untuk orang di rumah. Sangat cocok dikonsumsi dengan es sirup yang menyegarkan.

  • Cireng

Makanan khas lainnya yang bisa anda dapatkan di Bandung adalah cireng atau aci goreng. Makanan ini campuran dari tepung kanji, merica, air, garam, kedelai, daun bawang dan bawang putih. Di Bandung anda bisa menemukan cireng dengan bermacam-macam isian, seperti sosis, ayam, keju, sapi dan lain sebagainya.

pxhere.com
  • Gepuk Ny. Ong

Merupakan makanan khas dari Bandung yang sayang sekali jika dilewatkan. Gepuk sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging sapi digeprek, dan di tusuk dengan lidi. Ada banyak varian rasa yang bisa dipilih, mulai dari super pedes, original, salty, less sugar, chicken origina, dan chicken spicy.

  • Seblak

Seblak sekarang mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia, padahal makanan ini merupakan makanan khas dari Bandung. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan diberi bumbu cabe, garam, bawang putih dan kencur. Juga ditambah dengan bahan lainnya sebagai pelengkap, seperti daging sapi, telur, sayuran, daging ayam dan lain sebagainya. Jika anda ingin membawa seblak Bandung ke rumah, maka sebaiknya pilih seblak yang sudah dikemas.

  • Bolu bakar tunggal

Makanan ini sedang sangat terkenal di kota Bandung. Anda bisa memilih dua varian rasa, yaitu bolu bakar manis dan bolu bakar asin. Harga bolu bakar Rp 20.000 hingga 35.000 perporsinya. Untuk bolu bakar manis ada pilihan varian seperti keju, cokelat, kopi, wijen, nanas, kacang, dan lainnya. Adapun bolu yang asin terdiri dari tuna, keju special tuna pedas, dan lainnya. Jika tertarik maka bisa kunjungi kawasan Sudirman, Bandung.

  • Basreng

Cemilan khas Bandung lainnya yang bisa anda beli adalah Basreng. Basreng atau baso goring sangat cocok dinikmati saat anda berkumpul dengan keluarga di rumah. Makanan ini sangat gurih dan renyah. Bagi pecinta pedas tidak perlu khawatir, basreng ada yang memiliki rasa pedas.

pxhere.com

Oleh Oleh Terbaik dari Bandung

Selain makanan khas, ada juga oleh oleh khas Bandung lainnya yang tidak kalah menarik. Jika anda menyukai shopping maka tidak lengkap jika ke Bandung tidak datang ke Factory Outlet Bandung. Anda bisa juga melakukan shopping sepuasnya di jalan Dago, Riau dan Cihampelas. Bandung juga menjadi kota yang dikenal dengan kualitas sepatu kulit yang bagus. Untuk mendapatkan sepatu yang bagus anda bisa datang ke Factory Outlet. Desain tidak kalah menarik dengan desain dari luar negeri. Selain sepatu kulit anda juga bisa menemukan barang keren lainnya seperti dompet dan ikat pinggang. Oleh oleh lainnya yang bisa anda dapatkan adalah beragam benda khas Bandung. Anda juga bisa mendapatkan bernagai barang seni lainnya di Bandung. Silahkan datang saja ke Saung Angklung Udjo. Anda bisa menikmati keindahan atraksi angklung di tempat ini. Di Saung Angklung Udjo anda bisa mendapatkan gantungan kunci, miniature angklung, beragam alat music, permainan tradisional dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda beli. Selain Bandung, ada banyak kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata populer, contohnya Surabaya. Jika anda mengunjungi kota tersebut maka jangan lupa membeli oleh oleh khas Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *